TINGKATAN BELAJAR BAHASA ARAB

SawahKapan seseorang bisa dikatakan mampu memahami setiap literatur berbahasa Arab yang dia baca?

Jawabnya adalah saat dia telah menyelesaikan semua tingkatan belajar bahasa Arab dengan baik. Jika seseorang telah melewati semua tingkatan dalam belajar bahasa Arab, insya Allah akan mudah baginya untuk memahami setiap bacaan berbahasa Arab yang dia baca.

 

>>> Tiga Tingkatan Belajar Bahasa Arab

Secara umum, ada tiga tingkatan belajar bahasa Arab yang harus dilewati oleh setiap orang yang ingin menguasai bahasa Arab dengan sempurna. Masing-masing tingkatan ada buku panduan khususnya.

Adapun ketiga tingkatan itu adalah sebagai berikut:

  1. Tingkatan Pemula

Biasanya panduan yang digunakan adalah Kitab Al-Muqaddimah Al-Ajurumiyah karya Ibnu Ajurrum rahimahullah. Atau di sebagian tempat ada yang menggunakan Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmi Nahwi karya Al-Ustadz Aceng Zakariya hafizhahullah atau Kitab Al-Mukhtarot karya Al-Ustadz Aunur  Rofiq Ghufron hafizhahullah. Atau kitab-kitab nahwu tingkatan pemula lainnya.

 

  1. Tingkatan Menengah

Biasanya panduan yang digunakan adalah Kitab Syarh Qothrun Nada karya Ibnu Hisyam rahimahullah. Atau di sebagian tempat ada yang menggunakan Kitab Mulakhosh karya Fu’ad Ni’mah rahimahullah.

 

  1. Tingkatan Mahir

Biasanya panduan yang digunakan adalah Kitab Alfiyah karya Ibnu Malik rahimahullah bersama kitab penjelasannya seperti Syarah Ibnu ‘Aqil atau Syarah Ibnu Hisyam yang berjudul Awdhohul Masalik.

 

Untuk bisa menyelesaikan ketiga tingkatan ini butuh waktu yang tidak sebentar. Untuk melewatinya tidak cukup sebulan dua bulan belajar. Bisa berbulan-bulan lamanya. Bahkan mungkin sampai tahunan.

Namun, sebagaimana yang dijelaskan oleh sebagian ulama, jika kita sudah bisa menguasai kitab tingkatan menengah dengan kokoh dan mantap, itu sudah lebih dari cukup untuk kita gunakan sebagai saranan memperindah ibadah yang kita lakukan sehari-hari. Adapun tingkatan mahir sifatnya hanya sebagai pelengkap saja.

Dan, insya Allah, untuk bisa menyelesaikan tingkatan lanjutan, tidak butuh waktu terlalu lama. Bisa jadi dalam waktu 6 bulan- 1 tahun kita sudah bisa melewatinya. Atau bisa jadi malah kurang dari itu. Tergantung banyak faktor.

 

>>> Memulai dari Dasar

Namun, saya ingin mengingatkan kepada Anda semua. Untuk melewati tingkat lanjutan apalagi tingkatan mahir, terlebih dahulu kita harus melewati tingkatan pemula. Kita harus belajar dari dasar dulu, baru kemudian melangkah ke tingkatan yang lebih tinggi.

Jika kita sudah kokoh di tingkat dasar, insya Allah kaki kita akan kokoh berdiri di tingkat lanjutan. Namun, jika di tingkat dasar saja kita masih sempoyongan, bisa jadi saat melangkah ke tingkat lanjutan kita malah ambruk dan akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pelajaran.

Dan, untuk menguasai tingkat dasar tidaklah lama. Insya Allah dalam sebulan kita bisa menguasainya dengan baik. Namun tentu saja dengan syarat: Kita punya kemauan yang kuat untuk bisa dan kita tahu metode yang tepat untuk mempelajarinya.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: