INTISARI ILMU SHOROF

INTISARI ILMU SHOROFMenurut saya, dibanding ilmu Nahwu, justru ilmu Shoroflah yang paling berpengaruh besar dalam melancarkan seseorang untuk bisa baca kitab. Seseorang yang memiliki kemampuan ilmu Shorof yang bagus masih bisa dengan mudah untuk membaca kitab gundul meskipun ilmu Nahwunya biasa-biasa saja. Berbeda halnya dengan orang yang lemah di ilmu Shorof. Meskipun ilmu Nahwunya bagus, terkadang dia masih sulit untuk membaca kitab. Kenapa ini bisa terjadi? Silakan baca kembali artikel-artikel saya sebelumnya tentang ilmu Nahwu dan Shorof.

Oleh karena itulah saya selalu ingatkan kepada murid-murid saya untuk fokus mempelajari ilmu Shorof. Terutama bagi yang baru-baru belajar.

Ketika kita belajar ilmu Shorof, banyak memang pola-pola pembentukan kata yang harus kita hafal. Puluhan, bahkan kalau mau dijumlah semua hingga ratusan banyaknya.

Namun, Anda tidak usah khawatir. Ada trik mudah untuk menghafal semua pola pembentukan kata itu. Saya sudah merangkumnya dalam INTISARI ILMU SHOROF.

Insya Allah, dengan mempelajari INTISARI ILMU SHOROF akan memudahkan kita untuk menghafal pola-pola pembentukan kata yang lain yang sangat banyak jumlahnya. Dan saya sudah pernah mencobanya sendiri dan juga kepada murid-murid saya. Alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan.

Saya sudah jelaskan INTISARI ILMU SHOROF itu di SERIAL KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak). Saya jelaskan secara bertahap dari awal. Insya Allah, Anda akan bisa memahaminya dengan mudah.

Demikian saja. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

