FOKUS SATU KITAB

rumah desaTerkadang, karena saking semangatnya, seseorang yang baru mulai belajar bahasa Arab tertarik untuk mengumpulkan banyak buku-buku panduan. Dia beli banyak buku Nahwu dan Shorof untuk dipejari. Lalu, apa yang terjadi kemudian?

Setelah sekian lama belajar, dia tetap tidak faham-faham juga. Bahkan dia malah jadi bingung sendiri. Sebab ternyata dia dapati masing-masing buku memiliki cara penyampaian yang berbeda.

Lalu, bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh seorang pelajar pemula?

Menurut saya, seorang yang baru mulai belajar bahasa Arab, hendaknya memilih satu kitab saja sebagai panduan. Satu kitab Nahwu dan satu lagi kitab Shorof. Dia fokuskan saja mempelajari satu kitab  hingga selesai. Fahami dengan baik dari awal hingga akhir. Baru kemudian, jika memang sudah benar-benar faham, dia baru boleh beralih ke kitab lainnya.

Misalnya seseorang memilih untuk meggunakan Kitab A sebagai panduan belajar. Maka fokuskan saja pada kitab A itu terlebih dahulu. Jika ada materi yang tidak dimengerti penjelasannya dalam kitab A itu, baru boleh buka-buka kitab yang lainnya. Namun hanya untuk mencari penjelasan materi itu saja. Setelah dapat, maka dia kembali lagi fokus mempelajari kitab A hingga selesai.

Namun, bukan berarti saya melarang Anda untuk membeli banyak buku. Bukan itu maksud saya. Silakan saja Anda memeiliki banyak buku. Justru ini bagus. Wawasan Anda nanti akan bertambah. Namun, saya hanya mengingatkan. Saat pertama kali belajar, fokuskan saja satu buku terlebih dahulu. Khatamkan satu buku. Baru kemudian mempelajari buku-buku yang lain. Cara ini akan lebih memberikan hasil yang bagus.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: