JALAN YANG LURUS

Teman-teman…

 Entah sudah berapa kali kita memohon kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala untuk ditunjuki ke JALAN YANG LURUS. Minimal dalam sehari kita mengucapkan permohonan ini 17 kali dalam sholat yang lima waktu. Kita selalu berucap…

IHDINASH SHIROOTHOL MUTSTAQIIM

Tunjukilah kami JALAN YANG LURUS

Namun, sudahkah kita mengetahui:

Apa yang dimaksud dengan JALAN YANG LURUS ?

Siapakah orang-orang yang berada di atas JALAN YANG LURUS agar kita bisa mengikuti jejak mereka?

Mari kita simak bersama-sama…

Teman-teman…

Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat Al-Fatihah ayat 6:

“Tunjukilah kami JALAN YANG LURUS”

Apa itu JALAN YANG LURUS ???

Dijelaskan dalam ayat setelahnya:

“(Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka…”

Siapakah orang yang telah diberi nikmat oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala?

Dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 69:

“Barangsiapa taat kepada Alloh dan Rosul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Alloh, yaitu para Nabi, para shiddiqqiin (orang-orang yang benar dan jujur dalam imannya), orang-orang yang mati syahid (syuhada), dan orang-orang shalih.” (QS. An-Nisa: 69)

Sudah jelas bagi kita bahwa Nabi Muhammad termasuk para Nabi sehingga beliau sudah pasti berada di atas jalan yang lurus, dan termasuk orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Lalu..

Siapakah orang yang berhak menyandang gelar

SHIDDIQQIIN

(Orang-orang yang benar dan jujur dalam imannya)

SYUHADA

(Orang-orang yang mati syahid)

SHOLIHIIN

(Orang-orang yang sholih)

?

 Jelas, mereka adalah PARA SAHABAT ROSUL.

Mereka adalah orang-orang yang beriman dengan keimanan yang jujur dan benar.

Mereka adalah orang-orang berjihad langsung bersama Rosululloh.

Mereka adalah orang-orang yang sholih.

Anas bin Malik Radhiallahu Anhu berkata bahwa Nabi Salallahu Alaihi Wasalam pernah naik ke bukit Uhud dan bersama beliau ada Abu Bakar Radhiallahu Anhu, ‘Umar Radhiallahu Anhu dan ‘Utsman Radhiallahu Anhu. Tiba-tiba bukit Uhud bergetar, maka beliau menghentakkan kakinya seraya berkata, “Tenanglah wahai Uhud, tidak ada yang di atasmu melainkan Nabi atau shiddiq atau dua orang syahid” (HR. al-Bukhāri)

 Oleh karena itu Alloh Subhanahu wa Ta’ala ridho kepada mereka dan menjanjikan surga untuk mereka  dan orang-orang yang mengikuti jejak mereka.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Alloh ridho kepada mereka dan merekapun ridho kepada Alloh, dan Alloh menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar”. (QS. At-Taubah:100)

PERHATIKANLAH!!!

Dalam ayat ini Alloh Subhanahu wa Ta’ala memberikan jaminan keridhoan dan surga kepada para Sahabat Rosul, baik kalangan Muhajirin maupun Anshor. Maka bisa dipastikan bahwa mereka adalah orang-orang yang berada di atas jalan yang lurus. Kalau tidak demikian, tidak akan mungkin Alloh Subhanahu wa Ta’ala menjamin keridhoan dan surga kepada mereka. Oleh karena itu, jika kita ingin mendapat jaminan keridhoan Alloh dan surga seperti mereka, kita harus mengikuti jejak mereka, sebagaiaman Alloh katakan dalam ayat di atas, “……dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik….”

Kemudian…

Rosululloh Shollallohu wa Sallam juga banyak memberikan pujian kepada para Sahabat beliau.

Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para Sahabat)…”

(HR. Al-Bukhori dan Muslim)

Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam juga bersabda:

“Barangsiapa mencaci-maki para Sahabatku, maka ia akan terkena laknat Alloh, Malaikat, dan manusia seluruhnya.”

(HR. Ath-Thabrani)

Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam juga bersabda:

“Janganlah kamu mencaci-maki Sahabatku, demi Dzat yang diriku berada di tangan-Nya, jika seandainya salah seorang dari kalian infak sebesar gunung Uhud berupa emas, maka belum mencapai nilai infak mereka meskipun mereka infak hanya satu mud (sepenuh dua telapak tangan) dan tidak juga separuhnya.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sabda Beliau Shollallahu ‘alaihi wa Sallam yang lain:

“Ikutilah oleh kalian dua orang sepeninggalku: Abu Bakar dan Umar.”

(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dan masih banyak lagi dalil-dalil, baik dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, yang menunjukkan tentang keutamaan para Sahabat Rosul. (Bagi yang ingin melihat dalil lengkapnya, silakan KLIK DI SINI!)

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa JALAN YANG LURUS adalah JALAN YANG DITEMPUH OLEH ROSULULLOH DAN PARA SAHABAT BELIAU.

Al-Hafizh Ibnu Katsir rohimahulloh (wafat th. 774) menyebutkan bahwa shirothol mustaqim itu memiliki 4 penafsiran: (1). Al-Haq (kebenaran), (2).  Agama Islam, (3). Al-Qur’an, dan (4). Abu Bakar dan Umar. Beliau Rohimahulloh mengatakan bahwa keempat tafsir tersebut benar dan saling menyelarasi satu sama lain. Sebab, orang yang mengikuti Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam dan mengikuti jejak dua khalifah setelah beliau, yaitu Abu Bakar dan Umar, maka ia telah mengikuti kebenaran, dan siapa yang mengikuti kebenaran berarti dia telah mengikuti Islam, dan siapa yang mengikuti Islam berarti ia telah mengikuti Al-Qur’an, Al-Qur’an adalah Kitabulloh dan tali Alloh yang kokoh, jalan-Nya yang lurus, dan semuanya adalah shahih (benar) dan saling membenarkan.” (Lihat Tafsir Ibni Katsiir (I/140) tahqiq Saami bin Muhammad As-Salamah, cet. III, Daar Thayyibah, th. 1426 H dengan sedikit perubahan)

Suatu hari Rosululloh Shollallahu ‘alaihi wa Sallam mengabarkan bahwa kelak ummat Islam akan berpecah belah menjadi berkelompok-kelompok dan bergolong-golongan. Beliau mengatakan bahwa semua kelompok terancam Neraka, kecuali satu kelompok”

SIAPAKAH KELOMPOK YANG SATU INI YANG SELAMAT DARI ANCAMAN NERAKA?

Beliau berkata:

“…(yaitu) yang aku dan para Sahabatku berada di atasnya.”

(HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

‘Abdullah bin ‘Umar rodhiyallohu ‘anhu mengatakan:

“Janganlah kalian mencaci maki para Sahabat Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Sungguh berdirinya mereka sesaat bersama Nabi Shollallahu ‘alaihi wa Sallam lebih baik daripada ibadah seorang dari kalian selama empat puluh tahun.”

(Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Abi ‘Ashim)

‘Abdullah bin Mas’ud rodhiyallohu ‘anhu berkata:

“Barangsiapa diantara kalian yang ingin meneladani, hendaklah meneladani para Sahabat Rosululloh Shollallahu ‘alaihi wa Sallam. Karena sesungguhnya mereka adalah ummat yang paling baik hatinya, paling dalam ilmunya, paling sedikit bebannya, dan paling lurus petunjukknya, serta paling baik keadaannya. Suatu kaum yang Alloh telah memilih mereka untuk menemani nabi-Nya, untuk mengakkan agama-Nya, maka kenalilah keutamaan mereka serta ikutilah jejak-jejak mereka, karena MEREKA BERADA DI ATAS JALAN YANG LURUS.”

(Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr)

Bagi yang ingin membaca dalil-dalil tentang wajibnya mengikuti jejak para Sahabat Rosul, silakan KLIK DI SINI!

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana caranya supaya bisa mengikuti jejak Rosululloh dan para Sahabatnya,silakan KLIK DI SINI!

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana aqidah Rosululloh dan para Sahabatnya, silakan KLIK DI SINI!

(Jawaban tebak-tebakan nomor 1: 28 hari)

(Jawaban tebak-tebakan cara 2: Ambil minyak dengan literan 3 liter, kemudian masukkan ke 5 liter. ambil lagi dengan literan 3 liter, masukkan 2 liter ke 5 liter. Berarti sisa 1 liter di literan 3 liter. Masukkan minyak di literan 5 liter ke drum, kemudian minyak yang 1 liter dimasukkan ke literan yang 5 liter. Ambil lagi minyak dari drum dengan literan 3 liter, trus masukkan ke literan 5 liter. Berarti pas 4 liter)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: