AGAR KE SEKOLAH NGGAK SIA-SIA

Sobat…

Supaya kamu dapet ilmu yang banyak dan juga dapat nilai yang tinggi nantinya pas ulangan atau ujian, tentunya kamu kudu paham bin ngerti materi yang diajarkan oleh setiap guru. Untuk itu, setiap masuk kelas, kamu kudu tetapkan target ”Saya harus bisa memahami materi yang disampaikan guru!

Nah supaya kamu bisa mewujudkan targetmu ini, berikut ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantumu untuk bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari materi yang disampaikan gurumu di kelas.

Sebelum berangkat sekolah (kira-kira pada malam harinya)

  • Baca materi yang besok akan dibahas. Usahakan untuk bisa memahami. Jika ada yang belum paham, kasih tanda supaya besok bisa ditanyakan ke guru yang besangkutan. Ingat! Dengan membaca materi terlebih dahulu kita akan lebih nyambung dengan apa yang akan diterangkan guru. Kemudian juga dapat membantu kita untuk mengetahui apakah penjelasan guru sudah ada dalam buku atau belum. Dengan begitu, kita dapat terbantu dalam membuat catatan yang efektif.
  • Kerjakan PR jika ada. Lebih bagus lagi dikerjakan jauh-jauh hari agar kita punya banyak waktu untuk bertanya jika PR-nya susah dan nggak bisa dikerjakan sendiri. (Pesan: Kerjakan PR sesegera mungkin agar nggak menjadi beban di hari-hari berikutnya. Sebab, bisa jadi besoknya akan ada PR dari guru yang lain. Kalo PR menumpuk, ntar kamu kewalahan sendiri jadinya. Buntut-buntutnya kamu memilih jalan pintas, nyontek kerjaan teman. Akibatnya nanti jadi kebiasaan dan kamu jadi males untuk belajar. Kalo nggak tau, tanya!)
  • Istirahatlah yang cukup di malam hari agar esok harinya bisa berangkat sekolah dengan kondisi yang prima.

Ketika akan berangkat sekolah

  • Periksa buku, alat tulis, PR, dll. yang akan dibawa hari ini.
  • Jangan lupa sarapan agar bisa belajar dengan konsentrasi penuh
  • Berangkat lebih awal. Paling nggak ¼ jam sebelum pelajaran dimulai kamu sudah berada di kelas. Manfaatkan waktu untuk diskusi dengan teman-teman. Atau  untuk mencari info terbaru yang bermanfaat, seperti info beasiswa, info lomba, pelatihan dll.

Saat di kelas

  • Pilih tempat yang tepat agar bisa mendengarkan ucapan guru dengan jelas
  • Mendengarkan materi yang disampaikan guru dengan konsentrasi penuh
  • Berusaha dengan sekuat tenaga untuk memahami materi yang disampaikan guru
  • Mencatat hal-hal penting.Termasuk mencatat hal-hal yang akan ditanyakan pada saat guru selesai menjelaskan
  • Menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. Kalo ke guru nggak sempet, bisa ke teman, ke kakak kelas, atau ke siapa saja yang ngerti.

Oya, ada sebuah cerita menarik.  Suatu ketika seorang motivator terkenal mengadakan seminar bertajuk Sales Magic. Sebelum memulai seminar, si motivator ini meminta kepada peserta seminar untuk menuliskan nama satu orang yang akan mereka ajarkan ilmu yang akan mereka dapat pada seminar kali ini. Tujuannya apa? Agar belajarnya bisa lebih fokus, karena akan digunakan buat ngajarin orang lain. Dan juga ilmu yang didapat nantinya akan lebih melekat.

Nah, kamu juga bisa menggunakan cara ini. Coba kamu tuliskan satu nama (siapa saja, bisa adikmu, kakakmu, ayah-ibumu, pembantumu, dll. pokoknya terserah) untuk kamu ajarkan ilmu yang bakalan kamu dapat di kelas. Dengan begitu, kamu akan lebih konsentrasi mendengarkan ”ceramah” dari sang guru. Mau coba ?!

Sepulang sekolah

  • Rapikan catatan sekolah hari ini. Kalo ada yang kurang lengkap, segera cari ke teman
  • Baca kembali dan pahami, meski cuma sekilas dengan menggunakan teknik membaca cepat
  • Kerjakan PR segera, jangan tunda! Kenapa? Lho, kan udah dijelasin di atas!
  • Segera cari jawabannya jika ada yang belum dimengerti, jangan sampai dibiarkan berlarut-larut
  • Diskusikan dengan kawan seputar ilmu yang baru didapat
  • Amalkan ilmu yang baru didapat, teutama jika ilmu itu bersifat praktis. Misalnya baru dapet ilmu tentang cara mencangkok tanaman. Coba deh iseng-iseng kamu cangkok tanaman yang yang ada di kebunmu. Dengan praktik, ilmu yang kamu dapat akan lebih melekat.

Setelah membaca uraian di atas, mungkin ada di antara kamu yang berkomentar begini,”Wah, kalo semua waktu dipake buat belajar, kapan istirahatnya, kapan buat organisasi, kapan buat refreshing!”

Maka jawaban kami adalah: Silakan baca Bab Manajemen Waktu. Di situ ada jawabannya. Coba buka halaman….mm….halaman berapa ya? Cari sendiri deh halamannya! Ada kok di buku ini.

Oya, ada yang ngasih saran begini. Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kita sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kita tau. Jadi begitu pulang sekolah, tinggal mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: