SAATNYA KAUM MUSLIMAH BELAJAR BAHASA ARAB

akhwat22Seorang wanita Muslimah sangatlah perlu untuk menguasai bahasa Arab.

Kenapa begitu?

Iya, soalnya mereka kelak akan menjadi seorang ibu rumah tangga.

Lho, apa hubungannya ibu rumah tangga dengan bahasa Arab ???

Begini. Seorang ibu biasanya adalah orang yang paling dekat dengan anak-anaknya. Merekalah orang yang paling sering berinteraksi dengan anak-anaknya di saat masih kecil. Dan mereka pulalah yang pertama kali memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya. Sehingga ada sebuah ungkapan “Ibu adalah sekolah bagi anak-anak”.

Iya, lalu apa hubungannya dengan bahasa Arab ???

Hubungannya, jika kaum ibu mengerti bahasa Arab, dia tentu akan bisa memberikan pelajaran bahasa Arab dasar kepada anak-anaknya. Dia akan bisa memperkenalkan anak-anak mereka dengan bahasa Al-Qur’an. Semoga dengan begitu, anak mereka kelak akan mudah untuk menghafal al-Qur’an sekaligus mengerti maknanya. Dan diharapkan juga, dengan memberikan pengajaran bahasa Arab sejak dini kepada anak, akan menjadikan anak itu cinta kepada Islam dan menjadi anak yang shalih (agamis). Bukankah bahasa Arab itu identik dengan keislaman? Dan, bukankah bahasa Arab juga simbol keshalihan seseorang di negeri kita ini ?

Jadi, demikianlah. Memang sudah seharusnya para Muslimah untuk belajar bahasa Arab. Agar dengan kemampuan bahasa Arabnya itu:

  • Dia bisa memahami al-Qur’an dan al-Hadits dengan baik sebagai sarana untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
  • Dia bisa beribadah dengan lebih berkualitas lagi. Dia bisa sholat, berdzikir, dan berdoa dengan lebih khusyuk karena faham dengan apa yang dia ucapkan.
  • Dia bisa ajarkan kepada anak-anaknya sebagai bekal mereka untuk memahami ajaran agama Islam dengan baik.

Tapi, bukankah untuk bisa bahasa Arab itu butuh waktu lama ?

Memang, untuk bisa menguasai bahasa Arab dengan lengkap butuh waktu lama. Bahkan bisa bertahun-tahun lamanya. Tapi ingat, itu untuk orang yang ingin menguasai semua cabang ilmu bahasa Arab.

Namun, untuk bisa memahami kaidah dasar bahasa Arab tidaklah lama. Untuk sekedar bekal mengajarkan anak kalimat-kalimat pendek, paling-paling hanya butuh waktu sebulan lamanya. Atau, jika otak Anda cerdas, dalam waktu seminggu Anda bisa menguasai kaidah dasar bahasa Arab.

Misalnya, jika Anda belajar dari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak), insya Allah Anda bisa menguasainya dalam waktu beberapa minggu saja. Bahkan mungkin cukup dengan waktu seminggu jika dipelajari secara intensif setiap hari. Setelah itu Anda bisa membuat cerita pendek dan juga percakapan singkat sebagai bekal untuk memberi pengenalan dasar bahasa Arab kepada Anak.

Intinya, bahasa Arab itu penting. Untuk semuanya. Tidak hanya untuk Muslimah saja. Hanya saja, sangat diharapkan para Muslimah memiliki bekal pengetahuan bahasa Arab meski hanya tingkat dasar. Agar dia bisa memberikan pengetahuan dasar bahasa Arab kepada anaknya kelak. Sehingga mudah-mudahan anak-anaknya kelak bisa menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah yang mengerti bahasa Al-Qur’an sejak kecil.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Bogor, Malam Kamis 21 Jumadil Ula 1434 H

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: