BEKAL MERAIH SUKSES (bag-3)

BEKAL KEDUA

MILIKILAH INFORMASI SEBANYAK-BANYAKNYA

 

            Sobat….

Kamu tentu pernah denger kan dengan pepatah yang mengatakan “Malu bertanya sesat di jalan”?.

Jadi, kalo kita nggak mau tersesat di jalan, kita kudu banyak nanya. Kita cari informasi sebanyak dan selengkap mungkin. Dengan begitu kita bakalan sampe ke tempat tujuan kita dengan selamat tanpa pake acara kesasar dulu.

Nah, sobat, kalo kamu pingin sukses di sekolah, kamu juga kudu banyak nanya. Kamu kudu cari banyak informasi. Kalo kamu nggak tau jangan diem aja. Segera cari tau! Terutama segala hal yang menyangkut pelajaran sekolahmu. Jangan sampai kamu nyasar ke dalam hutan kegagalan.

“Emangnya informasi apa aja yang kudu kita cari tau?”

Ya pokoknya apa aja deh yang kamu butuhin buat peningkatan prestasimu di sekolah. Misalnya….

  • Cara belajar yang efektif

Coba kamu cari tau bagaimana cara belajar yang efektif dari setiap pelajaran sekolah yang kamu dapet.

“Nanyanya ke siapa?”

Ya, bisa ke gurumu di sekolah. Coba kamu tanya ke setiap guru yang mengajar di kelasmu. Misalnya kamu tanya guru bahasa Inggrismu begini, “Bu, Ibu kan sudah lama mengajar bahasa Inggris, boleh tau nggak Bu gimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif supaya kita mudah faham? Barangkali Ibu bisa menceritakan sedikit pengalaman Ibu dalam belajar bahasa Inggris hingga akhirnya ibu bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan lancar”

Nah, begitu caranya. Atau kamu juga bisa tanya ke guru bimbelmu atau temen sekelasmu yang pinter bahasa Inggris.

  •  Soal-soal ujian tahun lalu

Biasanya soal ujian dari tahun ke tahun nggak jauh beda. Misalnya kalo soal matematika paling yang diubah angka-angkanya saja. Adapun model-model soalnya sama.

Nah, coba deh dari awal masuk sekolah, kamu coba cari soal-soal ujian tahun lalu. Coba kamu minta ke gurumu atau ke kakak kelasmu. Gunakan soal-soal itu untuk persiapan menghadapi ujian yang nanti bakalan kamu jalani.

  •  Tempat Kursus yang Bagus

Bagi kamu yang ngerasa nggak cukup dengan ilmu yang kamu dapetin di sekolah, atau kamu ngerasa kurang paham dengan penjelasan guru di kelas, kamu bisa juga ikutan kursus di luar jam sekolah.

Eit, tapi kamu kudu inget. Pilih tempat kursus yang sudah terkenal bagus. Coba kamu tanya ke gurumu atau temen-temenmu yang lain. Kali aja mereka bisa ngasih tau tempat kursus yang bagus dan murah.

  •  Buku-buku Bacaan yang Bermanfaat

Kalo kamu pingin sukses, kamu kudu banyak baca. Dengan banyak baca, wawasanmu jadi bertambah luas.

Coba deh kamu baca buku-buku tentang pengembangan diri. Sekarang ini banyak kok buku-buku motivasi yang isinya mengajak kita untuk menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Misalnya buku tentang kiat belajar efektif, kiat mengerjakan soal ujian, kiat bisnis, kiat mengatasi stress, kiat menjadi kaya, kiat…eee….kiat…..wah pokoknya banyak deh.

Kalo kamu belom tau, buku apa aja yang bagus buat dibaca, coba kamu tanya ke orang-orang yang lebih dewasa dan lebih banyak pengalamannya dari kamu. Misalnya kamu tanya gurumu atau orang tuamu. Tanya mereka, “Pak, Bu, emang buku apa aja sih yang bagus buat pengembangan diri kita?”

  • Tempat Menjual Buku-buku Murah

Sebagai seorang pelajar, ada baik kamu terbiasa mengumpulkan buku-buku bermanfaat di rumahmu. Terutama buku-buku yang mendukung kegiatan belajarmu di sekolah. Coba kamu bikin perpustakaan kecil-kecilan di rumah.

“Wah, tapi saya nggak punya cukup uang buat beli buku lagi. Harga buku kan sekarang mahal-mahal….”

Eh, jangan salah bro! Ada lho tempat beli buku-buku murah tapi bagus. Misalnya aja di Blok M Square Jakarta. Di lantai basement kamu bisa dapetin buku-buku bagus dengan harga terjangkau. Walaupun bukunya bekas, tapi isinya kan tetep bermanfaat.

Coba deh sekali-kali kamu jalan-jalan ke tempat penjualan buku-buku bekas. Asyik lho. Kadang kita bisa dapetin buku yang bagus dan tebel, tapi harganya murah. Selain di Blok M, untuk kamu yang tinggal di Jakarta, kamu juga bisa coba cari di daerah Kwitang Pasar Senen. Atau, kalo untuk daerah bandung, bisa dicari di Palasari.

***

Nah, inilah beberapa contoh tentang hal-hal yang kudu kamu cari informasinya untuk bekal meraih sukses. Jadi intinya, kamu coba cari informasi sebanyak-banyaknya segala hal yang akan membantumu meraih kesuksesan di sekolah. Gimana, bisa kan, fren?!

Atau, kamu juga bisa tanya ke ortumu atau gurumu di sekolah. Coba aja kamu tanya begini:

Pak atau Bu, kira-kira informasi apa aja yang kudu kita ketahui untuk bekal meraih prestasi tinggi di sekolah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: