JIKA KITA TAHU (SERIAL STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB_BAG 8)

Saya sungguh sangat percaya, jika kita tahu cara yang tepat untuk melakukan sesuatu, insya Allah kita akan dengan mudah untuk menyelesaikan sesuatu yang ingin kita lakukan itu. Misalnya saja kita ingin mengupas kelapa tua. Kita akan dengan mudah mengupasnya jika tahu caranya. Anda tahu kan caranya?

Caranya begini. Ayunkan golok dengan arah tegak lurus ke arah kelapa. Arahnya vertikal. Kemudian kulit kelapa dicungkil dengan ujung golok. Lakukan terus demikian hingga semua kulit kelapa terkelupas dari batok kelapa.

Berbeda halnya dengan mengupas kelapa muda. Golok kita arahkan menyamping. Ya, mirip-mirip orang nebang pohon lah. Jadi intinya sekali lagi, jika kita tahu cara yang tepat untuk melakukan sesuatu, insya Allah kita akan dengan mudah untuk menyelesaikan sesuatu yang ingin kita lakukan itu.

Namun, tahu cara saja belum cukup. Harus ada satu hal lagi untuk mendukung kita melakukan apa yang kita inginkan. Apa itu? Alat yang tepat untuk melakukannya.

Coba bayangkan Anda diberi gunting kuku untuk memotong kelapa tua. Saya yakin, sampai botak pun Anda tidak akan pernah bisa mengupas kelapa itu.

Nah, terkait dengan bahasa Arab, jika kita ingin mempelajarinya sendiri, maka kita minimal harus punya dua hal yang saya sebutkan di atas tadi. Yang pertama, kita harus tahu bagaimana cara belajar bahasa Arab yang efektif untuk orang yang ingin mempelajarinya sendiri. Kemudian yang kedua, kita harus punya sarana yang tepat dalam belajar. Misalnya kita harus punya buku-buku panduan yang cocok untuk dipelajari sendiri.

Kalau cara yang tepat dalam belajar bahasa Arab sendiri, saya pribadi belum pernah mendapati tulisan yang membahas hal itu secara detail. Sehingga saya pun tergerak untuk berbagi pengalaman tentang belajar bahasa Arab sendiri tanpa bimbingan guru secara langsung. Kemudian, sayapun belum mendapati buku panduan yang cocok untuk dipelajari sendiri. Semua buku panduan bahasa Arab yang pernah saya beli sepertinya tetap harus diajarkan oleh seorang guru. Minimal setengahnya. Makanya, sayapun tergerak untuk menyusun minimal 8 kitab panduan bahasa Arab yang khusus saya tujukan untuk mereka yang ingin menguasai bahasa Arab dasar tanpa harus keluar rumah. Artinya, kitab yang saya susun itu bisa dipelajari sendiri di rumah masing-masing bersama keluarga. Jika ada yang belum dimengerti bisa ditanyakan kepada saya dengan berbagai sarana (Infonya bisa dilihat di https://pustakalaka.wordpress.com).

Namun, intinya adalah: Jika Anda ingin bisa bahasa Arab, namun Anda belum berkesempatan untuk belajar di sebuah pondok pesantren, atau tidak ada uang untuk ikutan kursus bahasa Arab, tidak ada guru bahasa Arab di dekat rumah Anda yang mengajarkan bahasa Arab secara gratis, maka Anda tidak perlu bersedih hati dan putus asa. Banyak cara untuk belajar, sebagaimana banyak jalan menuju Mekah. Tinggal Anda cari informasi tentang cara yang tepat untuk belajar bahasa Arab sendiri, Anda cari sarana yang tepat untuk belajar bahasa Arab sendiri. Anda bisa gunakan fasilitas internet untuk mendapatkan kedua hal ini.

Dan ingat selalu kata pepatah Arab. Man jadda wajada. Siapa yang sungguh-sungguh, maka dia akan berhasil. Insya Allah. Selamat mencoba!

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Bogor, Jum’at 5 Oktober 2012

Ba’da Isya yang dingin

Muhammad Mujianto al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: