BELAJAR BAHASA ARAB INTENSIF

singkong2Metode belajar satu jam perhari, jika dilakukan secara kontinyu, insya Allah akan memberikan hasil yang dahsyat. Dalam waktu sebulan, insya Allah, Anda akan merasakan peningkatan yang luar biasa dalam kemampuan bahasa Arab Anda. Kalau Anda tidak percaya, silakan buktikan sendiri. Setelah itu, rasakan bedanya!

Kemudian, jika Anda ingin hasil yang lebih dahsyat lagi, Anda bisa sandingkan metode belajar satu jam perhari ini dengan metode belajar intensif.

Maksudnya begini. Luangkan waktu dalam sehari belajar satu jam lamanya. Lakukan setiap hari. Namun, dalam seminggu ada waktu yang dikhususkan untuk belajar lebih intensif lagi. Misalnya sehari belajar selama minimal 3-4 jam. Syukur-syukur bisa 6 jam sehari. Tujuannya ialah untuk membanjiri otak kita dengan bahasa Arab. Sehingga bahasa Arab menjadi semakin melekat dengan kehidupan kita.

 

>>> Manfaatkan Hari Libur

Saran saya, gunakan hari libur untuk belajar intensif. Bisa hari Ahad atau hari sabtu. Dan waktunya bisa dibagi-bagi. Misalnya dibagi menjadi tiga waktu: Pagi, Sore, dan Malam. Masing-masing berdurasi sekitar 2 jam lamanya. Atau, bisa juga dilakukan pagi hari semua atau malam hari semua. Biasanya kedua waktu ini adalah waktu-waktu yang enak untuk belajar.

Insya Allah, dengan belajar intensif, hasil yang akan Anda dapat bisa lebih bagus dan banyak lagi. Semangat Anda untuk menguasai bahasa Arab akan semakin membara lagi. Sebab biasanya, saat seseorang mendapati bahwa hasil yang didapat semakin banyak, dia akan terdorong untuk terus belajar. Jadi, semangat belajar nya kan terus menerus bertambah seiring bertambahnya hasil yang dia peroleh.

 

>>> Tetap Belajar Kontinyu

Namun, saya ingin mengingatkan kembali kepada Anda. Jangan lupakan metode belajar satu jam perhari secara kontinyu. Jangan mentang-mentang dengan belajar intensif Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak sehingga lantas setiap hari Anda belajar intensif.

Kalau Anda belajar di pondok mungkin tidak jadi masalah. Sebab lingkungannya memang mendukung untuk itu. Namun, bagi Anda yang belajarnya di rumah masing-masing, saya sarankan untuk tetap fokus pada metode belajar satu jam perhari. Agar Anda tidak bosan.

Jadi santai saja saja belajarnya. Tapi tetap serius dan fokus. Yang peting setiap hari harus ada peningkatan. Adapun belajar intensifnya cukup dilakukan sekali saja dalam seminggu agar tidak mengalami kejenuhan nantinya. Atau, jika tidak bisa dilakukan seminggu sekali, bisa dua minggu sekali atau sebulan sekali. Yang penting dalam sebulan ada minimal sekali untuk belajar intensif.

 

>>> Apa yang Dipelajari ?

Lalu, apa yang akan dipelajari saat belajar intensif? Apakah belajar materi baru? Atau bagaimana?

Saran saya, gunakan waktu belajar intensif itu untuk melakukan muroja’ah. Jadi, pertama kali yang dilakukan adalah mengulang materi yang sudah dipelajari selama ini. Kerjakan kembali soal latihan. Kemudian, hafalkan kembali definisi-definisi dan contoh beserta ketentuan-ketentuan yang Ada. Ulang-ulang hafalan tashrif dalam ilmu Shorof. Dengan begini, ilmu yang telah kita pelajari akan semakin kuat melekat. Pemahaman kita pun akan semakin mantap. Dasar ilmu kita juga akan semakin kokoh.

Jika masih ada waktu tersisa, saran saya gunakan untuk belajar ilmu Shorof. Gunakan waktu ini untuk menghafal pola-pola pembentukan kata. Perbanyaklah berlatih mengubah-ubah kata dengan berbagai macam pola.

Namun, jika Anda jenuh dengan menghafal wazan-wazan, Anda bisa gunakan waktu untuk mengkaji al-Qur’an dari sisi kaidah bahasa Arabnya. Terapkan kaidah Nahwu-Shorof yang sudah dipelajari saat membaca Al-Qur’an. Atau, bisa juga menggunakan kitab-kitab hadits yang ringkas sebagai sarana pembelajaran.

Setelah belajar intensif, esok harinya kembali ke metode semula. Belajar lagi satu jam perhari. Jangan tergesa-gesa. Sedikit waktunya tidak mengapa. Yang penting bisa dilakukan secara terus menerus berkesinambungan. Dan, ada hasil yang diperoleh setiap harinya.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: