SEGALANYA TELAH DIMUDAHKAN

kupu-kupu1Alhmadulillah, kita bersyukur kepada Allah Subahanhu wa Ta’ala atas nikmatnya yang tak terhingga kepada kita. Diantaranya, Allah Subahanhu wa Ta’ala telah memudahkan bagi kita untuk mendapatkan sarana yang bisa membantu untuk menguasai bahasa Arab.

Pondok pesantren sekarang ini bertebaran di mana-mana. Tinggal kita pilih yang bagus untuk tempat belajar. Lembaga kursus bahasa Arab pun semakin banyak bermunculan. Tinggal kita datang dan mendaftarkan diri.

Atau, jika kita belum bisa untuk belajar di pondok pesantren dan lembaga kursus, kita bisa belajar sendiri di rumah. Sarana untuk belajar bahasa Arab secara otodidak banyak tersedia di mana-mana.

 

>>> Datanglah ke Toko Buku

Silakan Anda datang ke toko-toko buku Islam. Niscaya akan Anda dapati banyak sekali buku-buku panduan belajar bahasa Arab dijual di sana. Bahkan semakin hari, semakin banyak saja buku-buku yang ditulis tentang ilmu tata bahasa Arab, terutama ilmu Nahwu dan ilmu Shorof.

Tidak hanya buku, terkadang di toko buku juga bisa kita dapati VCD pembelajaran bahasa Arab di jual di sana. Kita pilih yang paling bagus penjelasannya untuk kita.

Silakan berkonsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman. Tanyakan kepadanya, buku panduan apa saja yang kira-kira bagus dipergunakan untuk tingkatan pemula. VCD mana saja yang cocok untuk dijadikan teman belajar di rumah. Tanyakan juga bagaimana cara memperlajarinya yang efektif.

 

>>> Berkunjung ke Dunia Maya

Di internet pun banyak bertebaran materi pembelajaran bahasa Arab. Ada beberapa situs yang mengkhususkan diri untuk memberikan bimbingan belajar bahasa Arab. Misalnya saja http://badaronline.com/.

Atau, jika Anda bisa bahasa Inggris, Anda juga bisa memanfaatkan situs belajar bahasa Arab yang dikelola oleh orang-orang luar negeri. Biasanya yang membuatnya adalah para pakarnya langsung. Sebagaimana kawan saya yang sering memanfaatkan situs pembelajaran bahasa Arab yang dikelola oleh pakar bahasa Arab yang berasal dari Amerika dan Kanada.

Banyak juga video-video pembelajaran bahasa Arab yang bisa kita unduh secara gratis di internet. Lewat internet juga, kita bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang telah lebih dahulu belajar bahasa Arab.

Intinya, segala sesuatunya sekarang telah dimudahkan. Tinggal sekarang kembali ke kitanya. Mau tidak mempelajari bahasa Arab. Kalau dari kita saja sudah lemah kemauan, akan sulit diharapkan untuk bisa menguasai bahasa Arab.

Maka, bagi Anda yang sekarang ini baru mulai tergerak untuk belajar bahasa Arab, tugas pertama Anda adalah membangkitkan kemauan itu. Bangkitkanlah kemauan yang yang kuat dari dalam diri Anda untuk belajar bahasa Arab.

Insya Allah, jika ada kemauan, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan jalan bagi kita. Sebagaimana kata pepatah: Di mana ada kemauan, di situ akan ada jalan.

Sudah tahu kan bagaimana caranya membangkitkan kemauan untuk belajar bahasa Arab?

Demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: