AGAR UJIAN BERBUAH KELULUSAN

Sobat….

Siapa yang mau lulus ujian dengan nilai bagus?

“Sayaaaaaaa………!

Oke..oke tenang, jangan berebut (he..he…emangnya lagi bagiin sembako pake acara berebut segala). Sekarang kalian perhatikan baik-baik. Kami akan beritahu kalian langkah-langkah apa aja yang kudu kalian tempuh supaya bisa lulus ujian dengan nilai yang memuaskan. Gimana, sudah siap semua?

“Siaaaaaaap…….!

Siip lah kalo gitu. Nih dengerin nih….

 

LAKUKANLAH PERSIAPAN!

Pertama sekali yang kudu kalian lakukan adalah melakukan sebuah persiapan. Ujian itu sebenarnya mirip dengan sebuah perlombaan. Sebelum lomba, kita tentu kudu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari, supaya pas waktu lomba dimulai, kita dalam keadaan yang bener-bener siap tempur. Begitupun dengan ujian.

Kapan melakukan persiapannya?

Kalo bisa sih dari jauh-jauh hari. Bahkan lebih bagus lagi kalo persiapan ini dilakukan dari sejak pertama kali masuk sekolah.

Caranya gimana?

Begini. Misalnya kamu ingin melakukan perisapan untuk menghadapi ujian kenaikan kelas. Nah, dari semenjak masuk sekolah, coba kamu cari contoh-contoh ujian tahun lalu. Minimal kamu punya contoh soal ujian 3 tahun sebelumnya. Kalo udah dapet, coba kamu kerjakan soal-soal yang ada di dalamnya.

Lho, kan kita belum dapet pelajarannya?

Ya, jangan dikerjain langsung semua. Bertahap aja, sesuai dengan materi yang telah diajarkan guru. Misalnya, pada waktu pertama masuk, kamu dapet pelajaran Biologi tentang “Sistem Peredaran Darah Pada Manusia”.  Nah, coba kamu lihat pada  soal yang udah kamu punya. Kalo ada soal tentang materi ini, coba deh kamu jawab. Kalo kamu nggak bisa jawab, coba tanyakan ke guru yang bersangkutan.

Jadi begitu caranya melakukan persiapan. Setiap kamu dapet penjelasan dari guru, coba kamu kerjakan soal ujian terkait dengan materi yang udah kamu dapet. Pelan-pelan saja. Lama-lama kamu tentu akan bisa menyelesaikan seluruh soal yang ada di dalam contoh-contoh soal ujian yang kamu punya.

Trus, jangan lupa juga fren, belajarlah dengan menggunakan cara belajar yang efektif. Jangan asal-asalan.

            “Gimana emangnya cara belajar yang efektif?”

Lho, gimana sih. Barusan kan udah dijelasin. Wah, ketauan nih udah pada ngantuk!

            “Oh iya ya, lupa he..he…”.

 

MENJELANG UJIAN

Oke, sekarang ceritanya ujian udah deket. Kira-kira seminggu lagi kalian akan menjalani ujian kenaikan kelas. So, apa yang kudu kalian lakukan?

  • Pastikan kalo kalian udah ngerti dengan semua materi yang diajarkan oleh guru di kelas. Kalo masih ada yang belom paham, coba ditanyakan ke guru yang bersangkutan.
  • Kalian udah menjawab semua soal-soal ujian yang kalian punya dan mengerti betul-betul dengan jawaban yang kalian berikan.
  • Pelajari Materi Yang Masih Belum Dipahami. Jangan buang-buang waktu mempelajar materi yang sudah kalian kuasai. Ganti dengan memilih materi yang masih belum dimengerti dan pelajari terus sampai bisa.
  • Kalian kudu jaga kesehatan agar ketika ujian nanti kalian berada dalam kondisi fisik yang prima. Makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan olah raga secara teratur.
  • Senantiasa berdo’a kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan kemudahan dan keberhasilan dalam menjalankan ujian
  • Minta do’a dan motivasi dari orang tua
  • Minta nasihat dari semua guru yang mengajarmu di sekolah. Tanyakan pada mereka tentang apa aja yang kudu dipersiapkan dalam menghadapi ujian. Terkadang, guru akan memberikan kisi-kisi materi yang kemungkinan akan keluar dalam ujian.
  • Coba kalian bikin simulasi ujian. Kalian coba kerjakan soal ujian yang udah kalian punya dari awal sampai akhir. Kerjakan soal-soal itu tanpa melihat buku dan kunci jawaban. Apabila kalian sudah bisa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, hal ini tentu akan lebih membangkitkan percaya diri kalian dalam menghadapi ujian yang sebentar lagi akan kalian hadapi.
  • Bacalah buku-buku yang memberi kiat sukses menghadapi ujian. Kali aja kalian dapet sesuatu hal yang baru yang belum disampaikan di sini.
  • Istirahat yang cukup. Kalo perlu lakukan refreshing. Misalnya pergi ke puncak atau ke pantai untuk menyegarkan otak kembali.

 

SAAT UJIAN TIBA

Nah, sekarang saatnya kalian melakukan sebuah pertempuran. Maka yang kudu kalian lakukan adalah….

  • Sarapan yang cukup sebelum berangkat ke sekolah
  • Minta doa restu orang tua saat akan berangkat ke sekolah
  • Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal. Bawalah semua alat tulis yang kalian butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu kalian untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
  • Tenang dan percaya diri. Ingat!!! Ini sangat penting. Percayalah kalo kamu emang benar-benar sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.
  • Bersantailah tapi waspada. Pilihlah kursi atau tempat duduk yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kalian mendapatkan tempat yang cukup nyaman untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.
  • Berdo’alah sebelum memulai mengerjakan soal-soal ujian.
  • Periksa lembaran soal ujian yang kalian terima. Pastikan kalian menerima soal ujian yang lengkap. Periksa seluruh lembar soal dan perhatikan petunjuk pengerjaan pengisian.
  • Jawab soal-soal ujian secara strategis. Mulailah dengan menjawab pertanyaan mudah yang kalian ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kalian kerjakan adalah: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya, dan memiliki nilai terkecil.
  • Sisihkan 10% waktu kalian untuk memeriksa ulang jawaban kalian. Hindari keinginan untuk cepet-cepet meninggalkan kelas segera setelah kalian menjawab semua soal-soal ujian. Pastikan kalo kalian telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawaban kalian untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal).
  • Jangan nyontek!!! Kalian sudah tau kan kenapa?
  • Kalo ada soal yang kalian nggak bisa jawab, jangan panik! Berpikirlah positif. Bisa jadi temen-temen kalian yang lain juga nggak bisa jawab. Jadi kalian nggak merasa sendiri. Atau itu mungkin salah soal. Kalo soal itu pilihan ganda, kalian tembak saja. Kalo essai, coba kalian tulis apa saja yang kalian ketahui, meski cuma satu kata.
  • Sebelum mengumpulkan lembar jawaban, pastikan kalian sudah menulis nama di lembar jawabanmu.
  • Setelah keluar dari ruang ujian, lupakan saja ujian yang barusan kalian lakukan. Nggak usah dibahas. Bersiaplah untuk ujian esok hari.
  • Evaluasi diri. Kalian coba ingat-ingat kembali, kira-kira apa kekurangan kalian saat hari pertama ujian. Misalnya; terlalu tergesa-gesa, grogi, lupa bawa pulpen cadangan, …… Selanjutnya, coba kalian perbaiki agar nggak terulang pada keesokan harinya.

 

SAAT UJIAN TELAH BERLALU

Hmmm……ujian telah berlalu. Apa yang harus kita lakukan kemudian.

  • Kalian serahkan segala hasilnya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Bertawakallah hanya kepada-Nya. Yang penting selama ini kalian sudah berusaha semaksimal mungkin. Adapun hasilnya hanya Alloh yang menentukan.
  • Teruslah berdo’a kepada Alloh agar diberi hasil yang terbaik dalam ujian
  • Tanamkan keyakinan dalam diri kalian bahwa apapun hasil yang kalian terima, itu adalah yang terbaik buat kalian.
  • Berkomunikasilah secara intensif dengan orang tua. Jelaskan kepada mereka bahwa selama ini kalian telah berusaha semaksimal mungkin. Orang tua yang bijak tentu akan mengerti dan mau menerima dengan lapang dada segala kemungkinan yang terjadi.
  • Mempersiapkan kemungkinan terburuk. Kalo nanti ditakdirkan nilai kalian kurang memuaskan, maka kalian harus terima dengan lapang dada. Lakukanlah evaluasi. Mungkin ada hal-hal yang kurang kalian perhatikan dalam kegiatan belajar kalian selama ini.

 

Nah, mungkin itu dulu yang bisa kami sampaikan seputar kiat meraih kesuksesan dalam ujian. Tips di atas bisa kalian terapkan dalam ujian apapun yang kalian dapet di sekolah. Misalnya buat ujian harian, ujian semesteran, bahkan ujian nasional sekalipun. Semoga, apa yang udah kami sampaikan ini sedikit banyak bisa membantu kalian semua dalam meraih nilai yang bagus pada setiap ujian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: