DUA YANG HARUS ADA (Serial STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB_Bag 7)

Menurut saya, ada dua hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menguasai sebuah bidang ilmu. Bidang ilmu apapun, tidah hanya bahasa Arab. Kalau dua hal ini sudah dimiliki, insya Allah ilmu yang ingin dikuasai nantinya akan mudah untuk dipelajari dan difahami. Yang pertama adalaha MOTIVASI, sedangkan yang kedua adalah METODE.

Namun, lagi-lagi menurut saya, dari kedua hal penting ini, MOTIVASILAH yang paling berperan dalam mengantarkan seseorang ke bidang ilmu yang hendak dia kuasai. Sebab, jika seseorang sudah memiliki motivasi kuat untuk meraih sesuatu, maka biasanya dia akan mengerahkan segala daya dan upaya untuk bisa meraih sesuatu itu. Dia akan mencari dan menempuh berbagai cara dan metode untuk bisa meraihnya. Berbeda halnya dengan orang yang motivasinya lemah. Meskipun dia sudah tahu metode yang tepat untuk meraih sesuatu, belum tentu dia nantinya bisa berhasil untuk meneruskan perjalanannya dalam belajar. Bisa jadi, hanya dengan mendapatkan hambatan sedikit saja, diapun menyerah di tengah jalan.

Saya punya teman yang dia itu tidak terlalu pandai bahasa Inggris. Ketika lulus kuliah, dia pingin melamar ke sebuah perusahaan yang cukup besar. Namun, perusahaan itu menyaratkan kemampuan bahasa Inggris bagi karyawannya. Akhirnya, karena didorong keinginan kuat untuk bisa diterima di perusahaan itu, kawan saya itupun kemudian ikutan kursus bahwa inggris yang biayanya cukup lumayan mahal dan lokasinya pun lumayan jauh. Namun, demi untuk bisa bahasa Inggris, dia lakukan juga. Hingga akhirnya dia bisa diterima di perusahaan itu.

Saya juga punya teman yang punya keinginan kuat bisa bahasa Arab. Semangatnya begitu menggelora. Setiap ada pelatihan dia ikuti. Namun, karena metode yang dia pakai tidak tepat, maka hingga beberapa tahun lamanya belajar, tetap tidak bisa-bisa.

Jadi intinya, jika kita ingin bisa bahasa Arab, maka tumbuhkan dulu motivasi yang kuat dari dalam diri kita untuk bisa bahasa Arab. Caranya gimana? Ya pokoknya cari segala hal yang bisa membuat kita terdorong untuk mau belajar bahasa Arab. Bisa dengan mengetahui manfaat dan hukum belajar bahasa Arab, atau lainnya. Atau, kalau menurut saya, yang paling bagus, Anda cari orang yang mau memberi Anda uang 100 juta jika Anda bisa bahasa Arab. Saya yakin, Anda bakalan langsung bangkit melesat untuk belajar bahasa Arab. Tapi kira-kira, ada nggak ya orang yang mau ngasih…..he…he….. Kalau ada kasih tau saya ya..?

Trus, cari metode yang paling efektif untuk Anda gunakan dalam belajar bahasa Arab. Coba cari informasi dari orang-orang yang sudah bisa bahasa Arab. Tanyakan kepada mereka. Korek informasi sebanyak mungkin dari mereka. Bila perlu, minta ceritakan pengalaman mereka belajar bahasa Arab. Minta mereka ceritakan suka duka mereka selama belajar bahasa Arab. Insya Allah Anda nanti akan mendapatkan cerita menarik disana.

Jika, Anda ingin mendapatkan sedikit masukan dari saya tentang metode yang efektif dalam belajar bahasa Arab, silakan panteng terus di blog http://pustakalaka.wordpress. Insya Allah akan saya update terus selama modem masih ada pulsanya he…he….

Barangkali itu saja. Semoga bermanfaat.

Selamat berlajar bahasa Arab!

 

Bogor, Jum’at 5 Oktober 2012

Teras Masjid At-Taqwa, Bukit Asri Ciomas Bogor

Muhammad Mujianto Al-Batawie.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: