KENAPA AKU MENULIS BUKU INI

Kayaknya hampir semua buku yang aku tulis idenya berasal dari orang-orang di sekitarku deh. Termasuk buku ini. Buku yang aku beri judul “Wahai Mahasiswa, Mau ke Mana Setelah Lulus?” idenya bahkan berasal dari kawan-kawan dekatku.

Kalau aku perhatikan, banyak kawan-kawanku yang begitu lulus kuliah sulit mendapatkan pekerjaan. Selesai wisuda merekapun bersibuk-sibuk ria mengirimkan surat lamaran ke berbagai tempat. Hanya ada beberapa yang langsung diterima tanpa harus menunggu lama. Namun jumlah mereka bisa dihitung dengan jari. Jauh lebih banyak mereka yang harus berpusing-pusing mencari kerja ke sana ke mari.

Uniknya, ana beberapa kawan yang nilai IPK-nya besar. Namun tetap saja sulit mencari kerja.

Hmmm…. Melihat realita yang seperti ini, aku pun lantas mendapatkan ide untuk menulis buku yang isinya mengingatkan para mahasiswa untuk melakukan persiapan selagi mereka masih kuliah. LEwat buku itu aku ingin menyadarkan mereka akan pentingnya sebuah persiapan. Harapanku, setelah membaca buku ini, mereka jadi tergerak untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, sebelum mereka memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. Aku inginnya mereka bisa kuliah lancar, kemudian lulus bisa bekerja di tempat yang mereka inginkan.

Seperti biasa, akupun mulai melakukan corat-coret. Aku coba pikirkan tentang apa saja yang akan aku bahas dalam buku ini nantinya. alhamdulillah, dalam waktu yang tidak terlalu lama, jadilah buku ini.

Walaupun buku ini berjudul “Wahai Mahasiswa….” tapi buku ini penting juga untuk dibaca oleh para pelajar. Sebab buku ini juga memberi sedikit pengarahan kepada para pelajar untuk tidak asal-asalan dalam memilih tempat kuliah. Dalam buku ini aku memberikan sedikit masukan kepada para pelajar dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

Namun, buku ini agak sedikit berbeda dengan bukuku yang sudah-sudah. Kalau bukuku yang lain aku terbitkan di penerbit milik orang lain, buku ini aku terbitkan sendiri di penerbitan milikku. Jadinya aku nggak usah pusing-pusing mikirin kapan bukuku bisa terbit. Paling yang sedikit aku pusingkan waktu itu ialah mencari modal untuk biaya cetak buku. Alhamdulillah ada kawan yang mau membantu memberi modal.

Dalam menuliskan buku ini -alhamdulillah- aku tidak mendapati kesulitan yang berarti. Sebab segala yang ingin aku tulis sudah terpendam lama di kepala. Tinggal ditumpahkan saja di atas kertas. Referensi pun -alhamdulillah- aku punya semua. Jadinya aku bisa selesaikan dalam waktu cepat.

Setelah selesai aku tulis, akupun melakukan editing seperti biasa. Kira-kira belasan kali aku membacanya untuk menghindari kesalahan ketik dan tanda baca. Setelah itu aku layout sendiri. Untuk kover buku, aku minta bantuan kawanku seorang desainer. Setelah draft naskah selesai, akupun kemudian mencetaknya lewat bantuan kawanku juga yang sudah malang melintang di dunia percetakan.

Dan akhirnya….Kurang lebih seminggu lamanya, buku selesai dicetak. Dan kini, buku sudah bisa dinikmati.

Ukuran  : 11 x 15.5 cm

Tebal      : 80 hal.

Harga     : Rp. 10.000,-

Bagi Anda yang masih mahasiswa atau pelajar, aku sarankan untuk membaca buku ini. Sebab, untuk kalianlah buku ini aku tulis. Insya Alloh banyak manfa’atnya.

Pingin tau apa aja isinya? Ini dia….

WISUDA: BUKAN KEGEMBIRAAN SESAAT

1. KE MANA SETELAH LULUS?

2. SEBUAH KEPUTUSAN PENTING

3. MENJADI AIR YANG CERDAS

4. JANGAN SALAH PILIH

5. BAGAIMANA MENCARI PEKERJAAN YANG MEMBUAT KITA BAHAGIA DAN SUKSES

6. SUKSES TANPA MENGANDALKAN IJAZAH

7. BEKAL MENJADI PENGUSAHA

8. LAKUKANLAH PERSIAPAN

9. SUKSES WAWANCARA KERJA

KENAPA BUKU INI PENTING UNTUK DIBACA?

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA DAN BIODATA

Demikianlah.

Wallohu a’lam.

4 Responses to KENAPA AKU MENULIS BUKU INI

  1. Angga minarto says:

    afwan kalo blh tau jika mau memliki bukanya
    gmna caranya ya?

  2. mas saya pesan 1 bisa
    hubungi kenomor ini mas 085764690652
    ansori mahasiswa IPB

Leave a Reply

