BERSABARLAH!

sukses-3Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pelajaran Nahwu-Shorof tingkat dasar?

Entahlah. Tergantung. Ya, tergantung banyak faktor. Diantaranya faktor internal (Seperti kemauan dari dalam diri untuk bisa) dan faktor eksternal (Seperti metode yang digunakan dan buku panduan yang dipakai).

Ada sebuah pondok pesantren yang butuh waktu sekitar satu tahun untuk menyelesaikan sebuah kitab Nahwu-Shorof tingkat dasar. Padahal belajarnya hampir setiap hari di bawah bimbingan seorang guru secara langsung.

Dalam sebuah pelatihan bahasa Arab yang pernah saya ikuti, butuh waktu sekitar sebulan lamanya untuk menyelesaikan kitab Nahwu-Shorof tingkat dasar. Setiap hari belajarnya sekitar 6-7 jam. Dimulai dari pagi hari hingga malam hari jam 21-an.

Lalu, bagaimana dengan kita yang memilih untuk belajar sendiri di rumah? Berapa lama waktu yang akan kita habiskan?

Sekali lagi, banyak faktor. Bisa lebih lama, namun bisa sebaliknya. Lagi-lagi banyak faktor yang mempengaruhi.

Namun yang jelas, untuk bisa bahasa Arab tidak bisa sekejap. Tidak bisa hari ini belajar, hari ini juga kita menjadi mahir. Butuh proses. Ada tahapan yang harus kita lalui. Makanya, kita harus bersabar!

 

>>> Seperti Membangun Rumah

Jika kita ingin membangun sebuah rumah yang megah nan indah dengan tangan kita sendiri, kita harus siap menempuh tahapan-tahapannya. Kita harus mau bersabar bekerja dari awal. Dari penggalian pondasi, kemudian berlanjut ke pendirian tembok, pemasangan atap, meletakkan pintu dan jendela, hingga sampai tarap menghias rumah dengan warna-warni yang memukau.

Tahapan-tahapan ini harus kita lewati dulu. Dan butuh waktu memang. Tidak bisa instant. Butuh berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan mungkin tahunan. Jika kita ingin melihat rumah impian kita itu bisa berdiri dengan megahnya, kita harus bersabar melewati tahapan-tahapan itu.

Belajar bahasa Arab pun begitu. Ada tahapannya. Butuh waktu panjang untuk sampai kepada tahapan bisa.

Kita harus mulai dulu dari dasar. Setelah selesai, kita beralih ke tingkat lanjutan. Hingga akhirnya menanjak ke tingkat puncak. Dan untuk bisa sampai puncak butuh waktu. Sehingga butuh kesabaran tinggi untuk menjalaninya.

Namun sayang, banyak orang yang tidak mau sabar saat belajar bahasa Arab. Banyak yang ingin cepat-cepat melihat hasil. Tatkala hasil yang mereka inginkan tak juga mereka peroleh, akhirnya mereka memilih untuk berhenti belajar. Merekapun kemudian pergi meninggalkan buku-buku pelajaran bahasa Arab yang sudah mereka punya. Mereka simpan rapi buku-buku itu di rak buku tanpa ada keinginan lagi untuk membuka-bukanya. Mereka menyerah kalah!

 

>>> Bersabarlah!

Maka, kepada Anda yang saat ini baru dan sedang belajar bahasa Arab saya nasihatkan. Bersabarlah! Berlatihlah untuk terus menerus bersabar. Tetap fokus pada tujuan. Nikmati saja prosesnya. Insya Allah, kesabaran akan berbuah manis pada waktunya.

Demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: