SATU JAM PERHARI

booksPara ahli pendidikan telah mengakui bahwa diantara metode belajar yang paling bagus adalah yang berkesinambungan meski hanya sedikit. Tidak mengapa, misalnya, setiap hari cuma belajar sebentar. Yang penting dilakukan secara kontinyu.

Ternyata, metode seperti ini adalah metode beramal yang paling dicintai Allah Subahanhu wa Ta’ala. Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan hadits dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

“Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang paling kontinyu dikerjakan, meskipun sedikit” [HR. Muslim : 1/541].

Maka, hendaknya kita gunakan metode ini juga dalam belajar bahasa Arab.

 

>>> Satu Jam Perhari

Saya pribadi menyarankan Anda yang baru belajar bahasa Arab untuk menyisihkan waktu sehari satu jam saja untuk belajar. Kalau bisa dua jam lebih bagus. Tapi kalau ditakutkan belajar sehari dua jam bisa memberatkan, maka cukup satu jam saja. Yang penting bisa berkesinambungan dilakukan setiap hari.

Materi yang dipelajari bisa diselang-seling. Misalnya hari ini belajar Nahwu, kemudian besoknya belajar Shorof. Tentang waktunya bisa diatur sendiri. Yang penting, pilih waktu yang tidak ada gangguan dalam belajar. Sehingga pada waktu itu benar-benar diperuntukkan untuk fokus belajar bahasa Arab, tidak boleh diganggu dengan kegiatan lain.

 

>>> Peningkatan Setiap Hari

Dengan metode belajar satu jam perhari ini, hendaknya dibuat target dalam sehari itu harus ada peningkatan. Sedikit tidak mengapa. Asalkan ada peningkatan. Sebab, sungguh merugi sekali jika kita sudah meluangkan waktu satu jam, namun tidak mendapatkan apa-apa.

Misalnya dalam sehari ditargetkan faham satu definisi sebuah istilah dalam ilmu Nahwu. Atau, sehari –minimal- hafal satu mufrodat baru. Kalau dalam ilmu Shorof, misalnya sehari ditargetkan hafal satu pola pembentukan kata. Sekali lagi, sedikit tidaklah mengapa. Asalkan ada peningkatan.

 

>>> Buat Jadwal Belajar

Akan sangat bagus jika Anda bisa membuat jadwal belajar sendiri. Isinya tidak hanya waktu belajar. Tetapi juga dilengkapi materi apa saja yang harus dipelajari. Sehingga dengan begitu, belajar jadi lebih terarah. Kemudian juga jadi lebih mudah untuk dievaluasi.

Cara membuatnya mudah saja. Perhatikan seluruh materi yang terdapat dalam buku yang hendak Anda pelajari. Atau, jika ada, lihat saja bagian daftar isinya. Setelah itu, susun jadwal belajar dari setiap materi yang ada dalam buku itu.

Sisipkan pula jadwal untuk melakukan muroja’ah. Misalnya, seminggu sekali, setiap hari Jum’at,  dilakukan muroja’ah Nahwu dan Shorof. Atau bisa dipilih hari-hari lainnya yang cocok menurut Anda.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: