2 KUNCI SUKSES

khilafah         Menurut saya, ada dua hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin meraih sukses. Dalam hal apapun. Termasuk dalam belajar bahasa Arab. Dua hal itu adalah: KEINGINAN KUAT & METODE YANG TEPAT.

Coba saja sekarang kita bayangkan sendiri. Misalnya ada orang yang ingin bisa bahasa Arab, namun keinginannya itu tidak kuat. Biasa-biasa saja. Hanya sekadar ingin bisa saja. Maka bisa jadi belajarnya pun akan biasa-biasa saja. Saat di tengah jalan mengalami kesulitan, mudah baginya untuk menyerah dan tidak melanjutkan belajar.

Begitupun dengan orang yang hanya punya keinginan kuat untuk bisa bahasa Arab, namun tidak tahu metode yang tepat untuk mempelajarinya. Bisa jadi dia hanya semangat di awal belajar. Namun lama kelamaan, karena dia belum bisa juga menguasai bahasa Arab padahal waktu yang dia lewati sudah sangat lama, akhirnya dia pun menyerah juga di tengah jalan.

Berbeda halnya dengan orang yang punya DUA KUNCI SUKSES INI. Insya Allah dia akan dengan mudah menguasai bahasa Arab. Ibarat orang yang punya keinginan kuat untuk naik ke puncak gunung. Jika dia tahu cara yang tepat untuk sampai ke puncak gunung, maka dengan mudah dia akan sampai ke tujuan. Sama halnya dengan orang yang ingin naik ke puncak kesuksesan. Agar mudah dalam meraihnya, butuh adanya keinginan kuat dan metode yang tepat.

Namun, dari dua hal ini, keinginan kuatlah yang paling memberikan pengaruh dalam aktivitas seseorang meraih kesuksesan. Mungkin bisa dibilang perbandingannya itu 70: 30. 70 % untuk keinginan kuat dan 30 % untuk metode yang tepat. Kenapa bisa demikian?

Begini. Seseorang yang punya keinginan kuat nan menggebu-gebu untuk bisa bahasa Arab biasanya akan terdorong untuk mencari-cari metode yang tepat untuk bisa memahami bahasa Arab. Dia akan terus berusaha agar bisa bahasa Arab. Berbagai macam cara tentu akan dia tempuh untuk meraih keinginannnya itu.

Saya dahulu punya beberapa kawan yang kuliah di kampus umum, bukan kampus agama. Mereka sebelumnya tidak bisa bahasa Arab. Kemudian tiba-tiba saja mereka jadi tertarik untuk belajar bahasa Arab. Keinginan mereka begitu menggebu-gebu. Mereka ingin bisa membaca kitab-kitab gundul tulisan para ulama. Maka, keinginan kuat mereka ini pun berhasil mendorong mereka untuk mencari-cari cara yang tepat dalam belajar bahasa Arab.

Mereka kemudian beli buku-buku panduan tata bahasa Arab. Mereka juga membeli kamus. Mereka banyak konsultasi kepada orang-orang yang bisa bahasa Arab. Mereka banyak berlatih dan berdiskusi. Akhirnya, mereka pun kemudian berhasil menguasai bahasa Arab. Mereka bisa membaca kitab-kitab gundul tulisan para ulama.

Lalu, yang jadi pertanyaan sekarang adalah: Bagaimana caranya untuk membangkitkan keinginan yang kuat dari dalam diri kita untuk menguasai bahasa Arab? Bagaimana metode yang tepat dalam belajar bahasa Arab secara otodidak ? Jawabannya akan Anda temukan dalam penjelasan selanjutnya.

Untuk sementara, demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: