MEMAHAMI BAHASA ARAB DALAM SEKEJAP

Sudah pernah saya katakan bahwa diantara fenomena yang sering terjadi pada orang-orang yang baru belajar bahasa Arab adalah “berhenti di tengah jalan”. Banyak yang tidak sampai selesai mempelajari sebuah kitab. Baru setengah kitab atau lebih sedikit, tiba-tiba harus berhenti. Dan ini adalah sebuah fenomena umum yang terjadi di mana-mana.

Fenomena ini umumnya terjadi pada orang-orang yang tidak memfokuskan diri belajar bahasa Arab di sebuah pesantren. Jadi, mereka belajar bahasa Arab di sela-sela aktivitas rutin yang mereka lakukan sehari-hari. Seperti bekerja di kantor, berdagang di pasar, mengajar di sekolah, atau mengurus rumah tangga (bagi ibu-ibu rumah tangga). Biasanya mereka belajarnya hanya beberapa pertemuan dalam seminggu. Sekali pertemuan sekitar satu atau dua jam.

Maka wajar kiranya jika kemudian ada di antara mereka yang tidak bisa menyelesaikan pelajaran hingga selesai. Sebab kesibukan orang beda-beda. Ada yang memang super sibuk sehingga mereka merasa tidak ada waktu lagi untuk belajar bahasa Arab.

Murid-murid saya pun tidak sedikit yang seperti itu. Mereka awalnya semangat datang belajar di kelas. Tapi kemudian berguguran satu demi satu dengan berbagai alasan. Diantaranya karena alasan tugas kuliah yang menumpuk. Maklumlah, kebanyakan murid-murid saya  adalah para mahasiswa.

Melihat hal ini, dan seringnya hal ini terjadi, maka pernah suatu ketika saya berkata kepada mereka.

“Tidak mengapa kalian tidak selesai belajarnya. Tidak mengapa kalian jarang hadir di kelas. Namun saya ingin, sebelum kalian berhenti, kalian sudah mengerti arah pembelajaran bahasa Arab. Sehingga duduknya kalian di sini tidak sia-sia…”.

Demikian kurang lebih ucapan saya kepada mereka. Kemudian, saya pun memberikan sedikit penjelasan kepada mereka tentang arah pembelajaran bahasa Arab. Harapan saya, dengan memahami arah pembelajaran bahasa Arab, mereka jadi memiliki bekal untuk bisa meneruskan pelajaran sendiri nantinya. Walaupun mereka tidak bisa hadir di kelas atau tidak belajar langsung di hadapan seorang guru, namun mereka sudah tahu jalan yang harus ditempuh saat mereka memutuskan untuk belajar bahasa Arab sendiri di rumah masing-masing.

Dan inilah penjelasan saya kepada mereka. Saya sampaikan juga di sini agar kawan-kawan semua bisa mengambil faidahnya juga.

>>> Target Utama

Ketika kita belajar bahasa Arab, atau bahasa asing lainnya, tentunya target terpenting yang seharusnya kita raih adalah agar kita bisa memahami sebuah INFORMASI dalam bahasa Arab. Ya, MEMAHAMI sebuah INFORMASI dalam bahasa Arab. Baik INFORMASI yang kita dengar, maupun INFORMASI yang ingin kita sampaikan. Baik INFORMASI lewat lisan maupun tulisan. Intinya kita faham sebuah INFORMASI. Inilah diantara target terpenting yang harus kita fokus dalam mencapainya.

Setelah kita fahami ini, maka sekarang coba perhatikan baik-baik. Kira-kira INFORMASI yang kita dapat atau yang ingin kita sampaikan itu berupa apa? Hayo, ada yang tahu? Yup, benar sekali! Infomasi itu berupa KALIMAT. Tentunya KALIMAT DALAM BAHASA ARAB, karena sekarang kita sedang membicarakan bahasa Arab.

Nah, berarti sekarang semakin jelas tentunya, bahwa dalam belajar bahasa Arab kita harus fokus pada cara membuat sebuah kalimat. Jika kita sudah bisa membuat sebuah kalimat sempurna dalam bahasa Arab (yang bisa kita fahami dan bisa juga difahami oleh orang lain), maka bisa dikatakan kita sudah berada di tengah jalan dalam mencapai tujuan. Lho, kok masih berada di tengah jalan?

Iya, soalnya bahasa Arab berbeda dengan bahasa lainnya. Kalau belajar bahasa lain (seperti bahasa Inggris misalnya) kita sudah dikatakan berhasil jika sudah bisa membuat sebuah kalimat dengan baik. Namun beda dengan bahasa Arab. Dalam bahasa Arab dikenal istilah “harokat kata”.

>>> Memberi Harokat Kata

Sebuah kata yang sama bisa memiliki pengertian berbeda jika diberi harokat yang berbeda-beda. Misalnya saja kata-kata dalam kalimat berikut ini:

مَا أَجْمَلُ السَّمَاءِ

(Maa AjmaLU as-Samaa-I/ Apa yang indah dari langit itu?)

مَا أَجْمَلَ السَّمَاءَ

(Maa AjmaLA as-Samaa-A/ Alangkah indahnya langit itu!)

Perhatikan! Beda harokat bisa memberi perbedaan maksud dan makna yang sangat jauh. Oleh karena itu, ketika belajar bahasa Arab, disamping kita harus fokus dalam membuat kalimat, kita juga harus fokus dalam mempelajari cara memberi harokat sebuah kata.

>>> Ilmu NAHWU & Ilmu SHOROF

Untuk bisa memberi harokat kata dengan baik, maka kita harus belajar dua buah cabang ilmu dalam bahasa Arab. Yang pertama ILMU NAHWU dan yang kedua ILMU SHOROF. Dengan ILMU NAHWU kita bisa mengetahui harokat AKHIR sebuah kata. Kemudian dengan ILMU SHOROF, kita bisa mengetahui harokat semua huruf sebelum huruf terakhir dalam sebuah kata.

Misalnya, dengan ILMU NAHWU, kita bisa mengetahui harokat huruf DAL dalam kata “مسجد”. Sedangkan dengan ILMUSHOROF, kita bisa mengetahui harokat huruf-huruf sebelum DAL, yaitu huruf MIM-SIN-JIM.

Dan, perlu kawan-kawan ketahui bahwa ILMU NAHWU & ILMU SHOROF adalah ilmu yang mudah untuk dipelajari jika kita tahu bagaimana cara mempelajarinya. Insya Allah pada lain kesempataan akan saya jelaskan cara mempelajari kedua ilmu ini.

>>> Tidak Lama

Dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan, bahwa dalam belajar bahasa Arab, hendaknya kita fokuskan pada dua hal: Pertama, cara membuat sebuah kalimat dalam bahasa Arab. Kedua, cara memberi harokat setiap kata yang ada dalam sebuah kalimat. Kedua hal inilah yang benar-benar harus kita beri perhatian ketika kita belajar bahasa Arab.

Nah, kemudian perlu kawan-kawan ketahui juga, bahwa untuk bisa melakukan kedua hal ini tidaklah butuh waktu lama. Memang kalau kita ingin bisa membuat kalimat yang bervariatif dalam bahasa Arab tentu saja kita harus terlebih dahulu menyelesaikan seluruh kaidah dalam ilmu Nahwu. Minimal buku nahwu tingkat pemula.

Tapi, kalau kita hanya ingin membuat kalimat sederhana untuk kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari atau untuk sekedar membuat sebuah cerita pendek, tidaklah butuh waktu lama. Insya Allah dalam waktu sekitar 3 JAM kita bisa membuatnya. Atau, kalau kita merasa otak kita agak lambat dalam menyerap sebuah ilmu baru, setidaknya dalam waktu 2-3 HARI kita sudah bisa memahami bagaimana caranya: membuat kalimat sederhana dalam bahasa Arab, membuat cerita pendek, menceritakan sesuatu, serta memberi harokat yang tepat untuk setiap kata dalam kalimat yang kita buat. Dan, semua caranya sudah saya jelaskan dalam buku MEMAHAMI BAHASA ARAB DALAM SEKEJAP.

Dengan mempelajari buku ini, insya Allah, dalam waktu kurang dari 3 HARI kawan-kawan akan bisa membuat kalimat sederhana seperti:

قَرَأَ مُحَمَّدٌ اَلْقُرْآنَ فِي الْمَسْجِدِ صَبَاحًا جَمِيْلًا

(Muhammad  telah membaca al-Qur’an di masjid itu pada pagi hari yang indah)

Atau, membuat cerita pendek seperti:

علي و فاطمة

علي طالب و فاطمة طالبة. علي طالب في الجامعة و فاطمة طالبة في المدرسة.

يذهب علي إلى الجامعة صباحا و تذهب فاطمة إلى المدرسة نهارا. يذهب علي إلى الجامعة بالحافلة و تذهب فاطمة إلى المدرسة بالدراجة. يدرس علي اللغة العربية في الجامعة يوم الجمعة و تدرس فاطمة اللغة العربية في المدرسة يوم السبت.

علي طالب مجتهد و فاطمة طالبة مجتهدة.

Serta kawan-kawan akan diberikan RUMUS MUDAH untuk memberi HAROKAT YANG TEPAT pada setiap kata dalam cerita pendek di atas.

Dalam buku ini juga saya jelaskan tentang bagaimana membuat pertanyaan sederhana untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti: Apakah? Siapa? Apa? Kapan? Di mana? Kenapa? Dari mana? Dll. Sehingga, kawan-kawan nantinya bisa membuat sebuah PERCAKAPAN SEDERHANA dalam BAHASA ARAB untuk dipergunakan sehari-hari di rumah bersama anggota keluarga.

Saya juga berikan beberapa kosa kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kosa kata itu nantinya bisa digunakan untuk bahan membuat kalimat, baik berupa kalimat pernyataan (informasi) atau pertanyaan.

>>> PBAJJUK

Untuk memudahkan dalam belajar, buku MEMAHAMI BAHASA ARAB DALAM SEKEJAP tidak saya bentuk seperti buku-buku pada umumnya. Buku ini saya pecah-pecah menjadi 4 buah modul. Yang masing-masing berisi materi: ILMU NAHWU, ILMU SHOROF, MUHADATSAH (PERCAKAPAN), dan MUFRODAT (KOSA KATA). Kemudian, KEEMPAT modul ini saya gunakan sebagai bahan PELATIHAN BAHASA ARAB JARAK JAUH UNTUK KELUARGA (PBAJJUK).

Jadi, bagi kawan-kawan yang berminat untuk mempelajari BUKU INI, saya persilakan untuk mengikuti PBAJJUK. Informasi lengkapnya ada di http://muhammadmujianto.wordpress.com dan https://pustakalaka.wordpress.com.

Namun, jika kawan-kawan merasa keberatan untuk mengikuti pelatihan ini (karena pelatihan ini berbayar), maka di atas sudah saya jelaskan cara mempelajari bahasa Arab. Kawan-kawan bisa kembangkan sendiri di rumah. Atau, kawan-kawan bisa juga BELAJAR BAHASA ARAB GRATIS lewat internet. Alhamdulillah, banyak materi bahasa Arab diinternet yang bisa kita gunakan secara gratis untuk belajar bahasa Arab sendiri di rumah masing-masing.

Atau, kawan-kawan juga bisa terus mengikuti artikel-artikel bahasa Arab yang saya posting di kedua blog yang saya sebutkan di atas. Insya Allah, jika masih diberi kekuatan dan kesempatan, saya akan terus menambah artikel-artikelnya. Baik yang sifatnya berupa pelajaran maupun berupa motivasi dan saran.

Barangkali itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish Shawab.

Bogor, Senin 12 Muharram 1434 H/ 26 November 2012

Muhammad Mujianto Al-Batawie

2 Responses to MEMAHAMI BAHASA ARAB DALAM SEKEJAP

  1. ABU ABDILBARR says:

    Assalamualaykum
    Sudah dicetak belum nih buku?kayaknya bagus..dimana bisa mendapatkannya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: