OBAT AWET MUDA (BAG-3, SELESAI)

Ada sebuah ibadah dalam Islam yang sangat mudah dilakukan, namun memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kesehatan. Apa itu? Yup, benar sekali: TERSENYUM!

Islam memerintahkan ummatnya untuk menjadi ummat yang ceria dan bermuka manis. Islam tidak menginginkan ummatnya menjadi ummat yang murung dan bermuka masam alias cemberut. Oleh karena itu, melalui lisan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kita sebagai ummat Islam diperintahkan untuk bermuka manis ketika berjumpa dengan orang lain.

Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria”. (HSR Muslim (no. 2626).)

Bahkan Rasulullah Shallallahu a’alaihi wa Sallam mengatakan bahwa tersenyum merupakan sedekah. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

تبسُّمك في وجه أخيك لك صدقةٌ

 “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu”. (HR. at-Tirmidzi (no. 1956), Ibnu Hibban (no. 474 dan 529) dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban rahimahullah, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani rahimahullah dalam “ash-Shahihah” (no. 572))

Dan Beliau Shallallahu ‘alaihi wa Sallam adalah orang yang murah senyum.

Dan Jarir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia  berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum”.

 

Dapat Apa dengan Seyum?

Besar sekali manfaat yang bisa kita dapat dengan tersenyum, baik manfaat di dunia maupun di akhirat. Untuk manfaat akhirat, cukuplah hadits Rasulullah di atas tadi sebagai buktinya. Rasulullah Menampakkan wajah ceria dan berseri-seri ketika bertemu dengan seorang muslim akan mendapatkan ganjaran pahala seperti pahala bersedekah. Kita tentu tahu sendiri kan betapa besarnya pahala sedekah?

Disamping itu kita juga mengatahui bahwa menampakkan wajah manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia. Dan melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagianya hati seorang muslim adalah suatu kebaikan dan keutamaan. Bahkan pahalanya sangat besar, yaitu mendapatka kecintaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

ﻭﺃﺣﺐ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰﻭﺟﻞ ﺳﺮﻭﺭ ﻳﺪﺧﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﻠﻢ

“Dan amalan yang paling dicintai Allah adalah kegembiraan  yang seseorang masukkan ke dalam hati seorang Muslim”. (HR. Thobroni; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shohihah, no. 906)

Lalu, apa manfaat dunia yang akan kita dapat dengan tersenyum? Banyak sekali! Diantaranya kita akan disenangi oleh banyak orang, dan juga –sebagaimana telah aku katakan di awal- kita akan mendapatkan kesehatan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Kalau tidak percaya, silakan cari sendiri di internet. Banyak kok!

>>> Manfaat Senyum untuk Kesehatan

Berikut ini aku kutipkan sebuah artikel tentang manfaat senyum bagi kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa semakin membuat kita yakin bahwa SENYUMAN memang bisa memberikan pengaruh yang luar biasa. Nih, simak nih…

Senyum itu dapat:
1. Menghilangkan Stress
Pekerjaan yang menumpuk dengan waktu yang terbatas, pasti bikin kamu stress. Belum lagi kalo ada masalah pribadi. Cobalah untuk luangkan waktu sebentar. Rilekskan diri, praktekan senyum yang baik, lupakan sejenak masalah yang bikin kamu stress, ingat dan kenanglah masa-masa yang menyenangkan buat kamu.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Kalo kamu mengalami gejala-gejala yang menampakkan bahwa kamu sedang bertekanan darah tinggi, cobalah untuk tersenyum yang baik, nikmati setiap detik demi detiknya. Tapi kalo kamu masih kurang yakin dengan pernyataan ini, kamu bisa coba untuk mengamati hasil tekanan darah kamu sebelum dan sesudah tersenyum.
3. Membuat Awet Muda
Tahukah kamu saat kita tersenyum, ternyata tubuh kita sedang mengaktifkan kembali sel-sel yang pasif ? Menurut penelitian, Orang yang lebih banyak meluangkan waktu untuk tersenyum mempunyai aura yang positif dan nampak lebih energik. Sehingga dengan begitu, kamu dapat terlihat lebih muda.
4. Meningkatkan Imunitas
Sistem imun akan bekerja dengan maksimal, saat keadaan seseorang lebih rilkes. dan senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Flu dan batuk pun bisa hilang dengan teraphy senyum.
5. Melepas Endorphin, Pemati Rasa Alamiah dan Serotonin
Tahukah kamu hormon endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin?? ketiganya adalah hormon yang dapat mengendalikan rasa sakit, dan ternyata senyum dapat menghasilkan hormon-hormon tersebut. Subhanallah…
6. Membuat Positive Thinking
Senyum adalah milik orang-orang yang ber-aura positive, sehingga saat kamu tersenyum semua yang positive akan nampak. Dari situlah kamu akan mendapatkan banyak ide cemerlang dan berbagai hal positive yang pasti akan membuat kamu jauh lebih baik.
Dan tahukah kamu, bahwa kesembuhan yang utama dapat diraih seseorang dengan semangat hidup yang tinggi, dan semua itu dapat kamu peroleh dari sebuah senyuman. Sangat simple kan??
Nah, mulailah dari sekarang untuk melakukan terapi senyum setiap saat dalam kehidupan kamu, banyak manfaat baik dan juga buat kesehatan kamu. Selamat mencoba untuk tersenyum, senyum terindah di dunia setiap hari agar lebih sehat dan bahagia. (Sumber: http://baru1.com/manfaat-senyum-untuk-kesehatan-tubuh/ dalam http://she-fha.blogspot.com/2011/05/manfaat-senyum-untuk-kesehatan-tubuh.html).

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat. Wallohu a’lam.

Wassalam.

 

Bogor, 17 November 2011

Menjelang Subuh, 03: 54

Muhammad Mujianto Abdul Jabbar Al-Batawie

 

Bahan bacaan:

http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/keutamaan-tersenyum-di-hadapan-seorang-muslim.html

http://salafiyunpad.wordpress.com/2010/06/09/keutamaan-tersenyum-di-hadapan-seorang-muslim/

 

 

 

 

One Response to OBAT AWET MUDA (BAG-3, SELESAI)

  1. Andhika says:

    Terimakasih atas senyumannya, tips sederhana tapi SANGAT TIDAK RUGI untuk melakukannya. Kunjungi juga blog saya tentang obat2 herbal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: