PROSES KELAHIRAN BUKU HP

Teman-teman…

Aku mau sedikit cerita nih tentang proses kelahiran bukuku yang berjudul “Agar HP Bikin Kamu Masuk Surga”. Semoga bermanfa’at. Ceritanya begini…

Beberapa tahun lalu, setelah buku tulisanku yang berjudul Ngerokok Bikin Kamu “Kaya” diterima oleh penerbit, aku tertarik untuk menulis buku tentang HP. Aku tertarik untuk memberi judul yang sama , kerena menurutku judul itu memang cukup menarik. Sebab, siapa sih orangnya yang nggak pingin kaya? Tul, nggak fren?!

Sebelum menuliskannya, sempat juga aku bertanya ke teman-teman. “Kira-kira tema buku tentang apa yang bagus untuk ditulis?”, tanyaku kepada mereka. Salah seorang teman mengusulkan untuk membahas tentang HP, karena waktu itu memang HP sudah demikian menjamur. Anak SD saja banyak yang punya HP.

Mulailah aku membuat judul sementara. Waktu itu aku memberi judul sementara “Menjadi Kaya dengan HP”. Aku pun mulai membuat coret-coretan tentang apa saja yang bakalan akan aku bahas dalam bukuku ini. DAn aku juga mulai mencari berbagai referensi yang terkait dengan HP.

Seingatku, tidak sampai sebulan, aku berhasil menulis sebuah buku setebal sekitar 40 halaman. Bukunya tidak terlalu besar. Mungkin bisa dibilang buku kecil saja ukuran saku.

Buku itu aku kemudian aku fotokopi perbanyak sekitar 5 eksemplar. Yang satu aku kirim ke penerbit, sedangkan sisanya aku jual ke teman-teman. Aku berharap buku ini bisa diterima penerbit dalam waktu cepat, sebagaimana bukuku sebelumnya tentang rokok yang nggak pake lama menunggu langsung diterima penerbit.

Namun qodarulloh, beberapa hari kemudian aku mendapat telpon dari penerbit yang berisi penolakan. Katanya, penerbit belum bisa menerbitkan bukuku ini. Akupun kemudian menyimpan bukuku ini untuk sementara dan setelah itu sibuk tenggelam kembali dengan menulis tema-tema yang lain.

Beberapa bulan kemudian, aku kembali tertarik menulis buku tentang HP. Waktu itu aku memiliki ide untuk membuat buku tentang HP dengan bentuk buku mirip HP. Jadi kovernya dibikin sama dengan gambar HP. Sehingga kalau orang melihat buku itu, mereka seolah melihat sebuah HP. Dan aku membayangkan bukuku itu dijual di counter-counter HP dan ditempat penjualan pulsa.

Aku pun kembali mengotak-atik naskahku yang lama. Aku ubah bahasanya menjadi bahasa remaja aku aku menargetkan pembacaku nanti dari kalangan remaja, sekalian menasehati mereka agar tidak salah dalam menggunakan HP. Waktu itu marak berita penyalahgunaan HP oleh para remaja. Misalnya menggunakan HP untuk melihat dan menyimpan gambar-gambar porno.

Judul bukunya kemudian aku ubah menjadi “Hati-hati Kawan… HP Bisa Bikin Kamu Masuk Neraka!” Pembahasannya aku tambah, sehingga menjadi buku ukuran sedang. Aku juga membuat desain cover yang mirip gambar HP.

Setelah diedit berkali-kali -sepertinya sampai belasan kali deh- akupun kemudian mengirimkan naskah buku ini ke beberapa penerbit. Kalau tidak salah ada 4 penerbit yang aku kirimi draft naskah buku ini lewat email.

SEkitar 2 bulan kemudian, aku mendapat telpon dari sebuah penerbit. Mereka menyatakan tertarik untuk menerbitkan bukuku ini. MEreka kemudian mengirimkan draft perjanjian kerjasama.

Setelah aku baca, secara umum aku setuju dengan isi surat perjanjian yang ditawarkan. Hanya ada satu pasal yang aku kurang sreg. Isi pasal itu kurang lebih begini: Jika dalam waktu sekitar satu tahun penerbit belum menerbitkan naskah penulis, maka penerbit akan mengembalikan kembali naskah ke pENULIS. Artinya naskahku belum tentu diterbitkan. MAsih ada kemungkinan batal diterbitkan.

Oya, waktu itu aku juga coba sedikit menawar royalti penulis yang ditawarkan. Penerbit menawarkan royalti 5%. Aku coba menawar lebih dari itu. TApi katanya tidak bisa. Setelah sedikit tawar-menawar, penerbit bisa menaikkan menjadi 5,5 %. Namun aku masih bingung dengan kesepakatan yang tadi itu. Kalau aku setujui, maka aku tidak bisa menawarkan naskahku ini  ke penerbit yang lain. Dan aku belum bisa tenang, karena bisa jadi nantinya naskahku ini tidak jadi diterbitkan.

Disaat aku sedang bingung antara menyetujui atau tidak, aku mendapat telpon dari sebuah penerbit dari Jogja. MEreka tertarik juga untuk menerbitkan naskahku tentang HP ini. Setahuku penerbit ini adalah penerbit yang professional. Jika mereka sudah menerima naskah, mereka jelas akan menerbitkannya. Mereka pun menawarkan royalti lebih tinggi dari penerbit sebelumnya. Aku diberi royalti 7 %.

Alhamdulillah, beberapa waktu kemudian bukuku pun terbit. Oleh penerbit judulnya diganti menjadi AGAR HP BIKIN KAMU MASUK SURGA. Alhamdulillah juga aku sempat membedah buku ini di Lembaga Bimbel Bintang Pelajar cabang Cibinong pada acara pesantren kilat beberapa waktu lalu.

One Response to PROSES KELAHIRAN BUKU HP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: