5 LANGKAH MERAIH MIMPI (bag-5)

LANGKAH 4

TAKE ACTION

Setelah rencana disusun saatnya bagi kamu untuk take action. Segera laksanakan rencanamu itu. Percuma kan udah nyusun rencana capek-capek kalo nggak dikerjakan. Ntar kamu nggak akan sampe-sampe ke tujuanmu.

Memang terkadang ada saja orang yang sudah menyusun rencana yang masuk akal, tetapi di tengah jalan timbul keraguan dan muncul keengganan untuk melakukan apa yang sudah direncanakan. Kenapa bisa begitu? Biasanya karena mereka senantiasa berpikiran negatif.

Misalnya orang yang belum bertindak sudah punya pikiran begini, ”Waduh, gimana kalo nanti kakak kelasnya nggak mau ditemui dan nggak mau minjemin catatannya”. Kalo seperti ini mikirnya, tentu nggak bakalan jalan-jalan. Bisa-bisa waktu habis cuma buat berandai-andai sesuatu yang negatif.

Lalu, gimana solusinya?

Solusinya ya kamu harus senantiasa berpikir positif. Kamu ubah pikiran kamu yang negatif. Misalnya dari pikiran negatif, ”Waduh, gimana kalo nanti kakak kelasnya nggak mau ditemui dan nggak mau minjemin catatannya”, kamu ubah menjadi, ”Gimana seandainya kakak kelasnya ternyata kaya, baik hati, tidak sombong, suka menabung, dll. (Apa coba?!). Kan nanti saya bisa sekalian pinjem duit juga buat bayar SPP..he..he..”. Nah, kalo pikiran kamu seperti ini, tentu kamu akan bersemangat untuk bertindak.

Atau, supaya kamu mau bertindak, kamu juga bisa melakukannya dengan cara membayangkan kenikmatan yang luar biasa seandainya targetmu tercapai, sekaligus kamu bayangkan juga kesengsaraan yang luar biasa jika targetmu nggak tercapai. Misalnya, kalo saya nanti dapet nilai matematika 8, nanti saya akan diberi hadiah sepeda oleh ayah saya, saya akan diajak jalan-jalan ke Ragunan, dll. Tapi kalo saya dapet nilai jelek, saya nanti nggak akan dikasih uang saku lagi selama satu semester. Atau yang semisalnya.

Atau, kalau kamu pingin bisa bertindak, kamu munculkan sesuatu yang bisa mendorongmu untuk bertindak.

Gimana caranya?

Begini. Misalnya kamu bicara di depan kelas sambil megang pengeras suara. Kamu ucapkan dengan suara yang lantang,”SAYA AKAN MENDAPATKAN NILAI MATEMATIKA 8 ! KALO SAMPE NGGAK DAPET 8, KALIAN SEMUA AKAN SAYA TRAKTIR MAKAN DI RESTORAN!!!”

Setelah bebicara seperti ini, kamu tentu akan terdorong untuk segera bertindak. Kalo nggak kamu tentu bakalan malu dengan teman-teman sekelasmu kalo nanti ternyata nggak bisa ngebuktiin apa yang kamu omongkan. Gimana, mau coba?!

Leave a Reply

