SIMPAN SAJA DI LEMARI

KUCING BACA BUKUTulisan ini saya tujukan terkhusus kepada kawan-kawan yang dahulunya pernah sempat belajar bahasa Arab. Namun, karena berbagai alasan, tidak sempat menyelesaikan pelajaran tingkat dasar. Dan kini, keinginan untuk belajar bahasa Arab kembali muncul.

 

Jika kawan-kawan telah memiliki banyak buku panduan belajar bahasa Arab, maka saya sarankan untuk mempelajari satu buku terlebih dahulu. Sisanya SIMPAN SAJA DULU DI LEMARI! Ya, sisanya simpan saja di lemari. Pilih satu buku yang kawan-kawan anggap mudah untuk dipelajari. Lupakan buku-buku yang lain. Fokuskan pada satu buku ini saja. Buku yang lain bisa dibuka kembali jika satu buku tingkat dasar sudah berhasil dipelajari dengan baik.

 

Kenapa saya sarankan seperti ini?

 

Sebab sering kejadian, seseorang yang baru belajar bahasa Arab, terlalu semangat untuk mempelajari semua buku dengan cepat. Sehingga dia jadi tidak fokus dalam belajarnya. Baru selesai satu buku, sudah buka-buka buku yang lain. Padahal pemahamannya belum mendalam. Akibatnya, pondasi yang dia punya rapuh. Dan akhirnya, karena pondasi yang dia punya masih rapuh, dia pun tak sanggup untuk menerima materi-materi bahasa Arab di tingkat lanjutan. Karena merasa keberatan, dia pun akhirnya memutuskan untuk berhenti belajar.

 

Jadi praktisnya begini. Jika Anda sekarang –misalnya- sudah mempunyai 6 SERIAL KITAB FAHIMNA, ambil KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Kemudian letakkan di atas meja belajar Anda. Sisanya, masukkan saja ke dalam lemari.

 

Pelajari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA baik-baik. Baca secara teliti. Fahami kaidah-kaidah yang ada di dalamnya. Hafalkan mufrodat-mufrodatnya. Kemudian, kerjakan soal-soal latihannya.

 

Setelah selesai, baca lagi dari awal. Kerjakan lagi semua soal tanpa melihat penjelasan yang ada di dalam buku. Baca ulang minimal 2 kali hingga benar-benar faham. Baru setelah itu beralih ke KITAB FAHIMNA TINGKAT DASAR.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

Bogor, Rabu Pagi 5 Dzul Qo’dah 1434 H/9 September 2013 M

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 93 other followers

%d bloggers like this: