JANGAN LUPA SARAPAN YA….

Mungkin tak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Seringkali sarapan pagi menjadi hal yang sering terabaikan dan tidak dianggap penting. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah karena padatnya aktifitas sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan pagi, atau juga karena belum adanya nafsu makan untuk menyantap sarapan pagi. Padahal sarapan pagi itu merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang aktivitas anda sehari-hari, sepenting menerapkan prinsip stop dreaming start action dalam kehidupan sehari-hari

Tak peduli seberapa sibuknya anda, mengisi bahan bakar untuk tubuh adalah hal yang penting, ibarat mobil yang juga perlu bahan bakar minyak untuk dapat berjalan. Sarapan akan akan menjadi bahan bakar dan memberi energi bagi tubuh sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Beberapa manfaat sarapan pagi antara lain:

•Sarapan pagi kaya karbohidrat dan rendah lemak akan menjadikan otak lebih waspada dan berpikir cepat, sebaliknya orang yang tidak sarapan biasanya menjadi lemot dan telmi.

•Sarapan pagi membuat tubuh tidak cepat lelah dalam beraktivitas.

•Sarapan mampu memberi otak bahan bakar, sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam pemecahan masalah dan ingatan serta konsentrasi.

•Bagi anak-anak sekolah dengan sarapan pagi akan membuat lebih konsentrasi belajar, serta memiliki kemampuan berpikir dan beraktivitas.

•Mampu mencegah penyakit maag, karena dengan sarapan lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung. Jika lambung kosong terlalu lama maka asam lambung akan mengiritasi lambung yang dapat mengakibatkan rasa perih di perut.

•Sarapan pagi membuat tubuh lebih langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Tapi ingat porsi sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak. Sarapan dengan porsi besar akan membuat sakit perut dan aktivitas fisik terganggu. Waktu ideal untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam terakhir.

•Menghindari makan tak terkontrol. Sarapan akan menjaga dari rasa lapar berlebih, makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Ketika tidak sarapan, maka perilaku kita akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi hingga menjelang makan siang. Dan ngemil secara terus menerus inilah yang dapat menyebabkan kegemukan.

Jadi jika anda jarang atau bahkan tidak pernah sarapan sebelum beraktivitas, segera ubahlah kebiasaan tersebut, sayangilah tubuh anda.. Sarapanlah sebelum beraktivitas. Tubuh dan otak kita perlu energi untuk dibawa sepanjang hari. Kebiasaan ini akan membuat kita merasa lebih baik sepanjang hari dan bisa menjalani hari kita dengan penuh semangat.

Sumber: http://seputarobat.blogspot.com/2009/07/pentingnya-sarapan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: