RAHASIA DISUKAI ORANG

Untuk bisa disukai oleh orang lain kuncinya cuma satu: sukailah diri Anda sendiri. Apakah Anda menyukai diri Anda sendiri? Mungkin ini pertanyaan aneh dan Anda pikir tak ada hubungannya dengan judul tulisan ini. Tetapi, sebenarnya, menyukai diri Anda sendiri merupakan langkah pertama agar Anda disukai oleh orang lain. Kenapa?

Mengapa Harus Menyukai Diri Sendiri?
Jawabnya mudah: bila tidak menyukai diri sendiri, bagaimana bisa mengharapkan orang lain menyukai Anda? Bila Anda menyukai diri sendiri, orang lain akan lebih mudah menyukai Anda. Karena itu, bila Anda menyukai diri sendiri, Anda cenderung mendapatkan teman-teman yang baik dalam pergaulan.

Menyukai diri sendiri, juga akan membuat Anda pede, baik untuk memulai sebuah pertemanan, melakukan bisnis, atau ketika wawancara pekerjaan, misalnya. Hubungan Anda dengan keluarga, teman atau rekan kerja juga akan lebih baik. Bila hubungan ini lebih baik, maka tentu saja Anda akan lebih dihormati dan dihargai pendapatnya. Nah, jika Anda merasa belum menyukai diri sendiri sepenuhnya, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Jaga Kesehatan dan Penampilan
Tubuh yang sehat, akan membuat Anda merasa nyaman, dan perasaan nyaman ini pasti akan terlihat pada penampilan Anda. Cobalah berolah raga secara teratur, menerapkan pola hidup sehat, dan makan makanan dengan menu seimbang. Bila kita sehat, tubuh kita akan terasa segar dan wajah kita secara otomatis juga akan terlihat lebih bersih dan berseri. Anda akan merasa lebih gembira dan positif dalam menghadapi segala sesuatu.

Yang kedua, evaluasi penampilan. Bagaimana pakaian atau model rambut Anda? Anda tak perlu mengikuti perkembangan dunia mode, tapi yang penting Anda tahu penampilan seperti apa yang paling sesuai. Bila tak yakin mengenai model yang paling cocok, mintalah pendapat keluarga atau teman. Cobalah saran mereka lalu lihatlah di kaca. Apakah Anda merasa nyaman dengan penampilan tersebut? Bila merasa tak nyaman atau tidak mencerminkan diri Anda, jangan dipaksakan. Model yang banyak disukai orang tidak menjamin pakaian atau sepatu itu cocok untuk kita.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Kesuksesan berangkat dari rasa percaya diri yang positif dan tidak berlebihan. Mulailah menghargai diri dan hasil pekerjaan Anda. Hasil kerja Anda bisa beraneka ragam bentuknya, mulai dari masakan sampai memenuhi dead line pekerjaan kantor. Jadi, jangan menganggap pekerjaan Anda tidak dapat dibanggakan karena Anda anggap tidak penting. Kesuksesan seorang ibu rumah tangga memasak makanan yang lezat sama pentingnya dengan kesuksesan seorang direktur wanita mengambil keputusan penting dalam rapat.

Pengetahuan, juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Bacalah koran, majalah atau buku-buku pengetahuan lainnya. Memang ada pengetahuan umum yang sebaiknya Anda ketahui, yang bisa didapat dari koran atau majalah, namun sebaiknya kembangkan pengetahuan tentang hal-hal yang menarik minat melalui buku-buku atau bahkan internet. Bila Anda mempunyai bekal ilmu pengetahuan, Anda tidak akan canggung dalam berbicara dengan orang lain dan yang penting, rasa percaya diri Anda pasti meningkat.

Jangan Terlalu Berharap
Jangan berharap bila Anda sudah melakukan semua hal di atas, semua orang akan menyukai Anda. Sifat manusia amat beragam dan tidak semuanya bisa cocok dengan kita. Anda tidak harus membuat semua orang menjadi sahabat kita, karena pasti akan ada orang yang tidak menyukai atau tidak mau menjadikan Anda sahabatnya karena satu dan lain hal.

Cukuplah bila Anda mempunyai sekelompok teman yang memang Anda sukai, cocok dalam banyak hal dan dapat diandalkan untuk hal-hal tertentu. Tip-tip yang diberikan ini akan membuat Anda mudah diterima di lingkungan; baru atau mudah mendapatkan teman baru, namun mungkin hanya sebagian kecil dari mereka yang dapat kita terima dan dapat menerima kita sebagai teman dekat. Yang penting adalah kita tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan orang yang tidak kita sukai

Sumber: http://www.sarikata.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: