BELAJAR BERDUA BERSAMA ISTRI

gandenan

Kenapa pelatihan bahasa Arab jarak jauh yang sekarang saya buat ada embel-embel “UNTUK KELUARGA” ?

Ya, karena saya inginnya, modul yang saya berikan itu dipelajari besama keluarga. Minimal bersama suami dan istri di rumah masing-masing. Mudah-mudahan, dari belajar bahasa Arab yang rutin diadakan berdua di rumah, bisa terus memberikan rasa cinta antar pasutri. Sehingga rumah tangga tetap harmonis. (Silakan baca artikel saya yang berjudul BAHASA ARAB & KEHARMONISAN RUMAH TANGGA)

Lha, trus kalo yang belum nikah gimana? Belajarnya sama siapa?

Ya, bisa bersama keluarga atau kawan-kawan di rumah masing-masing. Gunakan modul yang saya berikan untuk bekal nanti mengajari suami/istri dan anak-anak kalau sudah menikah. Insya Allah akan sangat bermanfaat nantinya.

>>> Cara Mempelari Modul 1-4 PBAJJUK

Bagi kawan-kawan yang sudah ikutan PELATIHAN BAHASA ARAB JARAK JAUH UNTUK KELUARGA (PBAJJUK), saya akan berikan beberapa panduan dalam mempelajarinya agar bisa mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.

  1. Pelajari terlebih dahulu MODUL 4 (MUFRODAT/KOSA KATA). Baca semua MUFRODAT dari awal sampai akhir. Baca dengan suara keras. Usahakan untuk menghafalnya. Anda bisa menggunakan MODUL 4 sebagai sarana untuk permainan. Misalnya, Anda dan istri Anda saling bergantian mengajukan pertanyaan yang jawabannya ada di dalam modul. Misalnya “Apa arti APEL ?” atau “Apa arti “تُفَّاحٌ” ?”.
  2. Tidak mengapa jika Anda tidak langsung menghafal semua MUFRODAT dalam MODUL 4. Yang penting Anda sudah membacanya dengan suara keras dari awal sampai akhir minimal 3 kali.
  3. Pelajari BAGIAN PENDAHULUAN yang ada di bagian MODUL PEMBUKA.
  4. Pelajari MODUL 1 (ILMU NAHWU) pelajaran pertama (tentang KATA dan pembagiannya).
  5. Setelah itu pelajari terlebih dahulu MODUL 2 (ILMU SHOROF) hingga selesai. Atau bisa juga dipelajari bergantian dengan ILMU NAHWU.
  6. Setelah selesai mempelajari MODUL 1 & 2, kerjakan semua soal latihannya.
  7. Kemudian, kerjakan semua soal latihan dalam MODUL 4 (mufrodat).
  8. Pelajari MODUL 3 (MUHADATSAH/PERCAKAPAN) setelah menyelesaikan ILMU NAHWU & ILMU SHOROF.
  9. ULANGI TERUS semua pelajaran hingga benar-benar faham.

>>> Gunakan JURUS SATU JAM

Jika Anda banyak waktu luang, gunakanlah jurus SATU JAM. Maksudnya, belajarlah setiap hari selama SATU JAM. Tidak mesti belajar BERDUA. Belajar sendiri tidak mengapa. Adapun belajar bersama bisa dijadwalkan SEMINGGU –misalnya- DUA KALI selama SATU JAM atau lebih. Gunakan waktu belajar bersama untuk berdiskusi tentang materi yang sudah diperlajari sendiri setiap hari.

Insya Allah, jika Anda mau bersabar setiap hari belajar SATU JAM, dalam waktu SEBULAN Anda akan merasakan kemajuan yang luar biasa. Dan akan membuat Anda lebih semangat memperdalam bahasa Arab.

>>> Fokus Pada MODUL PBAJJUK

Bagi Anda yang baru pertama kali belajar bahasa Arab, agar tidak bingung, saya sarankan untuk HANYA memfokuskan belajar dari MODUL PBAJJUK terlebih dahulu. Hafalkan semua DEFINISI, KETENTUAN, & MUFRODAT yang ada di MODUL terlebih dahulu. Setelah semua MATERI bisa dikuasai dengan baik, silakan untuk mempelajari MATERI LANJUTAN. Anda bisa mempelajari KITAB FAHIMNA DASAR, atau kitab tata bahasa Arab lain yang ada di toko buku.

>>> Definisi, Contoh, & Ketentuan

Ketika belajar, fokuskan pada tiga hal: DEFINISI, CONTOH, & KETENTUAN. Misalnya, ketika belajar tentang ISIM, maka fokuskan pada: Apa DEFINISI ISIM? Apa CONTOHnya? Bagaimana KETENTUANNYA?

>>> Bertanyalah!

Jika masih ada materi yang belum faham, silakan tanyakan kepada pembimbing. Untuk mendapatkan tambahan materi, cara belajar efektif, dan motivasi belajar, silakan berkunjung terus ke  https://pustakalaka.wordpress.com atau http://muhammadmujianto.wordpress.com.

Semoga bermanfaat.

Bogor, Rabu 21 Muharram 1434 H/ 5 November 2012 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: