SMS SEORANG UMMAHAT

Telah masuk SMS kepada saya yang isinya sebagai berikut:

“Bismillah. Ana seorang ummahat pingin sekali bisa baca kitab gundul dengan mahir. Saya sudah belajar Shorof Al-Kafi 1 & 2, Nahwu Muyassar, Mukhtarot Al-Furqon, Program Takmily jarak jauh Al-Furqon dengan CD dan kitab Al-Mulakhosh (baru marfu’ sama manshub), buku bahasa Arab M. Tholib, bahasa Arab dalam waktu 30 jam. Kalau baca Durusul Lughoh 1, 2, 3 insya Allah faham tapi masih kesulitan untuk mengi’rob sebuah kitab.

Ana sudah belajar tadribul qiro’ah al-Furqon, tentang i’lal juga sudah belajar. Tapi untuk aplikasi baca kitab masih susah. Apa metode Fahimna bisa untuk mengatasi kasus ana?

Ingin sekali bis menuntut ilmu syar’i ke pesantren tapi tidak mungkin karena faktor keluarga. Banyak referensi yang sudah ana baca seperti arabindo ana juga punya, baina yadaik ana juga punya. Pinginnya bisa trampil baca kitab gundul juga bisa ngomong arab. Afwan pertanyaan kepanjangan.

(SMS di atas sudah diedit menjadi tulisan lengkap, awalnya banya yang disingkat-singkat)

Waktu itu saya hanya bisa membalas:

“Afwan baru balas. Untuk bisa baca kitab & i’rob perlu banyak latihan, mufrodat, dan faham konsep dasar nahwu-shorof. Bagi pemula, banyak rferensi kadang malah bikin bingung. Harus tau cara belajar efektif (penjelasannya ada di blog pustaka laka). 6 serial kitabFahimna disusun agar faham langkah-langkah efektif belajar nahwu-shorof untuk bekal baca kitab dll. Insya Allah mudah difahami dan dibimbing sampai faham.”

Demikian jawab saya.

Namun, saya sering mendapat pertanyaan serupa. Tidak sedikit orang sudah belajar kaidah nahwu-shorof, tapi masih belum juga bisa baca kitab. Bahkan ada yang berkata. “Belajar kaidah mah gampang, tapi penerapannya yang susah……!”

Insya Allah akan saya bahas lebih detail pada artikel berikutnya.

Untuk sementara sampai sini dulu.

Wallahu a’lam.

Bogor, 7 Jumadil Ula 1434 H

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis Kitab Fahimna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: