CARA TERBAIK

pelangi2 Tentu saja cara terbaik dalam belajar bahasa Arab (dan ilmu lainnya) adalah lewat bimbingan langsung seorang guru. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan bagi siapa saja yang ingin bisa bahasa Arab  untuk belajar langsung di sebuah pondok pesantren. Belajarlah setahun-dua tahun di sana. Insya Allah, setelah keluar dari pondok, Anda akan memiliki kemampuan bahasa Arab yang mumpuni.

Namun jika tidak bisa, saya sarankan Anda untuk mengikuti kursus bahasa Arab. Alhamdulillah sekarang ini banyak tersebar tempat-tempat kursus bahasa asing, termasuk diantaranya bahasa Arab. Intinya, sebisa mungkin Anda mendapatkan bimbingan langsung dari seorang guru.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika belajar langsung bersama seorang guru. Diantaranya:

  • Kita akan diajarkan cara mempelajari sebuah kitab dengan benar.
  • Kita akan diajarkan cara memahami sebuah materi dengan efektif.
  • Kita akan diberi tambahan ilmu dari bebagai macam buku.
  • Kita akan diberikan banyak contoh-contoh untuk menambah kejelasan.
  • Kita akan diberitahukan tentang kesalahan yang mungkin masih terdapat dalam sebuah kitab, seperti kesalahan cetak, kesalahan contoh, kesalahan harokat, dll.
  • Kita bisa langsung bertanya jika ada materi yang belum kita fahami.
  • Dll.

Namun, bagaimana jika kita belum bisa untuk belajar langsung bersama seorang guru? Apa yang harus kita lakukan?

Ya, sebagaimanya banyak jalan menuju Mekah, banyak jalan pula untuk memahami bahasa Arab. Jika kita tidak bisa belajar lewat bimbingan seorang guru, kita bisa belajar sendiri di rumah kita masing-masing. Kita bisa belajar lewat buku, MP3, VCD, internet, dll. Cara ini biasa dikenal orang dengan istilah “OTODIDAK” alias belajar mandiri. Dan alhamudlillah di zaman sekarang ini, kita diberi kemudahan untuk mendapatkan semua sarana yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa Arab secara otodidak. Terutama di internet. Cukup banyak situs-situs yang memberikan pengajaran bahasa Arab, terutama untuk kalangan pemula. Kita bisa belajar dari sana. Saya sendiri punya dua situs yang memberikan bimbingan belajar bahasa Arab untuk tingkatan pemula. Jika Anda berkenan, silakan berkunjung ke blog saya di https://pustakalaka.wordpress.com dan http://muhammadmujianto.wordpress.com.

Hanya saja saya kembali mengingatkan. Saat kita memutuskan untuk belajar bahasa Arab secara otodidak, maka gunakanlah cara yang efektif. Jangan asal-asalan. Dan bagi Anda yang belum tahu caranya, dalam buku ini akan saya jelaskan. Akan saya sampaikan kepada Anda strategi sukses belajar bahasa Arab secara otodidak. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan.

Demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: