SERIAL BAITI JANNATI (JURUS KE-8)

Kawan-kawan yang aku cintai…

Aku ingin bertanya nih. Misalnya begini. Misalnya ada anak kecil yang melihat temannya punya sepeda baru. Kemudian si anak ini berlalu pulang ke rumahnya dan menangis sekeras-kerasnya di depan ayahnya. Tapi si anak ini Cuma menangis saja, nggak bilang kalau dia pingin dibelikan sepeda baru. Kira-kira bapaknya akan memblikannya sepeda atau tidak?

Kalau menurutku, kemungkinan besar si bapak tidak akan membelikannya. Sebab dari mana si bapak tahu kalau anaknya itu menangis karena minta dibelikan sepeda. Kecuali kalau kemudian ada yang ngasih tahu kalau si anak ini menangis karena minta dibelikan sepeda.

Nah, kawan-kawan yang dimuliakan Alloh…

Sebagaimana telah aku katakan, ada dua pelajaran yang bisa diambil dari kisah yang aku sampaikan di awal pembahasan jurus ke-7. Dan inilah pelajaran kedua itu. Jika kita ingin orang lain mengerti keinginan kita, maka kita harus menginformasikannya dengan baik. Sebab, bagaimana mungkin orang lain bisa mengerti kalau kita tidak menginginkannya. Jadi jurus ke-8 untuk melanggengkan keharmonisan dalam rumah tangga adalah “JALIN KOMUNIKASI YANG BAIK” (kira-kira tepat nggak ya nama jurusnya ? atau kawan-kawan ada masukan kata yang lebih tepat….)

Mestinya, sebelum berangkat belanja, si Budi mengatakan kepada kawan-kawannya. Misalnya begini.

“Teman-teman, aku mau berangkat beli sayur. Tolong peralatan masak di dapur dicuciin ya….”

Nah, begitu. Insya Alloh kawan-kawannya akan mengerti.

Perlu kawan-kawan ketahui  bahwa komunikasi yang tidak berjalan baik dalam sebuah keluarga, bisa memicu tumbuhnya bibit-bibit kebencian dalam diri masing-masing anggota keluarga. Bila bibit-bibit ini dibiarkan tumbuh, maka dia akan tumbuh membesar dan suatu ketika bisa menghancurkan bangunan rumah tangga. Oleh karena itu, jika kita ingin rumah tangga kita bahagia, JALINLAH KOMUNIKASI YANG BAIK!

Misalnya begini. Misalnya ada seorang suami yang senang kalau istrinya di rumah berpakaian A, dan dia tidak suka jika istrinya berpakaian B. Maka tidak ada salahnya jika si suami langsung mengatakannya kepada sang istri.

“Kamu lebih cantik kalau pake pakaian A….”

“Aku lebih senang kalo di rumah kamu pake pakaian A. Jadi lebih kelihatan gimanaaa gitu….”

Kalau si suami hanya diam saja. Bagaimana mungkin istrinya tahu kemauannya.

Para istri pun hendaknya melakukan hal yang sama.  Misalnya dia merasa jenuh di rumah dan pingin sekali waktu pergi rekreasi ke puncak atau ke pantai. Maka tidak ada salahnya untuk berkata terus terang.

“Mas, kalau ada rezeki, gimana kalo kita jalan-jalan ke puncak. Sekalian kita tadabur alam.”

“Mas, emangnya nggak ngerasa jenuh di kantor? Kita jalan-jalan ke pantai yuk…!”

Oya, aku jadi teringat dengan cerita seorang kawan. Suatu hari dia bercerita kisah pengalaman rumah tangganya kepadaku. Katanya, istrinya kalo di rumah selalunya pakai model pakaian yang dia kurang suka. Kawanku itupun kemudian berkata kepada istrinya kalau dia lebih suka istrinya pakai pakaian begini dan begitu. Ternyata jawaban istrinya begini.

“Lho, aku kira mas suka aku pakai pakaian begini….”.

Kemudian istrinya pun mengubah pakaian rumahnya. Dan Alhamdulillah kehidupan rumah tangga mereka baik-baik saja hingga kini. Istrinya semakin sayang kepadanya, dan diapun semakin sayang kepada istrinya.

Nah, pelajaran berharga nih buat para pasutri. Terkadang, kita menyangka orang lain akan suka jika kita berbuat begini dan begitu. Ternyata justru sebaliknya. Makanya, komunikasi yang baik memang mutlak dibutuhkan dalam rumah tangga jika ingin keharmonisan rumah tangga tetap terjaga.

  • Jika sang istri ingin saat malam hari duduk mesra berdua bersama suaminya di atas genteng sambil memandangi bintang-bintang, ya katakan saja….
  • Jika sang suami ingin makan sepiring berdua bersama istrinya sambil suap-suapan, ya katakan saja….

 

Intinya, jalin komunikasi yang baik. Jangan berharap orang lain mengerti keinginan kita, jika kita tidak mau mengatakannya.

Demikianlah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: