SERIAL BAITI JANNATI (JURUS KE-18)

Kawan-kawan yang aku cintai karena Alloh….

Takukah kalian bahwa saat akad nikah dilafazkan oleh kedua mempelai, maka saat itu juga peluit tanda pertandingan dimulai pun telah dibunyikan. Ya, peluit sebuah pertandingan. Pertandingan antara pasutri dengan sepasukan setan yang selalu berusaha untuk membuat bahtera rumah tangga karam di tengah lautan.

Kawan…

Mari aku ajak engkau menyimak sebuah hadits Rosululloh yang akan membukakan matamu bahwa betapa setan itu memang sangat ingin membuat kehidupan rumah tanggamu berantakan. Mari kita simak bersama…

Disebutkan dalam hadis sahih dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, Nabi ‘alaihish shalatu was salam bersabda,  Sesungguhnya, singgasana iblis berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya. Di antara mereka, ada yang melapor, ‘Saya telah melakukan godaan ini.’ Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa-apa.’ Datang yang lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia telah bepisah (talak) dengan istrinya.’ Kemudian, iblis mengajaknya untuk duduk di dekatnya dan berkata, ‘Sebaik-baik setan adalah kamu.’ (H.R. Muslim, no. 2813)

 

Nah, sekang engkau sudah tahu kan kalau setan itu memang musuh yang nyata bagi kita. Maka marilah kita persiapkan diri untuk menghadapinya. Dan pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan sebuah jurus yang mudah-mudahan bisa berguna untuk digunakan bertarung melawan setan.

Jurus ini terinspirasi oleh sebuah pertandingan sepak bola. Kalian semua tentu pernah melihat pertandingan sepak bola, kan? Kira-kira tim sepak bola seperti apa yang akan bisa memenangkan pertandingan? Tentu saja, TIM TANGGUH lah yang akan bisa memanangkan pertandingan. Adapun tim yang lemah, hanya akan menjadi bulan-bulanan lawannya (Ya, misalnya saja tim kesebelasan kampung melawan Barcelona FC. Kira-kira apa yang akan terjadi? Kemungkinan  besar akan terjadi hujan gol, kan?).

Jadi, inilah jurus yang bisa kita gunakan untuk memang dalam pertarungan melawan setan. JADILAN TIM YANG TANGGUH ! JADILAH PASANGAN SUAMI ISTRI YANG KUAT !

Mungkin ada yang bertanya: Bagaimana caranya menjadi tim yang tangguh ? Bagaimana caranya menjadi pasangan suami istri yang kuat ?

Begini. Sebuah tim sepak bola, untuk menjadi tim yang tangguh dan kuat, minimal ada dua faktor yang paling berpengaruh. Pertama faktor pelatih, dan kedua faktor pemain. Jika suatu tim sepak bola dilatih oleh seorang pelatih yang bagus, kemudian pemainnya pun bagus-bagus, maka –insya Alloh—tim ini akan menjadi tim hebat yang akan mempu menggilas setiap lawan-lawannya di lapangan hijau.

Nah, sama halnya dengan rumah tangga. Agar pasutri bisa menjadi pasangan yang tangguh, kuat, dan hebat, maka mereka harus mau mendatangkan seorang “pelatih” yang bagus untuk melatih mereka. Kemudian mereka pun harus mau mengubah diri mereka menjadi “pemain” yang bagus.

Siapakah pelatih terbaik di atas permukaan bumi ini yang bisa membawa sepasang suami istri memenangkan pertandingan melawan setan? Jawabannya jelas. Tidak ada pelatih terbaik di kolong jagat ini selain Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa Sallam. Beliaulah pelatih itu. Beliaulah suri tauladan terbaik bagi siapa saja yang ingin meraih kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS al-Ahzaab:21).

 

Maka, jika ingin menang melawan setan, setiap pasutri harus mau mendatangkan beliau ke rumah-rumah mereka. Mereka harus mau menjadikan beliau sebagai pelatih di tengah-tengah mereka. Ini langkah yang pertama.

Kemudian langkah yang kedua, mereka harus mau mengubah diri-diri mereka menjadi pemain yang bagus.     Kalau dalam pertandingan sepak bola, untuk menjadi pemain yang bagus minimal ada tiga hal yang harus dilakukan.

Pertama, mengetahui bagaimana cara bermain bola.

Kedua, sering latihan.

Ketiga, mau mematuhi instruksi dari pelatih.

Minimal tiga hal ini yang harus ada dalam setiap pemain sepak bola untuk menjadi pemain yang bagus. Begitupun halnya dengan pasutri. Untuk menjadi pasutri yang bagus, maka:

Pertama, mereka harus mengetahui bagaimana cara membina rumah tangga yang baik. Untuk itu mereka harus banyak belajar. Hendaknya mereka menjadikan kaidah “Ilmu sebelum berkata dan berbuat” terpatri kokoh di dalam sanubari mereka. Jadi, sebelum berumah tangga, alangkah baiknya mereka belajar tentang hak dan kewajiban suami istri. Kemudian setelah menikah, mereka pun terus belajar untuk menambah pengetahuan mereka. Mereka harus banyak-banyak membaca dan mengkaji buku-buku yang membahas tentang kiat mengharmoniskan kehidupan rumah tangga. Mereka juga harus mau melangkahkan kaki mereka ke majelis ilmu untuk menyehatkan rohani mereka.

Kedua, mereka harus banyak-banyak berlatih mempraktekkan ilmu yang sudah mereka pelajari. Setiap dapat ilmu langsung dipraktikkan. Insya Alloh dengan begitu mereka akan menjadi seorang “pemain” yang hebat.

Ketiga, mereka harus mau mematuhi instruksi dari pelatih, baik di luar lapangan, terlebih lagi di dalam lapangan. Sebab apa jadinya jika para pemain sepak bola tidak mau mematuhi instruksi dari pelatihnya. Niscaya mereka akan berantakan dan mudah sekali dikalahkan lawannya.

Demikianlah jurus yang ke-18 ini. Semoga bisa dipahami dengan baik. Dan kita memohon kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala agar bisa menang melawan setan, sehingga kita bisa tetap berkumpul bersama keluarga di atas bahtera rumah tangga, hingga akhirnya bahtera itu bisa berlabuh dengan manisnya di pulau kebahagiaan, Surga Firdaus yang tertinggi. Amiin ya Alloh ya Robbal ‘aalamiin.

NB.

Bagi kawan-kawan yang ingin mendapatkan penjelasan rinci tentang cara melawan setan, silakan baca di: https://pustakalaka.wordpress.com/2011/10/05/jihad-melawan-setan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: