MENOLONG SITI NURBAYA

Ceritanya di sebuah desa ada seorang gadis cantik. Sebut saja namanya Siti Nurbaya. Dia mempunyai orang tua yang sangat miskin. Saking miskinnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup, kedua orangnya harus berhutang kepada seorang duda tua yang kita sebut saja namanya Datuk Maringgih. Diam-diam Datuk Maringgih menyukai Siti Nurbaya dan berkehendak untuk menikahinya. Namun Siti Nurbaya tidak mau, karena Datuk Maringgih terkenal sebagai orang yang licik.

Suatu hari jatuhlah batas tempo pembayaran hutang. Datanglah Datuk Maringgih bersama dua orang bodyguardnya ke rumah Siti Nurbaya untuk menagih hutang. Namun orang tua Siti Nurbaya tidak sanggup membayarnya hari itu. Datuk Maringgih pun menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan Siti Nurbaya.

“Ya sudah, sekarang begini saja,” kata Datuk Maringgih kepada ayahnya Siti Nurbaya.

“Bagaimana Datuk?”

“Saya akan lunasi hutang Anda tapi dengan syarat Anda harus ikut permainan saya”, jawab Datuk Maringgih.

“Permainan apa?”, tanya ayahnya Siti Nurbaya sedikit heran.

“Begini. Ini ada dua kotak korek api. Di dalamnya ada kelereng warna putih dan warna hitam. Kalau Bapak bisa memilih warna putih, maka hutang bapak akan saya lunasi. Namun, kalau terpilih warna hitam, maka bapak harus menikahkan Siti Nurbaya dengan saya. Bagaimana?”

Bapaknya siti Nurbaya terdiam sejenak. Dia tahu betul kalau Datuk Maringgih adalah orang yang licik. Dia sangat yakin kalau korek api itu berisi kelereng warna hitam dua-duanya.

“Baiklah,” kata bapaknya Siti Nurbaya, “saya ikuti permainan ini.”

……..

Nah, apa yang akan dilakukan Bapaknya Siti Nurbaya supaya bisa memenangkan permainan ini, sehingga hutangnya lunas dan anaknya tidak menikah dengan Datuk Maringgih? Hayooo…siapa yang tau ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: