APA BEDANYA, SIH?

Ketika kita membaca Al-Qur’an atau Hadits, tentu kita tidak asing lagi dengan kata-kata yang diawali oleh huruf ALIF-LAM (ال). Kira-kira apa fungsinya ya? Apa bedanya dengan yang tidak ada ALIF-LAM-nya ?

Misalnya, apa bedanya kata “صراط مستقيم” dan “الصراط المستقيم”. Keduanya memiliki makna yang sama , yaitu JALAN YANG LURUS. Namun, apa bedanya?

 

Untuk mengetahui bedanya, tentu saja kita harus belajar bahasa Arab. Sebab penjelasannya ada dalam ilmu bahasa Arab. Terutama dalam ILMU NAHWU.

Namun, sedikit berbagi faidah, saya akan menjelaskan kepada kawan-kawan beberapa fungsi ALIF-LAM yang ada dalam sebuah kata.

Diantara fungsi ALIF-LAM adalah untuk:

1. Menunjukkan arti SELURUH

الحمد لله        (SELURUH pujian)

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ       (SELURUH manusia sungguh berada dalam kerugian)

 

2. Untuk menunjukkan JENIS.

الرجل أقوى من المرأة (Laki-laki lebih kuat dari wanita). Jadi, tidak menunjukkan semua, hanya menunjukkan JENIS LAKI-LAKI. Sebab, ada juga wanita yang lebih kuat dari laki-laki.

 

3. Menunjukkan sesuatu yang sudah jelas orang/bendanya.

 

جاء رجلٌ، الرجل جميلٌ (Telah datang seorang laki-laki. LAKI-LAKI ITU (maksudnya laki-laki yang datang) ganteng.

 

4. DLL.

Bagaimana cara membedakannya? Ya, dilihat dari konteks kalimatnya.

Trus, apa bedanya dengan yang tidak ada ALIF-LAM?

Kalau yang ada ALIF-LAM dinamakan ISIM MAKRIFAT. Sedangkan yang tidak ada ALIF-LAM disebut ISIM NAKIROH.

Nah lho, apaan tuh ISIM MAKRIFAT & ISIM NAKIROH?

Penjelasan lengkapnya ada dalam ilmu Nahwu. Namun ringkasnya begini.

ISIM MAKRIFAT adalah isim yang penunjukkan bendanya sudah jelas. Sedangkan ISIM NAKIROH kebalikannya.

Misalnya contoh di atas tadi.

جاء رجلٌ (Telah datang seorang laki-laki. Masih umum, belum tertentu laki-laki yang dimaksud)

الرجلُ جميل (Laki-laki itu. Sudah jelas laki-laki yang dimaksud, yaitu laki-laki yang datang itu)

Gimana, pusing?

Makanya, belajar bahasa Arab he…he…….

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 03 Oktober 2012

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: