BIKIN BELAJAR JADI SEMANGAT

Setiap siswa tentu beda-beda dalam menilai setiap pelajaran yang didapet di sekolah. Misalnya ada yang seneng banget pelajaran matematika, sehingga dia merasa betah ketika pelajaran matematika. Namun ada juga yang kebalikannya. Dia merasa nggak suka dengan matematika. Akibatnya, setiap pelajaran matematika, dia ngerasa nggak betah lama-lama di kelas. Pinginnya cepet-cepet selesai.

Nah, hal ini tentu saja nggak bisa dibiarkan. Soalnya kenapa? Sebab, hal ini bisa menghambat jalan kita menuju kesuksesan di sekolah. Biasanya, kalo siswa udah nggak suka dengan satu pelajaran, umumnya dia bakalan dapet nilai jelek. Kalo cuma satu pelajaran mungkin nggak terlalu parah-parah amat. Tapi gimana kalo banyak pelajaran yang dia nggak suka?

Lalu, gimana cara ngatasin hal ini? Gimana supaya kita merasa senang dengan semua pelajaran yang kita dapet di sekolah? Gimana supaya kita merasa asyik ketika belajar di sekolah?

Oke sobat. Kamu pernah denger nggak perpatah yang mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”?. Kalo kita ingin menyayangi atau menyukai sesuatu maka kita kudu kenal dulu dengan sesuatu itu. Nah, kalo kita –misalnya- pingin suka dengan pelajaran matematika, kita kudu tau dulu:  Matematika itu apa sih? Apa yang akan kita dapet dengan belajar matematika? Apakah cuma sekedar ngitung-ngitung biasa? Atau…..?

Jadi intinya, kita coba kenali setiap pelajaran yang kita dapet di sekolah. Kita cari tau manfaat dari mempelajarinya. Kalo kita udah tau, tentu kita akan semangat untuk mempelajarinya.

Coba kamu minta tolong gurumu untuk menjelaskan manfaat dari belajar matematika. Atau bisa juga kamu cari tau ke orang-orang yang lebih berpengalaman darimu, misalnya kamu tanya kepada para mahasiswa yang ada di kampus-kampus.

Atau, cara lain lagi, coba kamu cari tau keuntungan materi dari pelajaran yang kamu dapet. Misalnya, kamu coba cari tau, kira-kira bisa nggak pelajaran ini digunakan untuk mencari uang.

Misalnya pelajaran bahasa Indonesia. Mungkin ada di antara kamu yang ngerasa kalo pelajaran bahasa Indonesia cuma gitu-gitu aja. Nggak ada yang istimewa. Cuma teori.

Nah, sekarang coba kalo begini. Kamu dikasih tau oleh gurumu bahwa kalo kamu pintar bahasa Indonesia, kamu nanti bisa menulis sebuah buku. Kalo bukumu diterbitkan, kamu bakalan dapet duit banyak dari hasil penjualan buku. Atau misalnya, kalo kamu jago bikin puisi, kamu bisa menulis puisi dan mengirimkannya ke koran-koran. Kalo puisimu dimuat, maka kamu akan mendapatkan uang yang cukup lumayan.

Nah, setelah tau keuntungan materi yang mungkin kamu peroleh dengan belajar bahasa Indonesia, kamu tentu akan lebih semangat dalam mempelajarinya, kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: