EMPAT KEMAHIRAN BERBAHASA

KENAPAKetika belajar bahasa, umumnya kita akan disuguhkan dengan empat kemahiran berbahasa. Bahasa apapun itu. Termasuk bahasa Arab tentu saja. Empat kemahiran itu adalah:

 

  1. Kemahiran mendengar.
  2. Kemahiran bercakap-cakap.
  3. Kemahiran membaca.
  4. Kemahiran menulis.

Dan seseorang baru dikatakan bisa menguasai sebuah bahasa dengan sempurna jika telah menguasai keempat kemahiran ini.

Bagi orang yang lahir di Arab otomatis mereka akan belajar keempat jenis kemahiran ini. Urutan-urutannya adalah sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas. Ketika lahir, mereka pertama kali akan diajarkan kemahiran mendengar. Setelah itu merekapun meniru-niru ucapan yang mereka dengar yang dengannya bisa mereka gunakan untuk bercakap-cakap (kemahiran kedua). Kemudian mereka masuk sekolah dan diajarkan kemahiran membaca dan menulis (kemahiran ketiga dan keempat).

Itu untuk orang yang lahir di Arab. Lalu bagaimana dengan kita yang lahir di Indonesia. Udah gitu, belajarnya baru dimulai saat usia sudah kepala tiga. Apakah kita harus belajar empat kemahiran itu juga?

Bagi kita yang belajarnya secara otodidak, saya sarankan untuk memilih salah satu dulu. Kita pilih terlebih dahulu belajar kemahiran membaca. Kenapa?

Ada beberapa alasan, diantaranya:

  1. Sebagaimana telah saya jelaskan, tujuan kita belajar bahasa Arab adalah untuk memperindah ibadah keseharian kita. Terutama yang bersentuhan langsung dengan bahasa Arab. Dan untuk itu, kita harus mengerti bahan bacaan yang kita baca. Kita harus mengerti lafazh-lafazh dzikir dan doa yang kita baca. Kita harus faham bacaan shalat yang kita baca. Dan kita pun harus faham ayat-ayat Al-Qur’an yang kita tilawahkan. Modal untuk memahami itu semua tentu saja dengan memiliki kemahiran membaca tulisan berbahasa Arab. Sehingga kita bisa untuk memahaminya.
  2. Dengan memiliki kemahiran membaca, maka kita akan mudah untuk belajar ketiga kemahiran yang lainnya. Sebab ketika kita belajar membaca, kita akan diajarkan bagaimana mengenali sebuah kalimat. Sekaligus kita diajarkan cara membuat kalimat. Dimulai dari kalimat sederhana sampai kalimat luas. Nah, dengan kemampuan kita mengenali kalimat dan membuatnya, maka kita bisa gunakan untuk belajar kemahiran menulis. Kita bisa gunakan kemampuan membuat kalimat itu untuk membuat tulisan yang berlembar-lembar panjangnya.

Kemudian juga, dengan kemampuan mengenali kalimat, maka kita akan dengan mudah mempelajari kemahiran mendengar. Bukankan yang kita dengarkan saat latihan mendengar itu adalah kalimat-kalimat bahasa Arab. Dan kita tidak akan mungkin memahaminya tanpa mengenali terlebih dahulu bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Arab.

Lalu, dengan kemampuan membuat kalimat, bisa kita gunakan untuk belajar kemahiran bercakap-cakap. Kita bisa buat kalimat-kalimat pertanyaan dan jawaban  untuk kita praktikkan dengan orang lain.

>>> Pentingnya Menentukan Fokus Pembelajaran

            Pernah saya memperhatikan, ada beberapa orang yang ingin memahami Al-Qur’an dan bacaan shalat. Juga ada orang yang targetnya belajar bahasa Arab adalah untuk bisa baca kitab gundul. Namun yang dia pelajari pertama kali adalah buku-buku yang megarahkan untuk bisa bercakap-cakap. Lalu apa yang terjadi? Berbulan-bulan lamanya mereka belajar, mereka tetap tidak bisa meraih target yang mereka inginkan. Kenapa? Karena mereka salah dalam memilih buku buku panduan.

Nah, inilah nilai pentingnya kita menentukan fokus pembelajaran dari awal. Agar nantinya kita tidak salah dalam menentukan buku-buku panduan. Dan juga agar kita tidak salah dalam menerapkan metode belajarnya. Sebab masing-masing kemahiran punya metode khusus dalam mempelajarinya agar diperoleh hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, penjelasan saya selanjutnya akan terfokus pada teknik menguasai kemahiran membaca literatur berbahasa Arab. Saya coba berikan arahan kepada Anda untuk bisa memahami bahan bacaan berbahasa Arab yang kelak akan Anda kaji dan pelajari. Adapun kemahiran yang lain, akan saya sampaikan di bagian akhir dari buku ini.

Demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: