LATIHAN BACA KITAB UNTUK PEMULA

kitabKadang ada yang berkata, “Kalau belajar kaidah Nahwu-Shorof sih gampang. Tapi kalau sudah dihadapkan pada kalimat panjang, kadang jadi bingung menerapkan kaidah yang sudah dipelajari. Bingung menentukan mana yang Fa’il, mana yang Mubtada, mana yang Khobar, dll.”

Ya, memang demikianlah keadaannya. Belajar kaidah itu memang tidaklah sulit. Apalagi untuk tingkatan pemula. Biasanya yang dipelajari adalah cara membuat kalimat pendek. Sehingga, banyak yang ketika dihadapkan dengan kalimat panjang, menemui kesulitan.

Untuk mengatasi hal ini, mau tidak mau seseorang itu harus banyak berlatih. Dia harus sering-sering latihan baca kitab. Semakin banyak latihan, semakin lancar pula dia nantinya.

 

>>> Dua Bekal Utama

Untuk kelancaran membaca sekaligus bisa memahami bacaan dengan baik, ada dua bekal utama yang harus kita punya: Bekal kaidah Nahwu-Shorof dan bekal mufrodat yang cukup.

Berbekal ilmu Nahwu dan Shorof kita jadi tahu harokat-harokat setiap kata yang ingin kita baca. Kita jadi tahu mana kata yang mabni dan kata yang mu’rob; mana kata yang tidak boleh kita ubah-ubah harokat akhirnya dan mana yang boleh. Kita juga jadi tahu apa saja kedudukan kata dalam kalimat.

Kemudian, berbekal mufrodat yang cukup kita jadi tahu isi dari bacaan yang kitab baca. Kita juga jadi terbantukan untuk menentukan kedudukan sebuah kata dalam kalimat. Sebab, dengan mengetahui makna sebuah kata, akan sangat membantu kita untuk menentukan kedudukannya dalam kalimat. Dan dalam membaca kitab gundul, mengetahui kedudukan kata dalam kalimat sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan paling penting. Sebab, sebuah kata bisa berubah harokat akhir katanya sesuai dengan kedudukannya dalam kalimat. Kalau kita tidak tahu kedudukan sebuah kata, sulit bagi kita untuk menentukan harokat akhir yang tepat.

>>> Bertahap

Di tingkat dasar, jangan gunakan kitab-kitab tebal sebagai sarana latihan. Gunakan kitab yang tipis saja. Pilih yang bahasanya paling mudah. Biasanya kitab-kitab yang membahas tentang aqidah bagus untuk dijadikan sebagai sarana latihan baca kitab

Ada tiga kitab yang saya sarankan untuk dipakai sebagai sarana latihan baca kitab di tingkatan dasar. Ketiganya karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Yaitu:

  • Kitab Al-Qowaid Al-Arba’
  • Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah
  • Kitab Kasyfusy Syubuhat

 

Ketiga kitab ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Bahkan ada penerbit yang mencantumkan matan (isi) kitab ini lengkap dengan harokatnya. Sehingga bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk bisa membaca harokatnya dengan benar sekaligus memahami isinya.

 

>>> Berawal dari yang Berharokat

Bagi Anda yang belajar bahasa Arabnya secara otodidak, sepertinya lebih bagus jika berlatih baca kitabnya dimulai dari kitab yang berharokat terlebih dahulu. Fokuskan pertama kali pada pengucapan dengan lisan. Baca berkali-kali hingga fasih dan lancar.

Kemudian, belajarlah mengenali kedudukan-kedudukan kata dalam kalimat. Sambil dibaca, sambil dihayati dalam hati. Sambil membaca, coba tanyakan dalam hati: Kenapa kok harokatnya kasroh? Kenapa dhommah? Kenapa sukun? Kenapa…..? Apa memang  kedudukannya?

Setelah benar-benar faham, coba baca kitab yang tanpa harokat. Masihkah kita bisa memahaminya? Masihkah kita bisa memahami kedudukan-kedudukan setiap katanya? Masihkah kita bisa memeberikan harokat akhir yang benar?

Jadi pratisnya begini. Miliki kitab yang memiliki dua versi:  Yang tanpa harokat dan yang berharokat. Setelah itu, pelajari yang berharokat dulu. Baca berulang-ulang hingga benar-benar kokoh di dalam dada. Setelah itu ambil kitab yang sama yang tanpa harokat. Coba baca. Coba fahami. Jika masih sulit, baca kembali dan pelajari kembali kitab yang berharokat tadi.

 

Demikian beberapa masukan dari saya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: