BEKAL MERAIH SUKSES (bag-5)

BEKAL KEEMPAT

PERLUAS PEGAULAN & PERBANYAK KAWAN

 

”Kawan sangat berpengaruh dalam mengejar cita-cita. Dengan dukungan kawan, cita-cita akan secepatnya Anda raih. Tanpa kawan, perjalanan Anda akan tertatih-tatih.” (Anonim)

Yup, jelas, nggak disangsikan lagi, kita hidup butuh bantuan orang lain. Nggak mungkin kan kita melakukan segala sesuatunya sendirian. Kita tentu butuh bantuan orang lain.

Sobat….

Coba aja kamu liat orang-orang yang sekarang udah pada sukses. Mereka semuanya butuh bantuan orang lain. Mereka nggak bakalan jadi orang sukses kalo segala sesuatunya mereka kerjakan sendiri. Tul nggak?!

Nah, begitupun di sekolah. Kalo kita mau sukses di sekolah, nggak bisa nggak, kita juga butuh juga bantuan orang lain. Kita membutuhkan seorang kawan. Kita butuh kawan untuk diajak berdisukusi. Kita butuh kawan untuk berbagi cerita. Kita butuh kawan untuk bertanya. Kita butuh kawan untuk minjem duit kalo kita lagi bokek (Lho! He..he..). Kita butuh…eee…..apa lagi ya….

Makanya, kalo kita mau sukses di sekolah,  kita harus perluas pegaulan dan perbanyak kawan. Ketika kita sekolah, carilah kawan sebanyak-banyaknya. Nggak hanya yang berasal dari satu kelas, tapi juga lain kelas. Nggak hanya yang berasal dari satu angkatan, tapi juga yang berbeda angkatan. Nggak hanya kalangan siswa, tapi juga kalangan guru kalo bisa. Nggak hanya kalangan manusia, tapi juga kalangan …eh, kok jadi ngelantur gini sih he..he..maaf  becanda  he..he..

(Ingat! Ini penting. Sekali lagi, PERLUAS PERGAULAN DAN PERBANYAK KAWAN!)

BAGAIMANA MENDAPATKAN BANYAK KAWAN?

Lalu, bagaimana caranya supaya kita jadi banyak kawan?

Mmm…mudah saja sebenarnya, fren. Caranya nggak jauh beda dengan mencari semut.

Lho, kok larinya jadi ke semut?

Iya, memang. Mencari kawan nggak jauh beda dengan mencari semut. Paling nggak, ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan semut. Pertama, kita bergerak mencarinya di tempat-tempat yang kemungkinan banyak semutnya. Kedua, kita letakkan saja gula atau makanan yang manis-manis di atas meja. Nggak lama juga semut bakalan berdatangan. Bukankah ada pepatah yang mengatakan, ”Ada gula ada semut”.

Nah, mencari kawan pun beginu –eh- begitu. Pertama kita yang aktif mencarinya. Kemudian yang kedua, kita yang berupaya memancing kedatangan mereka. Pingin tau kan caranya?

JADILAH SISWA YANG AKTIF

Oke, kita bahas cara yang pertama dulu. Intinya, kita harus menjadi orang yang aktif. Jangan banyak diam. Kita harus bergerak.

Coba deh pas jam istrirahat kamu kenalan sama semua siswa yang ada di sekolahmu. Terutama yang satu angkatan. Setiap ada kesempatan, misalnya pas lagi makan di kantin, coba kamu ajak kenalan. Kamu tanyakan nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, kampung kelahiran, hobi, makanan kesukaan, ……..dll. (Ini nanya apa interogasi ya…he..he….)

Atau, kamu juga bisa ikutan organisasi yang ada di sekolahmu. Misalnya ikut bergabung dengan badan kerohanian atau OSIS. Biasanya anggota suatu organisasi itu terdiri dari berbagai angkatan. Nggak cuma satu angkatan. Jadi kamu bisa gaul lintas angkatan. Dengan begitu, kamu jadi bakalan punya banyak kawan deh.

Masih banyak sebenarnya cara untuk mendapatkan kawan. Intinya ya itu tadi, kita harus menjadi orang yang aktif. Jangan banyak diam. Kita harus bergerak.

Oke deh, sekarang kita akan membahas cara yang kedua. Caranya yaitu….

JADILAH ORANG YANG MENYENANGKAN

Yup, benar sekali. Kalo pingin disenangi banyak orang, jadilah orang yang menyenangkan. Sebab, orang yang menyenangkan akan disukai banyak orang sehingga bisa punya banyak teman. Oleh karena itu, kalo kita kepingin punya banyak teman kita kudu punya sesuatu yang bisa membuat orang lain senang bergaul dengan kita.

Kira-kira orang seperti apa sih

yang disenangi banyak anak sekolahan?

 

            Biasanya nih, siswa senang bergaul dengan orang yang CERDAS bin pinter alias pandai. Sebab, mereka bisa mengambil banyak manfaat dari orang seperti ini. Jika ada pelajaran yang belum dimengerti atau PR yang sulit, mereka bisa mendatangi si cerdas ini untuk belajar. Tanpa diundang pun mereka bakalan datang. Gak, percaya?! Coba aja jadi orang cerdas!

Jadi, kalo kamu pingin punya banyak teman, salah satu caranya ialah dengan menjadi orang yang cerdas. Berusahalah untuk menjadi siswa yang berprestasi. Raihlah nilai terbaik di setiap pelajaran yang diberikan oleh gurumu di kelas. Niscaya teman-temanmu bakalan banyak  yang pingin dekat denganmu. Bahkan bisa jadi kamu bakalan disenangi guru juga.

Kawan…

Kamu seneng nggak kalo kamu sedang sakit trus ada temen-temenmu yang datang ngejenguk. Udah gitu datangnya sambil bawa melon, mangga, apel, anggur, rambutan, durian, manggis, semangka, dll (Ini mau jenguk orang sakit apa mau dagang buah he..he..). Kamu tentu seneng, kan?!

Atau, ketika kamu sedang nggak punya duit, tiba-tiba datang temanmu minjemin duit. Atau, ketika badanmu pegel-pegel habis olahraga, trus ada temanmu yang mijitin. Atau, ketika kamu sedang bingung mencari-cari duitmu yang jatuh di jalanan, trus datang temanmu buat ngebantu nyariin. Gimana? Seneng nggak ?! Tentu seneng kan?!

Nah, secara fitrah manusia seneng jika ada yang menaruh perhatian kepadanya. Manusia juga seneng jika ada orang yang dengan tulus memberi bantuan kepadanya. Oleh karena itu, termasuk salah satu cara untuk memperoleh banyak teman ialah dengan memiliki sikap PERHATIAN dan ringan tangan membantu kesulitan orang lain.

Berusahalah untuk peka terhadap keadaan sekitarmu. Terutama di lingkungan yang terdekat darimu, seperti lingkungan kelasmu. Jika ada teman yang kelihatan murung, coba kamu dekati. Kamu bisa gunakan kata-kata sebagai berikut:

  • Ada yang bisa bantu saya –eh salah- ada yang bisa saya bantu?
  • Apa yang dapat saya lakukan untukmu?
  • Mari saya bantu?
  • Mari, kita coba sama-sama mengatasi persoalanmu!
  • Tenang saja, saya siap membantu!
  • Katakan saja masalahnya, mudah-mudahan saya bisa bantu!
  • Saya ikut prihatin, apa yang saya bisa bantu?
  • Jangan panik, kita cari jalan keluarnya bersama-sama!
  • Jangan sedih, itu cuma soal kecil, saya bisa bantu kok!

Dan masih banyak lagi kalimat-kalimat semisal yang ampuh untuk mencari teman. Yang penting, kamu harus konsekuen dengan pernyataanmu. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang kamu sendiri belum yakin atau tidak mampu untuk menepatinya.

Jadi intinya adalah PERHATIAN. Jangan cuek dengan keadaan sekitarmu.

Oya, ada juga cara ampuh yang bisa kamu praktekin untuk memperoleh banyak kawan. Caranya yaitu dengan ”saling memberi hadiah”. Kamu tentu senang kan kalo dikasih hadiah?! Apalagi hadiahnya adalah barang berharga yang memang sangat kamu butuhkan. Udah gitu ngasihnya pas kamu emang lagi butuh banget. Misalnya kamu lagi butuh banget laptop, tapi kamu nggak punya duit buat beli. Eh tiba-tiba ada temanmu yang ngasih hadiah laptop. Tentu kamu seneng banget, kan?!

Jadi, kalo kamu punya sesuatu yang berlebih, nggak ada salahnya kamu hadiahkan ke temen-temenmu.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk bisa memperoleh banyak kawan. Silakan mencoba! Doa kami selalu menyertaimu (ceileh, puitis amat ya..he..he..)

Eit, tunggu..tunggu! Sebentar, ada yang ketinggalan. Supaya orang-orang mau deket sama kita, kita juga harus berpenampilan menyenangkan. Misalnya yang paling gampang, kita kudu jadi orang yang murah senyum. Yakin deh, kalo kita murah senyum, orang-orang bakalan seneng berkawan dengan kita. (Tapi awas, jangan senyum-senyum sendiri. Ntar kamu dikirain …….)

JANGAN JADI ORANG YANG NYEBELIN!

Tentu saja, orang yang nyebelin nggak bakalan disukai banyak orang. Malah orang-orang justru akan menjauh. ”Ngapain orang nyebelin dideketin!”, begitu kira-kira pikir mereka.

Seperti apa sih orang yang nyebelin itu?

Ya, kamu tentu tau sendiri lah orang yang nyebelin itu kayak gimana. Misalnya orang yang hobinya marah-marah. Nggak seneng dikit, marah. Tersinggung dikit, marah. Capek deh!

Atau, orang yang hobinya ngeluh. Dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit ngeluh. Males dengerinnya tau!

Dan masih banyak sifat dan sikap buruk lain yang harus kita buang jauh-jauh kalo kita pingin punya banyak teman.

BEGITU ADA MASALAH, SEGERA SELESAIKAN

Kalau suatu ketika kamu punya masalah dengan teman sekelasmu atau siapa aja, maka segera selesaikan. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Kecuali kalo kamu pingin terus-terusan merasa tersiksa.

Lho, kok bisa?

Ya iyalah! Coba aja kamu bayangin. Gimana rasanya tinggal di satu kelas, tapi nggak saling tegur sapa. Kalo ketemu saling buang muka. Tentu akan sangat tidak nyaman sekali, bukan?! Makanya, begitu ada masalah, langsung selesaikan. Jangan biarkan sampai berlarut-larut. Kalo kamu nggak bisa selesaikan sendiri, mintalah bantuan pihak ketiga.

HATI-HATI MEMILIH KAWAN!

            Memang benar, kawan itu penting. Tapi kawan yang seperti apa dulu. Banyak orang dapat dijadikan sahabat. Tapi nggak semua orang cocok dijadikan sahabat. Maka setiap kali bertemu dengan teman baru telitilah apakah kita cocok bersahabat dengan dia? Jika dia baik, optimis, cerdas, periang, banyak akal, tidak sombong, sopan, …..dll. maka hampir dapat dipastikan, merekalah calon-calon sahabat karib  yang cocok untuk kita.

Sangat tidak berguna bergaul dengan orang yang pemarah, pesimis, malas, egois, sebab hanya akan menghambat jalan kita menuju kesuksesan. Apalagi bergaul dengan orang-orang yang berperilaku buruk, seperti pecandu narkoba, tukang minum-minuman keras dan yang semisalnya. Yang kayak begini wajib kamu jauhi. Kalo nggak, kamu nanti bakalan ketularan.

Bergaul, berteman, bersahabat dengan orang-orang yang memiliki sedikit atau banyak kelebihan dari kita akan sangat bermanfaat. Kita bisa belajar dari mereka dan mereka bisa belajar dari kita. Itulah persahabatan sejati, memberi dan menerima!

Bersambung ke BEKAL MERAIH SUKSES (bag-6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: