LATIHAN BACA KITAB GUNDUL

COVER BACA KITABKadang ada yang berkata, “Kalau belajar kaidah Nahwu-Shorof sih gampang. Tapi kalau sudah dihadapkan pada kalimat panjang, kadang jadi bingung menerapkan kaidah yang sudah dipelajari. Bingung menentukan mana yang Fa’il, mana yang Mubtada, mana yang Khobar, dll.”

Ya, memang demikianlah keadaannya. Belajar kaidah itu memang tidaklah sulit. Apalagi untuk tingkatan pemula. Biasanya yang dipelajari adalah cara membuat kalimat pendek. Sehingga, banyak yang ketika dihadapkan dengan kalimat panjang, menemui kesulitan.

Untuk mengatasi hal ini, mau tidak mau seseorang itu harus banyak berlatih. Dia harus sering-sering latihan baca kitab. Dimulai dari kitab yang ringkas, kemudian sedikit demi sedikit meningkat ke kitab yang lebih pajang.

Dia juga harus punya banyak perbendaharaan kata. Dengan banyak perbendaharaan kata yang kita miliki, akan sangat membantu kita untuk mengatahui kedudukan suatu kata dalam kalimat. Kalau kita sudah tahu kedudukan kata dalam kalimat, akan mudah bagi kita untuk memberi harokat dengan tepat.

Makanya disamping menyususun kaidah Nahwu-Shorof, saya juga menyusun buku panduan belajar baca kitab gundul. Saya jelaskan dalam buku itu cara membaca kitab gundul dan cara memahami kedudukan kata dalam setiap kalimat. Jadi ada latihan dan pembahasannya dalam buku itu.

Jadi memang, untuk bisa lancar membaca kitab kita harus banyak latihan. Tidak cukup hanya bermodal kaidah-kaidah bahasa. Tanpa latihan, sulit untuk lancar membaca kitab. Minimal dua latihan kita lakukanL latihan membaca dan latihan menerjemahkan.

Maka, selamat berlatih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: