TIPS MENGOPTIMALKAN WAKTU

  • Buatlah jadwal harian, mingguan, bulanan dengan alokasi waktu yang sesuai, jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar.
  • Sinergikan antara ibadah, bekerja dan belajar, dan niatkan semuanya untuk ibadah kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala.
  • Tetapkan target yang hendak dicapai (target materi atau immateri)
  • Kerjakan tugas sesuai dengan waktu yang tersedia, jangan pernah menunda tugas yang dapat dikerjakan hari ini untuk besok
  • Susun pekerjaan berdasarkan prioritas penyelesaiannya, dan kerjakan perkara yang mudah dulu kemudian konsentrasikan diri untuk mengerjakan yang sulit.
  • Jangan mudah membuat janji, karena janji akan menyita waktu yang telah Anda jadwalkan.
  • Hindari hal-hal yang kurang penting, karena sekecil apapun itu akan memakan waktu.
  • Lakukan pekerjaan dengan cermat, kontinyu dan hati-hati, jangan pernah tergesa-gesa.
  • Jangan pernah terlalu lama memforsir diri karena akan berakibat kepada kepayahan di kemudian hari, juga jangan terlalu santai hingga menelantarkan tugas.
  • Bersyukurlah kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala ketika target Anda tercapai, dan bersabarlah selalu dalam melaksanakan tugas dan saat kegagalan menghampiri.

(Sumber: Majalah Dakwah, No. 12/ Th. II/ Juni 2003 M/ Rabi’u Al-Tsani 1424 H/ Hal. 30)

One Response to TIPS MENGOPTIMALKAN WAKTU

  1. ibnu says:

    insya Allah manfaat u ana pribadi
    jazaakallaahu khairan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: