MENGHILANGKAN KEMALASAN

Kawan…

Terkadang ada seorang pelajar yang memiliki kemauan dan semangat untuk membaca buku-buku pelajaran. Ia mengambil buku tersebut dan membacanya atau menghafalnya. Tetapi, baru berjalan beberapa saat ia mulai mengantuk dan matanya ingin tidur. Bahkan sering, baru saja mulai membaca atau menghafal, tiba-tiba muncul rasa jemu dan malas.

Pada hakikatnya, hal ini termasuk masalah serius. Tetapi kamu nggak usah takut, fren. Sebab, semua ini bisa dihilangkan dengan beberapa cara dan solusi berikut ini. Di antaranya:

  1. Membasuh muka dengan air dingin atau mandi ketika merasakan kantuk atau malas. Sehingga bisa memberikan kehangatan dan semangat baru.
  2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Apabila membaca dengan berbaring, maka cobalah dengan duduk. Apabila sedang duduk, maka bacalah dengan berdiri atau jalan-jalan di sekitar kamar.
  3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain di rumah, jika memungkinkan, sehingga bisa memberikan sedikit semangat.
  4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran.
  5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah atau di pekarangannya
  6. Berbincang-bincang sebentar dengan ayah dan ibu atau dengan anggota keluarga lainnya.
  7. Berdiri membuat secangkir teh, kopi, susu atau juice, untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.
  8. Ketika merasakan kemalasan dan kebosanan, maka istirahatlah sejenak. Tapi hati-hati! Jangan sampai istirahat sejenak ini menjadi tidur nyenyak yang berkepanjangan.
  9. Mengubah kegiatan belajar. Misalnya, kalau merasa bosan membaca dalam waktu dua jam, maka gantilah dengan menghitung atau menulis, kemudian kembali membaca lagi. Niscaya kemalasan akan hilang.
  10. Melakukan gerak badan yang nggak butuh waktu panjang. Seperti mengembalikan buku-buku ke tempat semula, merapikan kaset di laci-laci, atau merapikan kamar. Semuanya itu akan mengembalikan semangat dan membuang kebosanan.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengusir kemalasan. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: