CINTA BAHASA ARAB

Untuk bisa bahasa Arab, seseorang harus menumbuhkan rasa cinta di dalam dirinya. Dia harus hadirkan kecintaan kepada bahasa Arab di hatinya. Dan rasa cinta itu tidak cukup diungkapkan dalam ucapan. Tapi harus diekspresikan dalam bentuk amaliah.

Diantara bentuk rasa cinta seseorang  kepada bahasa Arab adalah:

>>>  Punya PERHATIAN kepada bahasa Arab

Ibarat orang yang sangat mencintai kekasihnya tentu dia akan punya perhatian yang besar kepada kekasihnya itu. Untuk bahasa Arab pun mestinya begitu. Seseorang yang mengaku cinta bahasa Arab harus punya perhatian yang besar kepada bahasa Arab. Dimanapun dia berada, jika dia mendapati bahasa Arab, maka perhatiannya harus tertuju kepadanya.

Misalnya, saat dia jalan-jalan ke puncak Bogor dan dia melihat banyak tulisan bahasa Arab terpampang di pinggir-pinggir jalan (terutama di restoran Arab), dia berusaha untuk memperhatikannya. Dia coba fahami artinya. Kemudian dia hubung-hubungkan dengan kaidah-kaidah Nahwu-Shorof yang sudah dia pelajari. Kemudian, dia coba cari tahu: Apa pola katanya? Apa kedudukannya? Dll.

Kemudian juga, misalnya, saat dia melihat bungkus mie instant terdapat cara penyajian menggunakan bahasa Arab, dia juga coba memperhatikannya dengan seksama. Ini contoh gampangnya.

 

>>> Mau BERKORBAN untuk bahasa Arab.

Seseorang yang mengaku cinta bahasa Arab, dia juga harus mau berkorban. Dia harus tunjukkan jiwa pengorbanannya itu. Misalnya dengan berkorban harta. Dia infakkn uangnya tanpa rasa berat untuk membeli buku-buku panduan, ikutan kursus, ikutan dauroh/pelatihan bahasa Arab, dll.

Dia juga harus mau berkorban waktu. Sisihkan waktu minimal satu jam sehari untuk belajar bahasa Arab. Syukur-syukur sehari bisa lebih dari tiga jam belajar bahasa Arab.

Demikian kira-kira penjelasan singkatnya.

Jadi, jika memang Anda ingin bisa bahasa Arab, maka cintailah bahasa Arab. Kemudian, buktikan cinta Anda itu.

Wallahu a’lam.

One Response to CINTA BAHASA ARAB

  1. […] Disalin dari https://pustakalaka.wordpress.com/2013/03/14/cinta-bahasa-arab/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: