BERLATIH TIADA HENTI

Men climb to the top of greased poles with the help of team-mates, during a game locally known as "Panjat Pinang", as part of celebrations for Indonesia's 62nd independence anniversary, in JakartaApa jadinya jika ada orang yang ingin menjadi pendekar sakti mandraguna, namun tak pernah sekalipun berlatih. Dia hanya mencukupkan diri membaca teori tendangan dan pukulan. Namun, dia tidak pernah sekalipun terjun ke lapangan untuk mempraktikkan teori yang sudah dia dapat. Bisakah dia kemudian menjadi pendekar sakti?

Tentu saja tidak mungkin. Sebab, untuk menjadi seorang pendekar sakti, butuh adanya latihan. Tidak hanya sekali dua kali. Harus berkali-kali. Semakin banyak berlatih, akan semakin mahir lah dia.

Bahasa Arab pun begitu. Bahasa Arab adalah ilmu keterampilan. Sehingga butuh kepada yang namanya latihan. Harus sering-sering latihan. Semakin sering berlatih, akan semakin mumpuni ilmu yang dipunya.

Minimal, ada 4 macam latihan terkait dengan ilmu Nahwu-Shorof yang kita pelajari. Terutama bagi kita yang baru belajar di tingkat dasar.

 

  • Latihan Membaca Kitab Gundul
  • Latihan Membuat Kalimat
  • Latihan Meng-I’rob
  • Latihan Mengubah Kata

 

Inilah keempat macam latihan yang harus kita lakukan saat belajar bahasa Arab. Keempat macam latihan ini akan mengantarkan kita pada target yang ingin kita capai dalam belajar ilmu Nahwu dan Shorof. Minimal, kita akan bisa memahami literatur berbahasa Arab yang kita baca dan sedikit-sedikit bisa menyusun kalimat menjadi beberapa paragraf.

Saya akan sampaikan rinciannya pada tempatnya masing-masing. Untuk sementara cukup sekian. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: