BILA PARA MUSLIMAH BELAJAR BAHASA ARAB

Telah aku singgung pada tulisan sebelumnya bahwa ibu ibarat madrasah bagi anak-anaknya, sebagaimana dikatakan dalam sebuah sya’ir:

“Ibu adalah madrasah bagi anak-anak, bila engkau persiapkan dengan baik maka engkau telah mempersiapkan bangsa yang baik dan kuat”
“Ibu laksana taman, bila engkau pelihara tanamannya dengan siraman yang cukup, maka akan tumbuh dengan subur dan rindang”

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi para Muslimah untuk membekali dirinya dengan ilmu. Dengan ilmu apa? Tentu saja dengan ilmu yang dibutuhkan bagi anak-anaknya nanti. Dan yang terpenting tentu saja ilmu agama, seperti ilmu seputar aqidah, ibadah, akhlak, dll. yang terkait dengan ilmu agama.

Kemudian, lebih bagus lagi jika si ibu bisa membekali anaknya dengan ilmu alat yang bisa digunakan si anak untuk modal mempelajari ilmu-ilmu agama dengan lebih mendetail. Contohnya ialah ilmu bahasa Arab.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kitab-kitab para ulama semuanya ditulis dengan bahasa Arab. Sehingga kalau kita ingin mempelajari dan memahaminya dengan baik, otomatis kita perlu untuk menguasai bahasa Arab terlebih dahulu.

Jika seorang ibu ingin menjadikan anaknya seorang ahli ilmu atau ulama, alangkah baiknya sebelum si anak di sekolahkan di pondok atau sekolah Islam lainnya untuk membekali si anak dengan pengetahuan dasar bahasa Arab. Mudah-mudahan dengan memiliki bekal ini akan memudahkan si anak untuk belajar di madrasah selanjutnya selepas dari madrasah pertamanya (ibunya/orang tuanya).

Maka, penting kiranya para Muslimah untuk mempelajari bahasa Arab. Sehingga dia nantinya bisa mengajarkan bahasa Arab ke anak-anaknya di rumah.

Alhamdulillah sekarang ini sarana belajar bahasa Arab telah dimudahkan. Sekarang ini banyak menjamur tempat-tempat belajar bahasa Arab. Tinggal sekarang yang dibutuhkan ialah kemauan dari diri masing-masing. Mau tidak mempelajari bahasa Arab? Semoga Alloh memudahkan kita untuk mempelajari dan menguasai ilmu yang mulia ini. Amin.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: