MUROJA’AH

kebun bungaIlmu akan semakin kuat melekat dengan dimuroja’ah. Pemahaman akan semakin mantap dengan adanya muroja’ah. Muroja’ah artinya adalah mengulang kembali pelajaran yang telah lewat.

Muroja’ah sangatlah penting bagi setiap orang yang belajar bahasa Arab. Manfaat lainnya, dengan adanya muroja’ah, kita jadi tahu sejauh mana pemahaman kita terhadap sebuah materi pembahasan. Jika pemahaman kita masih lemah, bisa kita lakukan perbaikan-perbaikan. Jika pemahaman kita sudah bagus, bisa kita lakukan peningkatan-peningkatan.

Saran saya, minimal seorang yang sedang belajar bahasa Arab melakukan dua macam muroja’ah. Pertama, muroja’ah jangka pendek. Kemudian yang kedua, muroja’ah jangka panjang.

 

>>> Muroja’ah Jangka Pendek

Muroja’ah jangka pendek maksudnya adalah muroja’ah yang dilakukan setiap pekan. Minimal dalam setiap pekan dilakukan sekali muroja’ah. Waktunya bisa setiap hari libur saat dilakukan belajar intensif.

Yang dimuroja’ah adalah materi-materi yang sudah dipelajari selama seminggu. Kerjakan kembali latihan-latihannya. Hafalkan kembali definisi-definisi, contoh-contoh, dan ketentuan-ketentuan yang ada. Ulang-ulang kembali pola-pola pembentukan kata yang sudah didapat dalam ilmu Shorof.

 

>>> Muroja’ah Jangka Panjang

Muroja’ah jangka panjang maksudnya adalah muroja’ah kitab yang sudah selesai dipelajari. Jadi, saat kita telah menyelesaikan sebuah kitab, jangan langsung berpindah ke kitab yang baru. Ulang-ulang kembali kitab yang baru saja kita selesaikan. Baca kembali dari awal. Kerjakan kembali latihannya.

Lakukan muroja’ah beberapa kali. Terutama kitab-kitab tingkat dasar. Minimal dua kali dimuroja’ah. Semakin banyak semakin bagus. Tujuannya, agar pijakan kita dalam belajar semakin mantap. Dan, untuk melakukan muroja’ah kitab dasar tidaklah butuh waktu lama. Sebab, kitabnya tipis. Dalam satu jam atau dua jam kita bisa membacanya dari awal sampai selesai.

 

>>> Muroja’ah dengan Mengajarkan

Diantara cara yang efektif untuk muroja’ah adalah dengan mengajarkan kitab yang sudah kita pelajari. Jika kita benar-benar yakin  sudah memahami sebuah kitab dengan mantap, kita bisa mengajarkannya kepada orang lain.

Dengan diajarkan, ilmu kita akan semakin lengket. Sebab nantinya kita akan tergerak untuk terus menerus membaca kitab yang akan kita ajarkan. Biasanya hal ini dilakukan dalam rangka persiapan sebelum mengajar.

 

Demikian saja. Intinya, kalau ingin ilmu dan pemahaman kita bagus, jangan pernah bosan untuk melakuka muroja’ah. Apalagi jika kita masih berada di tingkat dasar. Sebab tingkat dasar adalah landasan kita berpijak. Kalau landasan kita kokoh, maka kita akan mudah untuk naik ke tingkat selanjutnya. Namun, jika landasan kita rapuh, bisa-bisa kita ambruk sebelum melangkah ke jenjang yang lebih lanjut.

Wallahu a’lam.

—–oOo—–

=============

EBOOK GRATIS

=============

c7c94-jurushafalquran

DAPATKAN EBOOKNYA DI SINI

—–oOo—–

One Response to MUROJA’AH

  1. andri faisal says:

    Klau muroje’ah arti y mengembalikan dalam bab bai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: