HOW TO BE A GREAT TEACHER ?

Beberapa waktu lalu aku sempat berbincang-bincang lewat fb dengan kawan kuliahku dulu. Setahuku dia sekarang sedang menjadi guru bahasa Inggris di sebuah sekolah.  Dalam perbincangan kami yang cuma beberapa saat, dia sempat mengajukan pertanyaan kepadaku, “…do u know how to be a great teacher?”. Hmm…sebuah pertanyaan yang menarik.

Aku jadi teringat dengan sebuah buku yang pernah aku terbitkan beberapa tahun silam. Judul bukunya “PANDUAN MENJADI GURU TELADAN”. Buku itu aku terjemahkan dari sebuah risalah berbahasa Arab karya seorang ulama yang sudah berkecimpung puluhan tahun di dunia pendidikan. Namanya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu. Judul risalahnya “Ilal Murobbiy wal Murobbiyaat”, yang artinya kurang lebih “Beberapa Kalimat untuk Para Ibu/Bapak Pendidik”.

Buku itu aku terjemahkan sendiri, aku edit sendiri, aku layout sendiri, aku terbitkan sendiri di penerbitan buku milikku PUSTAKA LAKA, dan aku jual sendiri. Judul bukunya apa? Lho, kan sudah disebutin tadi. Itu lho, PANDUAN MENJADI GURU TELADAN.

Sayangnya, diantara keempat judul buku yang aku terbitkan waktu itu, buku ini kurang mendapat sambutan. Entah kenapa. Buku ini paling lama terjualnya. Buku ini baru habis terjual setelah ditawarkan ke kawan-kawan yang ingin menjadikan buku ini sebagai souvenir acara seminar dan walimah.

Emangnya apa sih isi bukunya?

Buku ini berisikan tentang banyak hal yang terkait dengan pendidikan anak/siswa. Insya Alloh buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh para guru agar bisa menjadi guru teladan, dan meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Diantaranya penulis buku mengatakan bahwa seorang pendidik kepada kebaikan akan mendapatkan pahala yang besar jika dia ikhlas dalam mengajar. Beliau membawakan beberapa hadits Nabi, diantaranya:

“Segala sesuatu akan memintakan ampunan kepada seorang pendidik yang mengajarkan kebaikan, bahkan ikan-ikan yang ada di laut pun ikut memintakan ampunan baginya.” (Hadits shahih, riwayat Ath-Thabrani dll.)

Penulis juga memberikan kiat-kiat agar menjadi pendidik yang berhasil. Untuk lebih jelasnya, silakan baca bukunya aja deh. Insya Alloh bermanfaat.

Tapi, kalau aku simpulkan -dari hasil membaca dan berdasarkan pengalamanku belajar serta mengajar-, untuk menjadi guru yang baik, ada satu hal yang sepertinya harus ada dalam diri seorang guru/pendidik. Apa itu ? PERHATIAN! Ya, Perhatian. Perhatian seorang guru kepada para murid-muridnya.

Seorang guru tidak cukup hanya mengajarkan materi di kelas setelah itu pulang. TApi seorang guru juga harus memperhatikan, apakah muridnya itu memang benar-benar paham dengan yang dia sampaikan atau tidak. Apakah si murid merasa nyaman ketika dia mengajar atau tidak. Apakah si murid merasa senang dengan cara dia mengajar atau tidak. Dst…dst…

Seorang guru yang memiliki perhatian kepada murid-muridnya tentu akan berupaya untuk mencari berbagai macam cara/metode agar ilmunya bisa tersampaikan dengan baik dan menyenangkan kepada murid-muridnya. Seorang guru yang memiliki perhatian kepada murid-muridnya tentu tidak asal-asalan dalam mengajar. Seorang guru yang memiliki perhatian kepada murid-muridnya tentu akan betul-betul memahami materi yang akan diajarkan sebelum dia masuk kelas. Seorang guru yang memiliki perhatian kepada murid-muridnya tentu…..(silakan tambahkan sendiri ya….)

Nah, jadi begitu. Intinya perhatian. Aku pribadi sangat senang jika diajar oleh seorang guru yang perhatian. KEtika mengajar, dia tahu kondisiku dan murid-murid yang lain.

Aku jadi teringat dengan beberapa orang yang telah mengajarku waktu dulu. Ada guru yang mengajarkan matematika di siang hari yang panas. Namun dia bisa mengajarkan dengan sangat menyenangkan. Kawan-kawan paham dengan yang dia sampaikan dan jadi tidak ngantuk karena cara mengajarnya menyenangkan.Kok bisa? Ya itu. Karena dia memiliki perhatian kepada kita-kita sebagai muridnya. Dia menguasai materi dengan baik, dan dia juga bisa menyampaikan materi dengan baik pula.

Ada juga guru bahasa Arabku yang cara mengajarnya lain dari yang lain. Kalau guru ini ngajar, kawan-kawan sangat antusias mendengarkan. Padahal materi yang diajarkan cukup sulit. Namun terasa menyenangkan karena dia juga menyelingi dengan kisah-kisah yang ada kaitannya dengan materi yang disamaikan.

Lagi-lagi perhatian. Kita memang butuh perhatian. DAn aku pribadi kurang suka jika ada guru yang kurang perhatian kepada murid-muridnya. Misalnya, kalau ngajar nggak tahu apa yang mau diajar, trus terkadang cara mengajarnya asal-asalan (cuma baca buku doang alias sama persis dengan yang dibuku, tanpa ada pengembangan).

Oleh karena itulah, kalau aku disuruh mengajar bahasa ARab, aku betul-betul mempersiapkan diri. Aku baca dulu banyak referensi. Trus aku juga pikirkan gimana cara yang enak untuk menyampaikan materi supaya murid-muridku bisa menerimanya dengan baik. DAn aku pun hobi mencari metode-metode yang baik dalam mengajar, dan aku juga banyak belajar cara mengajar dari para  guru yang aku kenal, baik guru umum maupun guru agama.

DAlam buku PANDUAN MENJADI GURU TELADAN juga diberikan contoh-contoh perhatian seorang guru kepada muridnya, misalnya dengan memujinya ketika menjawab pertanyaan dengan benar, mendoakannya, menepuk-nepuk pundak murid sambil memberi motivasi, memberi hadiah, dll.

Jadi intinya -sekali lagi- perhatian. SEmoga uraian singkatku ini bermanfaat.

Wallohu a’lam.

NB.

Kepada Olla, semoga bisa menjadi guru teladan untuk diri, keluarga, dan murid-muridmu di kelas. Good luck! (Btw, pertanyaanku kok nggak dijawab….🙂

8 Responses to HOW TO BE A GREAT TEACHER ?

  1. olla says:

    pertanyaan yang mana ya pak, aku kok lupa ..🙂
    thanks untuk infonya. masih punya sisa bukunya nggak? masih adakah di gramedia atau di gunung agung?…

  2. rahmayanti wahid says:

    afwan tadz, buku “PANDUAN MENJADI GURU TELADAN” kok ga ada dalam daftar Ebook ?? syukron

  3. masih ada kitabnya ustadz?? ana pengen beli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: