SERIAL BAITI JANNATI (JURUS KE-9)

Jurus ke-9 ini aku dapat ketika aku sedang mencuci piring di dapur. Saat aku sedang asyik mengembalikan keindahan tumpukan piring dan gelas kotor bekas ifthor, tiba-tiba aku teringat sebuah penggalan hadits Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa Sallam. Bunyi haditsnya begini….

“Mudahkanlah, jangan kalian persulit!”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dan inilah jurus ke-9 yang ingin aku sampaikan pada kesempatan kali ini. Sebuah jurus yang mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, jurus ini bisa memberikan pengaruh yang luar biasa untuk melanggengkan keharmonisan dalam rumah tangga. Jurus ke-9 adalah: BERILAH KEMUDAHAN KEPADA PASANGAN ANDA!

Bagaimana contoh praktisnya?

Begini. Jika suami Anda biasa pulang kantor jam 8 malam, maka cobalah sebelum jam 8 Anda sudah bersiap-siap di depan pintu gerbang untuk membukakan gerbang agar suami Anda bisa memasukkan motornya dengan mudah tanpa harus turun dari motor dan mendorong gerbang terlebih dahulu.

Kemudian, jika istri Anda setiap hari mencuci pakaian secara manual, dan Anda melihatnya agak sedikit kerepotan dan cukup membuatnya lelah, maka alangkah indahnya Anda menghadirkan mesin cuci di rumah untuk memudahkan kerja istri Anda tercinta.

Nah, ini hanya contoh kecil saja. Silakan dikembangkan sendiri. Intinya, saling memberi kemudahan. Insya Alloh dengan begitu, rumah tangga Anda akan terasa indah.

Kawan-kawanku yang aku cintai…

Hal-hal yang seperti ini terkadang dianggap remeh oleh sebagian orang. Hingga tak jarang, bisa menimbulkan rasa-rasa yang tidak diinginkan.

Ada seorang kawan yang bercerita kepadaku. Kurang lebih ceritanya begini.

“Kadang ada saja hal-hal remeh yang menyulut api pertengkaran dalam rumah tangga. Misalnya saja aku kadang suka kesal kalo pas aku pulang kantor, istriku lama bukain pintu gerbang. Sehingga kemudian aku jadi sedikit marah kepadanya….”

Jadi, sekali lagi, saling memudahkanlahlah, niscaya kehidupan rumah tangga kita akan bahagia. Sebab, setiap orang tentu akan senang jika urusannya dipermudah. Begitupun dengan pasangan kita di rumah.

Kemudian sebaliknya, jangan mempersulit. Karena orang yang mempersulit urusan orang lain, akan dibenci banyak orang. Anda tentu tidak ingin dibenci oleh pasangan Anda, bukan?

Jadi, ingatlah selalu hadits Rosululloh…

“Mudahkanlah, jangan kalian persulit!”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Wallohu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: