BERPIKIR KRITIS

Sobat….

Kalo kamu udah mengulang materi dan ngejawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kamu berpikir layaknya seorang ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Trus, coba kamu minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau cari di internet. Cara ini akan mengajakmu untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

Cara paling sederhana, kamu bisa gunakan jurus “5W+1H”. Sehabis mempelajari sebuah materi pelajaran, coba kamu tanyakan “What….? Who….? When….? Where…..? Why…..? How…..?”. Kamu semua tau kan artinya? KAlo nggak tau coba tanya tetangga he..he….

Atau, gunakan kalimat-kalimat pertanyaan seperti “Kenapa begini? Kenapa begitu? Gimana kalo begini? Gimana kalo begitu? Gimana kalo……?”

Sobat….

Perlu kamu ketahui bahwa ilmu pengetahuan itu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Jadi nggak menutup kemungkinan kalo pengetahuan atau teori yang kamu dapet di sekolah ternyata belum sempurna atau malah nggak bener.

Sebagai wawasan, kamu tau teori Darwin. Dia berpendapat bahwa nenek moyang manusia berasal dari kera. Tapi ternyata, teorinya itu kemudian dibantah habis-habisan oleh Harun Yahya.

Trus, kamu juga tentu baca di buku pelajaran sekolah bahwa manusia pernah ada yang mendarat di bulan. Tapi asal kamu tau aja fren, sekarang ini, kebenaran hal itu justru dipertanyakan. Banyak yang nggak percaya kalo manusia pernah ke bulan. Mereka menganggap bahwa semua itu hanyalah rekayasa orang Amerika.

Kemudian, kamu tentu juga pernah baca di buku Fisika kalo bumi kita ini mengelilingi matahari. Tapi, kalo kamu maen-maen ke toko buku, ternyata ada yang membantah pendapat ini. Justru sebaliknya katanya. Justru matahari yang mengelilingi bumi.

Nah, jadi intinya. Kamu kudu kritis fren. Kalo ada sesuatu yang menurutmu agak ganjil, nggak ada salahnya kamu tanyakan ke gurumu. Disamping juga kamu kudu banyak baca. Semakin banyak informasi yang kamu dapet, kamu akan semakin terlatih untuk bersikap kritis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: