HARUSKAH DENGAN UANG ? (Serial STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB)

Mengingat pentingnya MOTIVASI & METODE dalam belajar, makanya saya selalu menyampaikan kedua hal ini setiap awal memulai mengajar kelas bahasa Arab dasar. Bahkan tidak hanya di awal. Di setiap ada kesempatan selalu saya ingatkan. Saya selalu ulang-ulang perkataan “Jika kita ingin sukses dalam belajar bahasa Arab, maka tumbuhkan motivasi yang kuat dari dalam diri kita untuk mau belajar, dan cari metode yang efektif untuk mempelajarinya”.

Namun hingga saat ini saya masih belum bisa memberikan masukan tentang apa yang kira-kira bisa membuat seseorang yang awalnya belum punya motivasi kuat agar mau untuk terus bersemangat dalam belajar. Pernah suatu ketika saya meminta kepada murid-murid saya (yang semuanya mahasiswa, bahkan sebagiannya sedang S2) untuk mencari artikel di internet tentang keutamaan belajar bahasa Arab dan hukum belajar bahasa Arab. Saya minta mereka print, kemudian mereka baca. Namun tetap saja hal ini belum terlalu ampuh untuk memotivasi mereka. Hanya beberapa saja yang tetap bertahan hingga masuk kelas lanjutan. Sisanya berguguran satu demi satu.

Sepertinya, terkait masalah motivasi urusannya dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Sehingga untuk kelas bahasa Arab dasar yang baru beberapa hari lalu dimulai, saya hanya memberikan sedikit masukan. Diantaranya saya menyarankan mereka untuk coba cari tahu tentang manfaat belajar bahasa Arab serta hukumnya juga. Harapan saya mereka nantinya jadi lebih bersemangat.

Sebenarnya ada satu cara yang sudah terbukti cukup efektif untuk membuat seseorang jadi terus semangat belajar bahasa Arab. Yaitu dengan uang. Pernah iseng-iseng saya tanyakan kepada murid-murid saya:

“Kalo kalian bayar pelatihan ini 100 juta kira-kira bakalan semangat nggak belajarnya?”

Mereka sepakat memberi jawaban “Tentu saja…..”.

Tapi, masak sih harus dengan uang. Trus gimana dong dengan orang yang nggak punya uang.

Ya, kalau dibilang harus sih nggak juga. Tapi demikianlah kenyataannya. Uang ternyata sanggup untuk mendorong orang agar bisa semangat dalam belajar.

Kawan saya pernah membuka pelatihan kelas bahasa Arab. Kalau tidak salah pelatihannya tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, di kelasnya dia buat peraturan. Diantaranya, jika ada yang terlambat tanpa pemberitahuan denda 5 ribu, jika ada yang tidak mengerjakan PR denda 5 ribu,…….dll (dan lupa lagi…he3…). Dan hal ini terbukti berhasil. Peserta pelatihan jadi semangat dalam belajar.

Saya pun pernah mencobanya. Di sebuah kelas bahasa Arab yang saya asuh saya terapkan peraturan yang agak mirip. Saya bikin peraturan begini. Bagi yang tidak mengerjakan PR denda 5 ribu, yang telat datang tanpa pemberitahuan denda 5 ribu, yang tidak bisa jawab pertanyaan saat muroja’ah denda 5 ribu. Dan Alhamdulillah banyak yang kemudian jadi lebih semangat dalam belajar. Ketika saya beri pertanyaan, mereka rata-rata bisa menjawabnya.

Tapi sekali lagi saya katakan, bahwa terkait motivasi memang kembali kepada pribadi masing-masing. Saya punya teman yang sangat semangat belajar bahasa Arab, hingga akhirnya dia jadi mahir. Kenapa dia begitu semangat? Rupanya dia bercita-cita untuk kuliah di Universitas Islam Madinah. Sehingga dia jadi semangat menguasai bahasa Arab agar bisa lolos seleksi masuk ke sana.

Teman saya yang lain lagi tak kalah semangatnya. Bahkan dia sempat cuti kuliah setahun untuk mondok di sebuah pondok pesantren. Apa alasannya? Karena dia ingin bisa membaca dan memahami kitab-kita para ulama.

Jadi, saya kembalikan kepada pribadi Anda masing-masing. Coba cari segala sesuatu yang bisa mendorong Anda untuk mau terus belajar bahasa Arab hingga bisa. Semoga kita semua terus diberi semangat untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bermanfaat. Amiin.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

Cikarang, Ahad 7 Oktober 2012

Ba’da Isya di rumah mertua

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

 

Leave a Reply

