MENINGKATKAN DAYA INGAT

Kawan…

Yang namanya menghafal tentu sangat erat kaitannya dengan otak. Sebab, kita menghafal menggunakan otak, bukannya otot. Lalu, gimana supaya otak kita senantiasa kuat dipake buat menghafal?

Sama halnya dengan otot, agar tetap sehat dan kuat, otak kita pun harus terus menerus digerakkan. Kalo nggak, lama kelamaan otak kita akan lemah. Kelemahan otak ini ditandai dengan kemunduran daya ingat.  Dengan mengikuti beberapa tips sederhana ini mudah-mudahan daya ingat otak kamu bisa meningkat.

  • Selalu belajar. Aktifkan otakmu. Bangkitkan minat memakai pikiran dengan cara –misalnya- membiasakan membaca buku-buku yang bermanfaat.
  • Senantiasa menambah hafalan baru setiap harinya, misalnya membuat target menghafal 3 kosa kata dalam bahasa inggris setiap hari.
  • Biasa berolah raga. Kegiatan fisik membuat jantung memompa dan otot bergerak. Bahkan hanya dengan jalan kaki sehari-hari akan meningkatkan supply darah dan nutrisi ke otak.
  • Tidur yang cukup. Keletihan akan menggangu informasi yang telah kita simpan, begitu juga kemampuanmu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Tetapi tidur yang cukup di malam hari akan membantu daya ingat kita berfungsi.
  • Mengkonsumi makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein, disamping juga buah dan sayuran, akan memberikan suntikan “tenaga” bagi otak.
  • Minumlah vitamin, khususnya vitamin E dan suplemen yang mengandung unsur seng. Berbagai penelitian menunjukkan kalau kedua unsur tersebut bisa membantu memperlambat proses penuaan dini serta meningkatkan kemampuan ingatan.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol!!! Sebab, disamping dapat membunuh sel-sel otak secara perlahan-lahan, menenggak alkohol DILARANG oleh agama.
  • Hindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Pasalnya, lemak-lemak tersebut bisa menyumbat saluran arteri yang tengah menyuplai darah ke otak.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang nggak perlu. Menurunkan berat badan, tekanan darah, serta kadar kolesterol dalam tubuh terkadang lebih ampuh dengan diet dan olah raga ketimbang obat-obatan. Selain itu, usahakan untuk mempelajari dan mengetahui efek samping dari obat-obatan yang kamu minum. Obat tidur misalnya, konon bisa mengakibatkan hilangnya memori.
  • Rencanakan selalu aktivitas berinteraksi dengan orang lain. Karena yang namanya bersosialisasi itu konon bisa mengusir rasa malas pada otak
  • Setidaknya sebulan sekali mengadakan rekreasi ke tempat-tempat yang sejuk dan indah untuk menyegarkan otak. Misalnya ke gunung atau ke pantai.
  • Hindari bergaul dengan mereka yang selalu berfikiran negatif (kawan yang buruk). Sebaliknya, kembangkan selalu pemikiran positif. Karena berfikir positif itu bisa menstimulir proses kerja otak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: