JIKA RASA ITU ADA….

Setiap malam ba’da maghrib (kecuali malam Jum’at) saya dan istri mengajarkan anak-anak kecil yang tinggal di sekitar lingkungan rumah cara membaca al-Qur’an. MEreka ada yang masih TK, SD, dan ada juga yang sudah SMP. Ada yang masih belajar buku iqro’ dan ada yang sudah masuk membaca al-Qur’an. Selain membaca al-Qur’an, mereka juga kami ajarkan hafalan doa-doa sehari-hari dan hafalan surat-surat pendek.

Biasanyasetiap hari Ahad pagi beberapa orang dari mereka meminta untuk diadakan acara olah raga keliling lapangan olah raga atau ke dalam kampus yang terletak di dekat rumah kami. Kami pun mengiyakan. Dengan syarat mereka haru bangun pagi-pagi sekali ba’da shubuh. Sekitar jam lima mereka harus sudah bangun.

MEreka setuju. PAdahal mereka biasanya bangun selalu kesiangan. Bahkan sebagiannya -menurut penuturan orang tuanya- sudah untuk disuruh bangun pagi. Mereka juga sangat susah kalau disuruh untuk mandi pagi. Namun anehnya, kalau hari Ahad mereka bisa bangun pagi sendiri dan mandi pagi sendiri. Sampai-sampai orang tuanya sendiri nggak nyangka alias kaget. Tumben-tumbenanan, kata salah seorang tua mereka.

Nah, dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa jika dalam diri seseorang ada rasa keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu, maka dia akan terdorong untuk melakukan tindakan yang luar biasa untuk sampai pada sesuatu yang ingin dilakukannya itu.

Sama halnya dengan bahsa Arab. Jika orang ingin bisa bahasa Arab, ingin bisa baca kitab gundul, ingin bisa memahami teks berbahasa Arab, maka dia harus menghadirkan rasa keinginan yang kuat dului dalam dirinya. Tidak cukup keinginan yang biasa. Tapi keinginan yang sungguh-sungguh. Dengan begitu, dia akan terdorong untk melakukan segala tindakan yang bisa mengarahkan kepada keinginan kuatnya itu.

Misalnya, dengan banyak membeli buku-buku panduan, ikutan kursus, banyak bertanya dan berkonsultasi, banyak latihan, banyak mengulang pelajaran, dll.

Jadi, jika Anda ingin bisa bahsa Arab, hadirkan rasa itu. Rasa keinginan  yang kuat untuk bisa bahsa ARab. Semoga kita semua dimudahkan Allah untuk bisa mempelajari bahasa ARab dan memahaminya.

Amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: