BEKAL MERAIH SUKSES (bag-2)

BEKAL PERTAMA

MILIKI KEYAKINAN “SAYA BISA!”

             Sobat….

Ketahuilah bahwa keyakinan atau kepercayaan merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk meraih sukses. Tanpa keyakinan, kesuksesan akan sulit untuk diraih.

So, kalo kamu emang kepingin banget sukses di sekolah, pertama kali kamu harus miliki keyakinan dalam dirimu. Hadirkan keyakinan bahwa:

SAYA BISA SUKSES DI SEKOLAH!!!

SAYA BISA DAPET NILAI 100 !!!

SAYA BISA DAPET RANKING 1 !!!

SAYA BISA LULUS UJIAN DENGAN NILAI BAGUS !!!

KALO ORANG LAIN SAJA BISA, SAYA JUGA HARUS BISA !!!

 

KENAPA KITA BUTUH KEYAKINAN ?

Oo..begini fren. Kita butuh keyakinan karena seseorang yang ”YAKIN” bahwa dia bisa melakukan sesuatu yang dia inginkan, maka keyakinannya itu akan mendorongnya untuk berusaha sekuat tenaga mencari berbagai macam cara untuk meraih sesuatu itu. Berbeda dengan orang yang tanpa keyakinan. Dia akan cenderung pasif, enggan untuk berusaha.

Kalo seseorang mempunyai keyakinan yang kuat bahwa dia pasti berhasil, maka dia akan termotivasi untuk melakukan TINDAKAN; sedangkan orang yang nggak yakin berhasil seringkali sudah menyerah sebelum bertindak atau bahkan nggak bertindak sama sekali.

Contoh gampangnya begini, fren. Misalnya ada dua orang supir angkot. Yang satu ngerasa yakin bahwa dia bisa naik haji 5 tahun lagi, sedangkan supir angkot yang satunya lagi merasa nggak yakin kalo dia bisa naik haji. Nah, tentu saja dua supir angkot ini akan melakukan tindakan yang berbeda dalam kesehariannya, walaupun sama-sama kerjaannya nyupir angkot. Supir angkot yang yakin, tentu akan mencari cara supaya keinginannya itu tercapai. Bisa saja kemudian dia lebih bersemangat nyari penumpang, atau dia akan menabung sejumlah uang setiap hari, atau nyari usaha sambilan, dan lain sebagainya agar keinginanya itu bisa kesampaian. Adapun supir angkot yang nggak yakin, tentunya akan bertindak biasa-biasa saja. Setiap hari kegiatannya paling ya gitu-gitu aja, nggak ada yang istimewa.Ya nggak seh!

Contoh lain lagi misalnya begini. Ada dua siswa, yang satunya yakin kalo dia bisa ngedapetin ranking satu di kelas, sedangkan yang satunya nggak yakin. Nah, kamu tentu udah bisa ngebayangin, apa kira-kira yang dilakukan oleh dua siswa ini dalam kehidupan kesehariannya. Yang yakin tentu akan berusaha mencari cara agar targetnya itu kesampean. Misalnya dengan banyak nanya ke teman, nanya ke kakak kelas, nanya ke guru, latihan soal, belajar rajin, dst…dst… Lalu, bagaimana dengan siswa yang nggak yakin? Ya paling biasa-biasa saja. Belajarnya biasa saja seperti siswa pada umumnya. Nggak ada yang istimewa. Standar-standar aja. Bener gak mas?!

Jadi intinya, keyakinan akan mendorong kita  untuk bertindak. Dengan bertindak, kita akan memiliki kesempatan untuk berhasil. Tanpa tidakan, kita tidak akan mendapatkan apa-apa.

Sobat….

Kalian tentu masih inget kan dengan kisah Andrew Hoo?

Wah, Andrew Hoo yang mana tuh?Tukang bakso di kantin ya?”

Yee, gimana sih, barusan juga diceritain!

Oo, yang tadinya bodoh trus jadi jenius ya?

Nah, iya itu. Masih inget kan? Kalo kita baca kisah Andrew Hoo itu, maka semakin jelaslah oleh kita bahwa ”KEYAKINAN” merupakan perkara penting yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin meraih kesuksesan. Coba kamu bayangkan. Bagaimana seorang yang tadinya dianggap bodoh, agak terbelakang, dan nggak punya harapan, serta menduduki ranking terendah di kelasnya bisa berubah, menjadi juara kelas dan dianggap jenius?

Dari kisah Andrew Hoo, kita juga bisa melihat bahwa keyakinan yang kuat dapat menggerakkan fikiran untuk mencari jalan keluar dan sarana serta cara melakukannya. Keyakinan ”SAYA BISA!” membangkitkan kekuatan, keterampilan, dan energi  yang diperlukan untuk berhasil. Jika kita percaya ”SAYA DAPAT MERAIHNYA” dan benar-benar PERCAYA, maka ”bagaimana meraihnya” pun akan berkembang secara otomatis.

Jadi sekali lagi, kalo kamu pingin sukses, milikilah keyakinan yang positif. Milikilah keyakinan bahwa,”KALAU ORANG LAIN BISA, SAYA JUGA BISA!”

PENGARUH KEYAKINAN YANG MENAKJUBKAN

Ngomong-ngomong soal ”keyakinan”, ada sebuah cerita nih tentang seorang atlit dengan separuh kaki. Namanya Tom Dempsey. Dia secara menakjubkan sekali bisa menendang bola dari jarak 65 yard masuk gawang bagaikan tenaga listrik sehingga menggegerkan dunia olah raga pada zamannya (kira-kira tahun 1900-an).

Dr. Norman V. Peale membawakan cerita ini dalam bukunya yang berjudul ”You Can if You Think You Can”. Dalam bukunya ini dia bercerita begini…

“Tom dilahirkan dalam keadaan tubuh yang cacat. Hanya mempunyai kaki kanan separoh dan tangan kanan yang bentuknya tidak sempurna. Akan tetapi ia mempunyai orang tua yang BERJIWA BESAR, karena mereka tidak pernah menyebabkan Tom merasa tidak enak perasaannya dengan cacat tubuhnya itu sebagai satu rintangan. Oleh karena itu, maka Tom disuruh melakukan apa saja yang dikerjakan oleh setiap orang yang normal tubuhnya. Kalau para anggota pramuka bisa berjalan kaki menempuh jarak sepuluh mil, maka Tom pun mampu ikut serta. Mengapa tidak? Apa salahnya? Sebab ia pun mampu melakukan hal itu seperti halnya orang lain.

Lalu ia berhasrat untuk bisa bermain bola. Bahkan ia ingin menonjol dalam bidang khas tertentu. Ia menyadari bahwa ia bisa juga menendang bola seperti setiap orang yang mampu melakukannya dalam pertandingan melawan dia. Hanya, untuk menyesuaikan diri dengan keadaan permainan, maka ia memesan bentuk sepatu khusus bagi kakinya yang cacat itu. Ia tidak pernah menganggap remeh kaki kanannya itu yang hanya separuh saja dan tangan kanannya yang cacat itu. Bahkan ia mengikat kontrak dengan satu tim terkemuka, The Changers.

Pelatihnya dengan nada lemah lembut memberi arahan dan masukan kepadanya, bahwa dirinya tidaklah cocok untuk bermain sepak bola profesional, dan karena itu ia menganjurkan agar Tom beralih saja ke bidang lain. Akhirnya ia bergabung dengan tim New Orleans Saints dan minta diperkenankan untuk beroleh kesempatan. Mula-mula coach merasa sangsi, akan tetapi ia sangat terkesan oleh hasrat anak muda ini sehingga bersedia menerima dia sebagai percobaan saja dulu.

Dua minggu kemudian sang pelatih lebih lagi terkesan oleh karena Tom berhasil menembak bola dari jarak 55 yard dalam suatu pertandingan persahabatan. Mulai dari saat itu ia ditunjuk sebagai juru tembak gawang bagi tim mereka. Dalam tahun itu juga ia berhasil mencetak 99 gol untuk kemenangan timnya.

Maka tibalah saat yang mulia itu. Stadion dipenuhi oleh 66.000 penggemar sepak bola. Hanya tinggal beberapa detik lagi permainan akan usai. Bola berada pada jarak 45 yard dari gawang. ”Ayo, Dempsey, tembak saja!” teriak coach memberi semangat.

Tatkala Tom berlari menyerbu bola kawan-kawannya telah mendesak bola itu sampai 63 yard dari gawang, yang harus dia tendang. Satu tendangan yang paling jauh, melebihi rekor Ber Rechichar dari Baltimore Colts yang pernah berhasil menembak dari jarak 55 yard. Dari jarak 65 yard Dempsey menendang lurus bola itu sementara 66.000 penonton menahan nafas menyaksikannya. Lalu tukang kebut di ujung lapangan mengangkat tangannya pertanda bola itu telah melewati garis batas. Bola itu sempat mengikis tiang gawang, tetapi masuk! Tim mereka menang. Berkat tendangan seorang pemain yang berkaki separoh saja dengan tangan yang cacat.

”Mustahil” nyeletuk sejumlah orang. Tetapi Dempsey hanya tersenyum. Ia teringat akan orang tuanya. Mereka senantiasa menyatakan kepadanya apa yang bisa ia lakukan, dan bukannya apa yang ia tidak bisa kerjakan. Untuk menyakinkan para penggemarnya yang merasa cemas, sejak awal ia menyatakan, ”Orang tua saya tidak pernah mengatakan kepada saya bahwa saya tidak sanggup.””

 ***

 DEMIKIANLAH. Sebuah keyakinan ternyata memang punya pengaruh luar biasa pada diri seseorang. Keyakinan dapat mendorong seseorang untuk meraih puncak kesuksesan. Oleh karena itu janganlah kita sekali-kali berkata kepada diri kita bahwa kita nggak bisa ini dan nggak bisa itu. Atau membuat pernyataan yang negatif bahwa hal itu nggak mungkin. Tetapi tanamkanlah pada diri kita bahwa kita sanggup. Mulailah kita berfikir bahwa kita sanggup, lalu cobalah berkali-kali. Maka kita akan menyadari bahwa betul-betul kita memang sanggup.

PESAN SIMPATIK

            Mulai sekarang, tumbuhkan keyakinan dalam dirimu. Kalo perlu, tulis besar-besar keyakinanmu di atas kertas dan tempelkan di dinding kamarmu (Atau kalau mau, kamu juga bisa bikin spanduk, trus dipasang di depan pagar rumahmu he..he..) . Misalnya begini:

SAYA BISA MENDAPATKAN NILAI  100

SAYA BISA MENDAPATKAN RANKING 1

SAYA BISA LULUS UJIAN NASIONAL

SAYA BISA SUKSES DI SEKOLAH

KALAU ORANG LAIN SAJA BISA,

SAYA JUGA BISA !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: