SERIAL BAITI JANNATI (JURUS KE-3)

Alhamdulillah, aku bersyukur kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala karena masih diberi kesempatan untuk melihat mentari di bulan Syawal. Aku juga bersyukur karena masih diberi jari-jemari yang sehat sehingga bisa aku gunakan untuk menuliskan hal-hal yang bermanfa’at untuk aku persembahkan kepada masyarakat.

Hmm…sungguh betapa ingin aku menuliskan semua jurus yang sudah memenuhi kepalaku. Namun apa daya, banyak hal lain yang harus aku kerjakan. Jadi ya…baru ini yang bisa aku persembahakan. Sesuatu yang sedikit dan sangat sederhana. Namun aku tetap berharap agar yang sedikit ini bisa memberikan manfaat.

Harapanku, semua jurus ini nantinya bisa aku kumpulkan menjadi buku. Setelah itu akan aku persembahkan buku itu nantinya kepada orang-orang yang berkenan untuk menerimanya. Semoga harapanku ini bisa cepat terwujud. Ya Robbi…mudahkanlah…

***

Waduh, bingung juga nih. Jurus mana ya yang enak untuk dikeluarin dulu. Sebentar sebentar….aku pikir-pikir dulu. Oya, jurus ini dulu aja deh.

Begini. Kawan-kawan yang sering fesbukan tentu pernah menuliskan sesuatu di wall fesbuknya. Atau bahkan sering bikin catatan. Nah, apa yang kawan-kawan rasakan jika ada yang memberikan apresiasi positif kepada tulisan kawan-kawan? Apa yang kawan-kawan rasakan jika ada yang nge-like tulisan kawan-kawan? Apa yang kawan-kawan rasakan jika ada yang memberi komentar positif terhadap tulisan kawan-kawan? Misalnya ada yang komentar…

“Subhanalloh…! Tulisan yang bagus!”

“Aku suka….!”

“Dasyat!”

“Wah, aku izin share ya…..”

“Yah, aku kok nggak ditag….”

….

Dll.

Tentu saja kawan-kawan akan senang, bukan?!

Nah, inilah jurus ke-3 yang bisa kawan-kawan gunakan dalam kehidupan rumah tangga. Apa itu? Berikanlah apresiasi positif kepada pasangan kita. Berilah penghargaan dan penilaian positif kepada suami/istri kita. Dengan begitu, semoga rumah tangga kita akan bahagia.

Ketika sang istri melihat suaminya sudah rapih ketika hendak berangkat ke kantor, cobalah berkata:

“Subhanalloh….gagah sekali suamiku….”

“Duuh gantengnya suamiku pagi ini! Sudah mau berangkat, mas?”

“Weisss….guanteng euy….!”

….

Atau, ketika sang suami pulang kerja sambil bawa oleh-oleh, cobalah berkata:

“Wah, ini dia nih makanan kesukaanku… Makasih ya mas….”

“Alhamdulillah. Lagi pingin makan duren, eh dibeliin….”

….

Untuk sang suami, ketika istrinya memasakkan sesuatu, cobalah berkata:

“Wow, dahsyat! Ini dia makanan kesukaanku…”

“Hmmm….lezaaaat….! Nambah lagi aaah….”

….

Atau, ketika suami pulang kerja dan melihat kondisi rumah sudah rapih, cobalah berkata:

“Istriku emang paling pandai mengurus rumah….”

….

Atau, ketika suami pulang kerja, kemudian saat melangkah ke meja makan bersama sang istri, sambil melihat makanan yang telah tersedia, cobalah berkata:

“Ini dia yang aku tunggu-tunggu….”

“Wah, kamu tau aja makanan kesukaanku….”

…..

Intinya, cobalah saling memberikan apresiasi positif kepada pasangan masing-masing di saat ada kesempatan. Jangan diam saja. Insya Alloh, keharmonisan rumah tangga akan terus berlangsung. Berani coba?

Catatan:

–          Jika kawan2 ngerasa tulisan ini bermanfa’at, silakan sebarkan ke kawan2 yang lain. Namun, kalau ngerasa nggak ada manfa’atnya, tolong beritahu aku agar aku bisa perbaiki.

–          Karena serial baiti jannati ini akan aku jadikan buku, maka aku sangat berharap masukan (kritik dan saran) dari kawan2. Terima kasih.

2 Responses to SERIAL BAITI JANNATI (JURUS KE-3)

  1. zayn says:

    aslkm bung mujianto,

    msh inget dgn sy kn,
    sekedar mskan sj, bagaimana jika “aku” diganti dgn “saya”, sy rasa lebih bgs kedengaran. lebih umum. soalnya bg sy kata “aku” banyak digunkan di puisi. dn jg terlalu peribadi klo gunkn kt “aku”, terkesan diary. klo kata “saya” lebih terkesan bersahabat dgn pembaca, seolah sdh saling kenal.

    itu aja sekedar saran. sebenarny ada lg.
    yg pasti tetap sy dukung atas tulisan bung Mujianto.

    wlkmssl wrwb.

Leave a Reply

