CARA MEMPELAJARI ILMU NAHWU (untuk PEMULA)

al-muyassarAda yang bilang belajar ilmu Nahwu itu sulit. Bahkan saya pernah dapat kabar, di suatu daerah ada yang gila gara-gara belajar ilmu Nahwu. Namun, ada yang justru malah mengatakan sebaliknya. “Nahwu itu cuman gitu-gitu ajah…” demikian ucap kawan saya yang waktu itu masih kuliah di LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab). Lalu, mana yang benar?

Yang benar, menurut saya adalah, belajar Nahwu itu sebenarnya mudah. Yang penting kita tahu caranya. Seperti orang yang ingin mengupas kelapa tua. Tentu dia akan merasa kesulitan jika tidak tahu caranya. Namun, jika dia tahu caranya, insya Allah akan mudah terasa. Apalagi diiringi dengan terus menerus latihan yang terarah.

>>>  Bersama Kitab Fahimna

Dalam kitab Fahimna sudah saya jabarkan urutan-urutan yang harus dipelajari saat belajar ilmu Nahwu. Saya urut dari yang termudah dan terpenting untuk dipelajari pertama kali bagi kalangan pemula.

Insya Allah, jika Anda mau mengikuti semua saran saya dalam buku ini (misalnya dengan belajar rutin satu jam perhari, dll.) , dalam waktu tidak sampai sebulan Anda sudah bisa mendapatkan gambaran arah pembelajaran ilmu Nahwu. Anda akan bisa membuat cerita pendek dan juga membuat kalimat sederhana untuk digunakan bercakap-cakap.

Kemudian, dalam waktu sekitar 6 bulanan (bahkan bisa jadi kurang dari itu), insya Allah Anda sudah bisa menguasai ilmu Nahwu tingkat dasar. Anda juga mungkin sudah bisa untuk membaca dan memahami literatur  berbahasa Arab untuk tingkatan pemula. Dan, Anda akan memiliki bekal yang cukup untuk melanjutkan belajar bahasa Arab ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Tentunya sekali lagi, jika Anda mau mengikuti saran saya dalam buku ini.

Jadi gampangnya, silakan Anda pelajari kitab Fahimna (Lihat infonya di: http://pustakalaka.wordpress.com) . Namun, jika Anda keberatan dan ingin memilih kitab panduan yang lain, maka berikut ini akan saya berikan arahan dalam belajar ilmu Nahwu. Semoga bermanfaat.

>>> Target Belajar Ilmu Nahwu

Untuk pelajar pemula, target terpenting untuk dicapai cukup dua saja. Yaitu:

  • Bisa membuat kalimat sempurna (Jumlah Mufidah)

Jika seseorang sudah bisa membuat kalimat sempurna, maka otomatis nantinya dia bisa memahami kalimat-kalimat sempurna dari literatur yang dia baca. Kemudian, jika dia memang bisa membuat kalimat sempurna dengan baik, maka otomatis dia akan faham kedudukan dari setiap kata dalam kalimat. Sebab, seseorang yang ingin bisa membuat kalimat tentu terlebih dahulu dia harus belajar tentang kedudukan setiap kata dalam kalimat agar dia bisa meletakkannya dengan tetap pada posisinya masing-masing.

  • Bisa memberi harokat akhir kata dengan tepat saat sudah dirangkai menjadi kalimat.

Sebab sebuah kata ada yang bisa berubah-ubah harokatnya sesuai dengan kedudukannya dalam kalimat. Dan untuk bisa memberi harokat yang tepat, seseorang harus belajar ilmu Nahwu terlebih dahulu.

Nah, dua hal inilah yang harus jadi target utama saat seseorang belajar ilmu Nahwu. Jika kedua hal ini sudah tercapai, maka bisa dikatakan bahwa orang itu sudah berhasil mempelajari ilmu Nahwu tingkat dasar.

>>> Fokus Belajar Ilmu Nahwu

Agar lebih jelas, bagi Anda yang tidak menggunakan kitab Fahimna dalam belajar, saya akan berikan arahan-arahan berikut. Saya akan sampaikan materi apa saja yang harus Anda fokuskan saat pertama kali belajar ilmu Nahwu agar hasil yang diperoleh bisa memuaskan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Fahami DEFINISI KATA dan pembagiannya (ISIM, FI’IL, & HURUF)
  2. Fahami pengertian MABNI & MU’ROB. MABNI adalah YANG TETAP harokat akhir katanya di manapun posisinya dalam kalimat. Sedangkan MU’ROB kebalikannya. Yaitu YANG BERUBAH harokat akhir katanya sesuai dengan kedudukannya dalam kalimat.
  3. Fahami bahwa HURUF semuanya MABNI sehingga harus dihafal bentuk dan harokatnya. Sebab akan tetap dibacanya di manapun posisinya dalam kalimat.
  4. Fahami bahwa ISIM ada yang MABNI dan ada yang MU’ROB. ISIM yang MU’ROB akan berubah harokat akhir katanya sesuai dengan kedudukannya dalam kalimat.
  5. Fahami bahwa FI’IL ada yang MABNI dan ada yang MU’ROB. FI’IL yang MU’ROB akan berubah harokat akhir katanya sesuai dengan keadaannya dalam kalimat.
  6. HAFALKAN kelompok ISIM yang MABNI dan yang MU’ROB.
  7. HAFALKAN kelompok FI’IL yang MABNI dan yang MU’ROB.
  8. HAFALKAN tanda I’rob pada isim yang mu’rob.
  9. HAFALKAN tanda I’ROB pada fi’il yang mu’rob.
  10. FAHAMI istilah MARFU’, MANHSUB, MAJRUR, dan MAJZUM. Ini adalah ISTILAH INTI dalam ilmu Nahwu. Seseorang belum dikatakan berhasil memahami ilmu Nahwu jika belum mengerti keempat istilah ini.
  11. HAFALKAN kedudukan isim dalam kalimat (Mubatada, Khobar, Fa’il,…..dll.)
  12. HAFALKAN tiga keadaan fi’il dalam kalimat (Terbebas dari amil nashob dan amil jazem, didahului oleh amil nahsob, dan didahului oleh amil jazem).
  13. HAFALKAN semua AMIL NASHOB dan AMIL JAZEM.
  14. HAFALKAN huruf-huruf yang bisa memberikan pengaruh terhadap terhadap harokat akhir kata di depannya (huruf ‘amilah) dan huruf yang tidak memberi pengaruh (huruf ‘athilah).

Demikianlah kurang lebih hal-hal yang harus diperhatikan dalam belajar ilmu Nahwu. Fokuskan pada materi di atas, insya Allah ilmu Nahwu akan dengan mudah dikuasai. Jika ada yang kurang faham, langsung tanyakan kepada yang mampu. (Atau silakan download EBOOK INSTISARI ILMU NAHWU & SHOROF di http://pustakalaka.wordpress.com).

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

—–oOo—–

—–oOo—–

=============

EBOOK GRATIS

=============

JURUS SAKTI MENGHAFAL AL-QUR’AN

c7c94-jurushafalquran

DAPATKAN EBOOKNYA DI SINI

—–oOo—–

About these ads

17 Responses to CARA MEMPELAJARI ILMU NAHWU (untuk PEMULA)

  1. syair berdarah says:

    waduuuuuuhh…dr dlu sy pngn skli bs ilmu nahwu saat ne cb beljr lwt google malah bingung minta ampun ,mhon solusinya :(

    • mujianto2011 says:

      Solusinya:
      1. Belajar di pesantren. Kalo nggak bisa….
      2. Kursus bahasa Arab. Kalo nggak bisa…
      3. Belajar sendiri. Gimana caranya?

      Cara belajar bahasa Arab sendiri di rumah (otodidak) sudah saya jelaskan panjang lebar di blog ini. Ringkasnya:

      1. Beli buku Nahwu-Shorof untuk pemula yang berbahasa Indonesia.
      2. Peljari di rumah dengan sungguh-sungguh.
      3. Kalo ada yang nggak ngerti, segera tanya kepada yang bisa.

      Demikian.

      Atau Anda bisa menggunakan SERIAL KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak) yang sudah saya tulis.

  2. rina says:

    bingung bljr nahwu…
    bagimana sih pengelompokan nahwu itu…,?

  3. juwana says:

    pesan buku fahimna paket khu
    sus 4buku

  4. anjar says:

    Saya mau çr buku fahimna di mana yaaaa

  5. Ahmed says:

    Mau tanya, untuk paket lengkap total harga berapa, dan plus ongkir kirim ke banjarmasin?

  6. Radja Djaya Baya says:

    apa hukumnya belajar nahwu ?

  7. supriman says:

    tambahan Untuk point 5. fi’il yang mu’rob hanya yang berjenis mudhori’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: